Comscore Tracker

5 Resep Masakan Khas Arab ala Yummy, Cocok buat Berbuka Nih!

Cocok jadi hidangan berbuka atau bahkan lebaran, lho!

Masakan khas Arab adalah salah satu jenis masakan kaya rempah-rempah yang sangat populer di Indonesia. Biasanya masakan khas Arab kerap dihidangkan untuk acara makan-makan keluarga terutama saat Idulfitri maupun Iduladha. Gak cuma itu aja, masakan Arab ini juga bakalan cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa, lho!

Bermodalkan aplikasi Yummy yang terunduh di ponselmu, maka berbagai masakan khas Arab pun bisa kamu #MasakDiRumahAja. Punya banyak fitur menarik dan resep yang mudah diikuti, aplikasi Yummy pun bisa bikin kamu jadi #JagoMasak dalam waktu yang singkat lho!

Buat kamu yang tertarik, yuk simak dulu 5 resep masakan Arab ala Yummy di bawah ini!

1. Nasi Kebuli

5 Resep Masakan Khas Arab ala Yummy, Cocok buat Berbuka Nih!yummy.co.id

Nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang bercita rasa gurih dari Arab yang biasanya dilengkapi dengan daging kambing maupun sapi. Nah sekarang kamu gak perlu beli di luar lagi untuk menyantap makanan yang satu ini karena aplikasi Yummy menyediakan resep untuk membuat Nasi Kebuli juga, lho! 

Bahan :

  • 250 gr beras
  • 200 gr daging sapi potong kotak
  • 500 ml kaldu sapi
  • 1 sdt kayu manis
  • 2 sdt jintan
  • 2 sdt garam masala
  • 1 sdt jahe
  • 2 butir kapulaga

Cara Membuat :

  1. Tuang beras yang telah dicuci ke dalam panci rice cooker
  2. Tambahkan daging, kapulaga, jintan, jahe, garam masala, dan lada
  3. Tambahkan kaldu sapi ke dalamnya lalu aduk hingga tercampur rata
  4. Tutup rice cooker lalu masak nasi hingga matang
  5. Setelah matang, keluarkan dari rice cooker dan sajikan selagi panas

2. Shakshuka

5 Resep Masakan Khas Arab ala Yummy, Cocok buat Berbuka Nih!yummy.co.id

Buat kamu yang punya persediaan telur tapi bosen cuma digoreng aja, Shakshuka mungkin bisa jadi alternatif.

Shakshuka ini adalah hidangan telur yang direbus dalam saus tomat yang biasanya disajikan dengan roti ciabitta. Buat kamu yang pengin coba bikin, yuk simak resep Shakshuka ala Yummy berikut ini!

Bahan :

  • 1 buah bombay, potong dadu
  • 1 buah paprika merah, potong dadu
  • 3 siung bawang putih, cincang kasar
  • 1 sdt jintan
  • 1 sdt bubuk paprika
  • ½ sdt bubuk cayenne
  • 50 gr tomat ceri merah atau tomat kering, cincang kasar
  • ½ sdt gula pasir
  • ½ sdt lada hitam
  • 150 gr keju feta, hancurkan
  • 4 butir telur
  • Minyak secukupnya

Bahan Pelengkap :

  • Roti ciabatta
  • Daun ketumbar cincang kasar
  • Keju feta

Cara Membuat :

  1. Panaskan minyak pada fry pan, tumis bombay dan paprika selama 15 menit hingga harum dan mengalami karamelisasi
  2. Tambahkan bawang putih, bubuk jintan, bubuk paprika, bubuk cayenne, gula pasir dan lada hitam. Aduk rata lalu masak hingga harum
  3. Tambahkan tomat ke dalamnya, masak dengan api kecil selama kurang lebih 10 menit hingga tomat berair. Lalu tambahkan keju feta dan aduk rata
  4. Buat lubang dengan sendok, kemudian tambahkan telur ke dalamnya. Bubuhkan garam dan lada di atas telur lalu tutup fry pan. Masak selama 7-10 menit hingga telur matang
  5. Shakshuka siap dihidangkan dengan bahan pelengkap sesuai selera

Baca Juga: 5 Rempah dan Herba yang Digunakan di Masakan Timur Tengah, Apa Saja?

3. Baklava

5 Resep Masakan Khas Arab ala Yummy, Cocok buat Berbuka Nih!yummy.co.id

Baklava adalah pastry manis berlapis dengan isian seperti almond, kenari, apricot kering dan lain-lain. Cocok banget dijadikan hidangan manis saat berbuka puasa, nih! Buat kamu yang penasaran bagaimana cara membuatnya, yuk simak resep baklava ala Yummy berikut ini!

Bahan :

  • 3 lembar puff pastry
  • 2 butir kuning telur untuk olesan
  • 1 butir putih telur untuk perekat

Bahan Isian :

  • 100 gr almond
  • 100 gr kenari
  • 50 gr aprikot kering
  • ¼ sdt garam
  • 2 sdm gula halus
  • 1 sdt cengkeh halus
  • 2 sdt kayu manis
  • 3 sdm madu
  • 100 gr mentega cair

Cara Membuat :

  1. Siapkan food processor lalu masukkan almond, kenari, apricot, garam, gula halus, cengkih, dan kayu manis lalu haluskan. Setelah halus letakkan kacang di dalam mangkuk
  2. Tambahkan madu dan mentega cair lalu aduk hingga tercampur rata. Setelah tercampur rata, sisihkan
  3. Siapkan loyang yang telah dioles dengan mentega lalu letakkan satu lembar adonan dan oles bagian samping dengan putih telur. Setelah itu taburkan campuran kacang yang telah halus lalu tutup kembali dengan adonan puff pastry lagi (lakukan berulang hingga tiga lapis puff pastry)
  4. Potong puff pastry yang telah berlapis menjadi berbentuk kotak, kemudian oles dengan kuning telur di bagian atasnya
  5. Oven dengan suhu 200°C selama 30 menit hingga matang
  6. Setelah matang, angkat dan Baklava pun siap untuk dihidangkan

4. Kamir

5 Resep Masakan Khas Arab ala Yummy, Cocok buat Berbuka Nih!yummy.co.id

Kamir adalah kue yang terbuat dari terigu, mentega serta telur yang terkadang juga dicampur dengan bahan seperti pisang ambon atau tape. Cocok untuk dijadikan camilan saat berbuka, resep Kamir ala Yummy kali ini sangat mudah ditiru untuk kamu yang ingin membuatnya sendiri di rumah, lho!

Bahan :

  • ¼ tepung terigu
  • ¼ gula merah
  • Sejumput ragi instan
  • Sejumput soda kue
  • Setengah gelas air
  • Garam secukupnya

Cara Membuat :

  1. Siapkan tepung terigu di dalam wadah
  2. Cairkan gula merah di atas panci dengan api sedang
  3. Campurkan soda kue, ragi instan dan garam lalu masukkan ke dalam terigu
  4. Campurkan semua bahan lalu aduk sampai halus dan diamkan 12 menit
  5. Panggang dengan cetakan lalu dibalik sampai matang setiap sisinya
  6. Kamir siap dihidangkan sebagai camilan berbuka puasamu

5. Kabsah

5 Resep Masakan Khas Arab ala Yummy, Cocok buat Berbuka Nih!yummy.co.id

Terakhir yang akan dibahas adalah kabsah. Seperti Nasi Kebuli, Kabsah juga mungkin sering kamu temui di berbagai tempat makan masakan Arab dan biasanya juga jadi hidangan saat Idulfitri maupun Iduladha.

Gak perlu repot cari resep ke mana-mana, aplikasi Yummy udah menyediakan resep Kabsah yang mudah banget. Bisa dimasak pakai magicom aja, lho!

Bahan Dasar :

  • 200 gr daging kambing atau ayam
  • 1 bungkus bumbu kari instan
  • 1 sdt jintan, dihaluskan
  • 2 biji cabe merah, dihaluskan
  • 1 ruas kayu manis
  • Cengkeh secukupnya
  • Kapulaga secukupnya
  • Bawang goreng secukupnya
  • 300 gr beras
  • Air secukupnya
  • 65 ml santan instan
  • Garam secukupnya
  • Sambal bawang

Cara Membuat :

  1. Tumis bumbu instan, cengkeh, kayu manis, kapulaga, jintan dan bumbu halus hingga harum. Lalu masukkan daging hingga mengeluarkan air
  2. Tambahkan air 1 gelas hingga mendidih kemudian masukkan santan dan aduk rata, jangan lupa tambahkan garam
  3. Masukkan ke magicom, tekan tombol cook dan tunggu hingga matang
  4. Jika magicom sudah berbunyi, buka magicom lalu aduk. Apabila kurang matang, tekan tombol cook lagi
  5. Masukkan beras, lalu aduk rata
  6. Kabsah siap disajikan. Tambahkan bawang goreng dan sambal

Nah, itulah 5 resep masakan khas Arab ala Yummy. Jadi gimana nih? Udah merasa #MasakItuGampang? Jangan lupa mengunduh aplikasi Yummy buat dapetin resep-resep menarik dan mudah lainnya, ya!

Baca Juga: 10 Resep Minuman ala Yummy App untuk Buka Puasa, Nyegerin Banget!

Amira Kartika Photo Verified Writer Amira Kartika

I found writing as one of the best method to help me calming the chaos in my mind.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya