Comscore Tracker

Resep Brownies Ketan Hitam Lapis Keju, Mudah Dibuat Tanpa Oven

Lembut dengan lapisan keju yang lumer

Brownies ketan hitam lapis keju cocok dijadikan sebagai makanan pembuka atau penutup karena ia memiliki cita rasa yang manis. Kue bertesktur lembut ini bisa kita jumpai melalui toko kue. Namun, kalau kamu enggan beli di luar, kamu juga bisa buat sendiri di rumah.

Keuntungan bikin brownies di rumah adalah kamu bisa kreasikan sesuai selera. Jadi, kamu gak melulu menikmatinya dalam rasa cokelat, melainkan varian lain seperti ketan hitam. Yuk, bikin brownies ketan hitam lapis keju dengan resep di bawah ini. Dijamin anti gagal, deh!

1. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat brownies ketan hitam lapis keju

Resep Brownies Ketan Hitam Lapis Keju, Mudah Dibuat Tanpa Ovenilustrasi telur untuk membuat adonan kue brownies (freepik.com/jcomp)

Bahan:

  • 6 butir telur
  • 175 gram gula pasir
  • 225 gram tepung ketan hitam
  • 150 ml santan kental
  • 75 ml minyak
  • 1 sdt SP
  • 1/4 sdt garam

Bahan tambahan: 

  • Keju cheddar slice secukupnya

2. Mixer bahan adonan kue brownies hingga kental berjejak

Resep Brownies Ketan Hitam Lapis Keju, Mudah Dibuat Tanpa Ovenilustrasi mikser adonan sampai kental berjejak (pixabay.com/byrev)

Untuk membuat adonan brownies ketan hitam masukkan telur, gula pasir, garam, dan SP ke dalam wadah. Lalu, mixer campuran bahan adonan tersebut di kecepatan tinggi sampai putih kental berjejak.

Setelah mendapatkan adonan yang kental berjejak, turunkan kecepatan mixer di kecepatan rendah. Lalu, masukkan tepung ketan hitam secara bertahap, kemudian mixer sampai rata.

Baca Juga: Resep Brownies Kukus Pandan Keju Tanpa Oven yang Sederhana Banget

3. Aduk adonan dengan spatula sampai rata

Resep Brownies Ketan Hitam Lapis Keju, Mudah Dibuat Tanpa Ovenilustrasi mengaduk adonan dengan spatula (freepik.com/freepik)

Masih mixer berada dalam kecepatan rendah, tambahkan santan serta minyak ke dalam adonan. Lalu, mixer kembali hingga mendapatkan adonan yang tercampur secara merata.

Setelah adonan rata, lalu matikan mixer. Kemudian, lanjut mengaduk adonan menggunakan spatula dengan metode melipat sampai merata. Adonan siap untuk digunakan.

4. Kukus adonan brownies secara bertahap

Resep Brownies Ketan Hitam Lapis Keju, Mudah Dibuat Tanpa Ovenilustrasi mengukus kue brownies (vecteezy.com/oleg-magni451271)

Namun, sebelum adonan digunakan terlebih dulu bagi adonan menjadi tiga bagian. Setelah adonan dibagi, lalu tuang satu bagian adonan ke dalam loyang yang sebelumnya telah diolesi minyak.

Sesudah itu, masukkan loyang berisi adonan ke dalam panci kukusan yang telah dipanaskan. Jangan lupa, alasi tutup panci dengan kain bersih. Lalu, kukus adonan selama 10 menit di api sedang.

5. Brownies ketan hitam lapis keju siap untuk disajikan

Resep Brownies Ketan Hitam Lapis Keju, Mudah Dibuat Tanpa Ovenbrownies ketan hitam lapis keju (instagram.com/vitakwee)

Setelah dikukus selama 10 menit, angkat adonan lalu beri keju slice kemudian kukus kembali selama 10 menit. Ulangi langkah pengukusan seperti di atas sampai dua bagian adonan habis.

Nah, untuk adonan terakhir jangan lupa kukus selama 25-30 menit hingga matang. Sesudah benar-benar matang, angkat kue brownies dan biarkan dingin. Voila! Brownies ketan kitam lapis keju siap disajikan.

Dengan dilapisi keju, brownies dari ketan hitam ini cocok dijadikan referensi kalau kamu bosan akan varian rasa cokelat. Yuk, bikin varian kue brownies sebagai hidangan istimewa di rumah. Selamat mencoba!

.

Baca Juga: Resep Brownies Lapis Krim Keju, Cara Membuatnya Gak Ribet!

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya