Comscore Tracker

Resep Siomay Kubis Gulung, Camilan Hangat saat Musim Hujan

Gurih dan kenyalnya bikin ketagihan!

Hujan turun menjadi waktu yang sangat tepat menyantap camilan. Apalagi camilan tersebut disajikan saat masih hangat-hangatnya. Tentu saja makin cocok untuk mengimbangi cuaca yang sedang dingin.

Salah satu referensi camilan yang cocok dinikmati saat musim hujan adalah siomay kubis gulung. Cara membuatnya mudah banget, kamu hanya perlu menyediakan beberapa bahan-bahan saja.

Hangatkan badan, berikut resep siomay kubis gulung yang cocok banget disajikan ketika musim hujan. Gurih dan kenyalnya nampol di lidah!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Siomay Kubis Gulung, Camilan Hangat saat Musim Hujanilustrasi dada ayam (freepik.com/jcomp)

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging ayam
  • 7 siung bawang putih
  • 1 sdt merica bubuk 
  • 1 sdm garam 
  • 1 butir putih telur
  • 150 ml air es 
  • 350 gram tepung sagu
  • 5 buah daun bawang, iris tips
  • 1 buah kubis

2. Potong kubis dan haluskan bawang putih

Resep Siomay Kubis Gulung, Camilan Hangat saat Musim Hujanilustrasi kubis (freepik.com/user3802032)

Potong-potong kubis menjadi selembaran. Jika sudah, cuci menggunakan air mengalir supaya kotoran yang menempel larut, lalu tiriskan. Kemudian, jemur kurang lebih 15 menit atau sampai kering dan layu.

Sambil menunggu kubis dijemur, siapkan tujuh siung bawang putih. Goreng sebentar dengan minyak panas, lalu angkat. Kemudian, haluskan bawang putih dengan bantuan ulekan atau blender.

3. Campur daging ayam giling dengan beberapa bahan

Resep Siomay Kubis Gulung, Camilan Hangat saat Musim Hujanilustrasi adonan siomay (YouTube.com/Dapur Yanguti)

Bersihkan daging ayam, lalu pisahkan dari tulangnya. Masukan daging ayam ke dalam gilingan dan haluskan. Jika sudah halus, masukan ke dalam wadah atau baskom berukuran sedang.

Setelah itu, tambahkan bawang putih halus, merica, garam, dan putih telur. Tuangkan air es sedikit demi sedikit sambil terus mengaduk. Kemudian, masukan tepung sagu dan irisan daun bawang. Aduk kembali sampai semua bahan adonan tercampur.

Baca Juga: 5 Cara Mengurangi Rasa Pahit pada Kubis Mini, Makin Lezat dan Bergizi!

4. Bungkus adonan siomay dengan kubis

Resep Siomay Kubis Gulung, Camilan Hangat saat Musim Hujanilustrasi menggulung siomay (YouTube.com/Dapur Yanguti)

Siapkan daun kubis yang sudah dijemur sebelumnya. Ambil satu lembar daun kubis, lalu beri dua sendok makan adonan siomay.

Selanjutnya, bungkus adonan siomay dengan daun kubis dengan cara digulung, seperti membuat dadar gulung. Ulangi sampai semua adonan siomay habis terbungkus daun kubis. Sisihkan ke dalam wadah atau loyang datar, ya.

5. Kukus siomay kubis gulung, lalu sajikan!

Resep Siomay Kubis Gulung, Camilan Hangat saat Musim Hujansiomay kubis gulung (YouTube.com/Dapur Yanguti)

Kukus siomay kubis gulung selama kurang lebih satu jam atau sampai benar-benar matang. Apabila sudah matang, matikan api dan angkat siomay kubis gulung.

Sajikan siomay kubis gulung saat masih hangat-hangatnya bersama saus sambal atau saus kacang jika ada. Siomay kubis gulung cocok dinikmati ketika musim hujan tiba.

Tekstur siomay yang kenyal sangat cocok bila dipadukan dengan daun kubis yang sedikit crunchy. Selain lezat, camilan ini juga menyehatkan, lho. Gimana, tertarik untuk membuatnya di rumah?

Baca Juga: Resep Siomay Udang yang Kenyal dan Lembut, Mudah Dibuat!

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya