Comscore Tracker

5 Tips Memilih dan Mengolah Petai Sebelum Dikonsumsi, Makin Sedap!

Ada juga cara supaya baunya gak terlalu menyengat

Petai atau pete dikenal memiliki rasa yang gurih dan lezat. Tumbuhan dengan nama ilmiah parkia speciosa ini memang punya banyak penggemar lantaran bisa diolah menjadi berbagai masakan yang nikmat.

Namun, tak sedikit orang yang menghindari petai lantaran aromanya yang tajam dan menyengat. Yup, aroma petai yang tajam memang seringkali menganggu.

Nah, ada beberapa cara mengolah petai agar aroma tajamnya berkurang dan semakin nikmat saat dikonsumsi. Penasaran seperti apa? Yuk, intip ulasannya berikut ini!

1. Trik memilih petai yang berkualitas

5 Tips Memilih dan Mengolah Petai Sebelum Dikonsumsi, Makin Sedap!tokopedia.com/mbahmie

Sebelum mengolah, kamu mungkin juga perlu tahu cara memilih petai yang bagus dan berkualitas. Petai yang berkualitas tentu akan semakin menambah kelezatan saat diolah.

Pilihlah petai dengan kulit hijau, mulus, dan tak ada lubang atau banyak bercak hitam. petai yang berlubang biasanya akan mempengaruhi kualitas satu ikat petai secara keseluruhan.

Jika kamu membeli petai yang sudah dikupas, pilih yang umurnya cukup tua dengan ciri biji petai berbentuk bulat penuh dan berukuran besar. Kamu juga bisa mencoba menekan bijinya. Jika terasa agak keras, berarti sudah pas untuk diolah.

Ingat, petai yang sudah dikupas harus segera diolah, karena biasanya tidak tahan terlalu lama.

2. Bakar petai bersama dengan kulitnya

5 Tips Memilih dan Mengolah Petai Sebelum Dikonsumsi, Makin Sedap!pinterest.com/foodsnomads

Salah satu cara mengurangi aroma tajam petai adalah dengan cara dibakar bersama dengan kulitnya. Kamu bisa membakar petai hingga kulitnya sedikit gosong atau berubah warna menjadi kecokelatan. Teknik membakar ini juga bisa membuat petai menjadi semakin gurih dan sedap.

3. Merendam dengan air garam

5 Tips Memilih dan Mengolah Petai Sebelum Dikonsumsi, Makin Sedap!id.theasianparent.com

Kamu pun bisa memanfaatkan air garam untuk mengurangi aroma tajam dari petai. Caranya cukup mudah. Pertama, kupas petai dari kulitnya, lalu rendam biji petai di dalam wadah berisi air garam selama kurang lebih 20-30 menit.

Setelah direndam, kamu bisa mengolah atau memasak petai menjadi beragam masakan sesuai keinginan. Air garam dapat membantu mengurangi aroma pada petai sekaligus memerkaya citarasa gurih.

Baca Juga: 10 Tips Memasak Daun Singkong biar Gak Pahit, Lebih Empuk Pula

4. Menggoreng petai dengan api kecil

5 Tips Memilih dan Mengolah Petai Sebelum Dikonsumsi, Makin Sedap!cookpad.com/Nafi nn88

Trik lainnya untuk mengurangi aroma tajam dari petai adalah dengan cara menggorengnya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Goreng petai yang sudah diiris atau utuh dalam api kecil hingga agak layu.

Kamu juga bisa menambahkan bawang merah untuk menyeimbangkan aromanya. Selain mengurangi aromanya yang tajam, menggoreng petai juga bisa membuatnya menjadi lebih gurih dan sedap.

5. Merebus petai bersama dengan kulitnya

5 Tips Memilih dan Mengolah Petai Sebelum Dikonsumsi, Makin Sedap!youtube.com/Jengka Boy

Last but not least, kamu juga bisa merebus petai bersama dengan kulitnya untuk mengurangi aromanya yang menyengat. Rebus petai sampai empuk dan matang.

Jika sudah direbus, dinginkan, lalu kupas dan masak bersama masakan lainnya. Cara ini juga membuat tekstur petai menjadi lebih lembut.

Nah, itulah beberapa tips memilih dan mengolah petai sebelum dikonsumsi. Selama ini sudah benar, belum?

Baca Juga: 10 Tips Memasak Ceker Ayam, biar Makin Empuk dan Gak Amis

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya