Comscore Tracker

Resep Bolu Sukun Gula Aren Kukus, Pas untuk Suguhan di Rumah

Kreasi olahan sukun bercita rasa manis

Sukun merupakan buah tropis yang memiliki daging putih, tapi jika sudah matang akan sedikit kekuningan. Buahnya empuk dan cukup manis, tanpa perlu tambahan gula. Buah yang mengandung karbohidrat ini bisa dikukus maupun dibuat keripik.

Kamu ingin menikmati olahan sukun lainnya? Coba buat sendiri bolu sukun gula aren kukus di rumah. Bisa menjadi suguhan untuk keluarga di rumah. Berikut ini resep bolu sukun gula aren kukus dan cara membuatnya.

1. Bahan yang dibutuhkan

Resep Bolu Sukun Gula Aren Kukus, Pas untuk Suguhan di Rumahilustrasi bahan untuk membuat kue (pixabay.com/hewq-1966526)

Sebelum membuat bolu sukun gula aren, kamu perlu menyiapkan wadah sejumlah bahan berikut.

  • 100 gram gula pasir
  • 5 butir telur
  • 1/2 sdm SP
  • 250 gram tepung terigu
  • 300 gram sukun
  • 150 gram gula aren cair
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt soda kue
  • 1 sdt vanili cair
  • 100 ml santan
  • 150 margarin cair

2. Kupas dan kukus sukun

Resep Bolu Sukun Gula Aren Kukus, Pas untuk Suguhan di Rumahilustrasi buah sukun (instagram.com/fazuuuuuuu)

Untuk membuat bolu sukun gula aren, kamu perlu mengupas dan mengukus sukunnya lebih dahulu. Lebih baik menggunakan sukun yang setengah matang atau sudah matang. Selain rasanya manis, juga akan memudahkanmu untuk mencampurkan dengan bahan lainnya.

Setelah sukun dikupas, potong menjadi beberapa bagian, kemudian dikukus hinga matang. Lalu dihaluskan. Karena sudah empuk, kamu bisa menggunakan sendok. Setelah semua sukun halus, sisihkan.

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Jeruk, Manis dan Gurihnya Pas di Mulut!

3. Campurkan gula pasir, telur, gula aren, dan sukun

Resep Bolu Sukun Gula Aren Kukus, Pas untuk Suguhan di Rumahilustrasi adonan bolu sukun gula aren (unsplash.com/heftiba)

Saatnya membuat adonan. Tuangkan gula pasir, telur, dan SP ke dalam wadah. Campur menggunakan mixer hingga mengental dan merata. Kemudian, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.

Setelah tercampur merata, lalu tuangkan gula aren cair. Aduk kembali menggunakan mixer hingga semua bahan tercampur merata. Masukkan sukun yang telah dihaluskan tadi dan aduk kembali.

4. Tambahkan baking powder, soda kue, vanili, dan santan

Resep Bolu Sukun Gula Aren Kukus, Pas untuk Suguhan di Rumahilustrasi mengaduk adonan mengunakan mixer (pixabay.com/congerdesign)

Supaya kue bolu dapat mengembang sempurna, tambahkan baking powder dan soda kue. Sedangkan untuk menambah aroma kue, gunakan vanili cair. Jangan lupa untuk menuangkan santan ke dalam adonan, kemudian aduk menggunakan mixer.

Setelah tercampur merata, saatnya menuangkan margarin yang telah dicairkan. Aduk kembali hingga merata menggunakan mixer.

Jika semua bahan telah tercampur merata, siapkan loyang atau cetakan yang akan digunakan.

5. Kukus dan siap disajikan

Resep Bolu Sukun Gula Aren Kukus, Pas untuk Suguhan di Rumahilustrasi mengukus adonan bolu sukun gula aren (youtube.com/sri indah)

Sebelum mengukus, kamu bisa memanaskan kukusan terlebih dahulu. Setelah siap, masukkan adonan tersebut ke dalam loyang atau cetakan. Kemudian, kukus sekitar 45 menit.

Setelah kue mengembang dan matang, matikan api. Angkat loyang dan biarkan agak dingin, kemudian sajikan. Kamu pun bisa menambahkan topping supaya makin menarik.

Kue bolu sukun gula aren kukus bisa menjadi kreasi olahan buah sukun yang pas untuk suguhan di rumah. Perpaduan sukun dan gula aren memberikan cita rasa manis yang unik.

Bagaimana, berencana untuk membuatnya sendiri di rumah?

Baca Juga: 7 Penyebab Bolu Kukus Gagal Mekar, Duh Kok Jadi Bantat?

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya