Resep Brownies Pisang Tanpa Oven, Tetap Lembut dan Moist

Kreasikan brownies buatanmu dengan pisang, yuk!

Saat ada stok pisang di rumah, kamu pasti langsung terpikir untuk mengolahnya menjadi makanan enak. Selain bisa dimasak jadi kolak atau muffinkamu bisa mengolahnya jadi brownieslho. Nyatanya, brownies dengan pisang terasa nikmat banget.

Pisang yang sudah dihaluskan bisa dicampur ke dalam adonan brownies. Selain itu, proses membuatnya pun gak sulit, bahkan kamu gak butuh oven untuk menikmati brownies pisang ini.

Pemula pun pasti bisa, kamu bisa membuat brownies pisang dengan resep berikut ini. Pastikan semua langkah di dalamnya kamu ikuti dengan baik, ya!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Brownies Pisang Tanpa Oven, Tetap Lembut dan Moistilustrasi pisang (unsplash.com/anastasiaeremina)

Bahan-bahan:

  • 150 gram tepung terigu protein rendah,
  • 125 gram mentega yang dilelehkan,
  • 1 buah pisang cavendish,
  • 2 butir telur ayam,
  • 6 sdm gula halus,
  • 1 sdt vanili bubuk, dan
  • 1/2 sdt emulsifier.

2. Lelehkan mentega dan haluskan pisang

Resep Brownies Pisang Tanpa Oven, Tetap Lembut dan Moistilustrasi menghaluskan pisang (inspiredtaste.com)

Siapkan wadah di atas meja, lalu mulailah mengupas pisang hingga bersih. Masukkan pisang tersebut ke dalam wadah. Kemudian, haluskan pisang dengan bantuan masher atau garpu sampai benar-benar lembut. Sisihkan sebentar.

Selanjutnya, letakkan wajan di atas kompor. Masukkan margarin yang dibutuhkan, lalu biarkan meleleh hingga mencair. Namun, pastikan gak sampai mendidih, ya. Kemudian, angkat dan sisihkan ke dalam wadah.

Baca Juga: Resep Kue Lapis Kamboja, Kreasi Kudapan Manis nan Empuk!

3. Campur telur bersama gula dan tepung terigu

Resep Brownies Pisang Tanpa Oven, Tetap Lembut dan Moistilustrasi mengocok telur dan gula (thekitchn.com)

Masukkan telur, gula halus, dan emulsifier ke dalam wadah. Kocok ketiga bahan tersebut dengan bantuan mikser sampai mengembang. Pastikan tak ada adonan atau komponen yang masih bergerindil ketika kamu memasukkan bahan lainnya.

Berikutnya, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus diaduk dengan mikser. Untuk mendapatkan tekstur lebih lembut, kamu bisa mengayak tepung terigu terlebih dahulu, lho. Aduk perlahan sampai tercampur merata.

4. Tambahkan margarin yang sudah dilelehkan ke dalam adonan

Resep Brownies Pisang Tanpa Oven, Tetap Lembut dan Moistilustrasi mengaduk adonan brownies (cookingclassy.com)

Ketika tepung terigu sudah tercampur dengan adonan, masukkan vanili bubuk. Tambahkan pula pisang yang sudah dihaluskan tadi ke adonan dan aduk sampai merata.

Selanjutnya, tuang margarin yang sudah dilelehkan ke dalam adonan. Kali ini, kamu cuma membutuhkan spatula untuk mengaduknya. Gunakan teknik aduk balik semua bahan adonan brownies tercampur merata. Istirahatkan adonan sebentar.

5. Kukus brownies pisang sampai mengembang

Resep Brownies Pisang Tanpa Oven, Tetap Lembut dan Moistbrownies pisang (instagram.com/asih_tunjungsari)

Panaskan panci kukus terlebih dahulu hingga airnya mendidih dengan api sedang. Sembari menunggu, kamu bisa mengolesi loyang dengan mentega atau ditaburi sedikit dengan tepung terigu. Kemudian, tuang adonan brownies ke dalam adonan dan entakkan sekali.

Ketika semua sudah siap, masukkan loyang berisi adonan ke dalam panci. Kukus brownies selama kurang lebih 20—30 menit hingga matang dan mengembang. Cek kematangannya dengan ditusuk menggunakan tusuk gigi. Kalau gak ada adonan yang menempel, itu berarti sudah matang.

Setelah itu, keluarkan brownies pisang dari loyang dan dinginkan. Potong- potong brownies pisang sesuai selera, lalu sajikan di atas piring.

Brownies pisang supergampang ini wajib kamu praktikkan di rumah. Aroma pisang yang semerbak bikin kamu gak bisa menolak kenikmatannya. Gimana? Sudah siap untuk membuatnya sendiri? Semoga hasilnya enak, ya!

Baca Juga: Resep Kue Nopia Khas Banyumas, Kue Tradisional yang Rasanya Lezat

Fernanda Saputra Photo Verified Writer Fernanda Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya