Comscore Tracker

10 Bahan Makanan yang Lebih Baik Dibekukan Sebelum Dikonsumsi

#IDNTimesFood Tujuan membekukan gak cuma biar tahan lama

Ada banyak cara menyimpan bahan makanan agar tetap awet. Salah satunya dengan cara dibekukan. Tujuannya supaya tahan lama dan kesegarannya tetap terjaga.

Beberapa bahan makanan memang bisa dibekukan di lemari pendingin. Bahkan, ada pula yang malah lebih enak dan bergizi jika dibekukan sebelum dikonsumsi. Berikut di antaranya:

1. Edamame

10 Bahan Makanan yang Lebih Baik Dibekukan Sebelum Dikonsumsiwikipedia.org

Edamame dikenal memiliki kandungan gizi yang tinggi. Jenis kacang asal Jepang ini merupakan salah satu sumber vitamin, protein, zat besi, dan kalsium.

Setelah dipanen, biasanya edamame dibekukan kurang dari 24 jam. Edamame yang beku akan memiliki konsistensi vitamin yang terjaga.

2. Mangga

10 Bahan Makanan yang Lebih Baik Dibekukan Sebelum Dikonsumsiplantogram.com

Salah satu cara menjaga kualitas gizi mangga yang sudah matang adalah dengan cara dibekukan. Cara sederhananya, kamu bisa mengupasnya dulu, potong menjadi kecil-kecil, lalu disimpan di lemari pendingin.

3. Brokoli

10 Bahan Makanan yang Lebih Baik Dibekukan Sebelum Dikonsumsithespruceeats.com

Sayuran, seperti brokoli, akan memiliki kadar air yang sama jika dibekukan. Memang sayuran segar lebih baik daripada sayuran beku. Namun, sayuran beku lebih baik daripada sayuran layu.

4. Jenis buah beri

10 Bahan Makanan yang Lebih Baik Dibekukan Sebelum Dikonsumsimodernfarmer.com

Salah satu menjaga buah beri tetap awet dan segar adalah dengan dibekukan. Selain itu, jenis buah beri, seperti stroberi, juga akan lebih enak dibekukan sebelum diblender menjadi jus. Cobain, deh!

5. Kacang polong

10 Bahan Makanan yang Lebih Baik Dibekukan Sebelum Dikonsumsitescoliving.com

Kandungan serat kacang polong yang dibekukan akan tetap utuh. Hal ini lebih baik daripada kamu membeli kacang polong kalengan yang sudah diberi pengawet.

6. Pasta

10 Bahan Makanan yang Lebih Baik Dibekukan Sebelum Dikonsumsieatthis.com

Kamu juga bisa menjaga kualitas pasta mentah dengan cara membekukannya. Kalau mau dimasak, jangan lupa mencairkannya terlebih dahulu ya.

Baca Juga: 10 Makanan yang Tak Perlu Dimasukkan ke Lemari Es, Jangan Khawatir!

7. Mentega

10 Bahan Makanan yang Lebih Baik Dibekukan Sebelum Dikonsumsicalcalistech.com

Mentega juga disarankan dibekukan jika ingin digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun, kamu harus membekukan mentega bersama pembungkusnya, supaya rasanya tidak menghilang atau berubah.

8. Alpukat

10 Bahan Makanan yang Lebih Baik Dibekukan Sebelum Dikonsumsieatthis.com

Kamu bisa membekukan alpukat sebelum terlalu matang jika ingin menggunakannya dalam waktu yang agak lama. Alpukat beku cocok banget disulap menjadi smoothie.

9. Tepung

10 Bahan Makanan yang Lebih Baik Dibekukan Sebelum Dikonsumsithespruceeats.com

Untuk menjaga kualitas tepung, kamu bisa memasukkannya ke dalam stoples dan menyimpannya di freezer. Tepung yang bisa disimpan di freezer adalah jenis tepung almond, tepung oat, dan tepung kelapa.

10. Bawang putih

10 Bahan Makanan yang Lebih Baik Dibekukan Sebelum Dikonsumsieverydayhealth.com

Bawang putih yang dibekukan bisa bertahan hingga satu bulan tanpa rasa yang hilang. Sebelum dibekukan, kamu bisa mengupasnya dulu, kemudian membungkusnya dengan lembaran pembungkus plastik atau kertas aluminium, baru disimpan di freezer.

Itulah beberapa bahan makanan yang bisa dibekukan dulu sebelum dikonsumsi. Rasanya jadi makin enak, lho. Sudah pernah coba?

Baca Juga: 10 Makanan yang Tahan Lama Tanpa Masuk Kulkas, Cocok buat Anak Kost!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya