Comscore Tracker

Bikin Kue Lebaran Lezat, Ini 5 Tanda Adonan Kue Telah Kalis!

#RamadanMasaKini Semangat menguleni adonan sampai kalis ya!

Tak lengkap rasanya lebaran, jika belum ada ragam kue lebaran yang tersedia di rumah. Oleh karena itu, biasanya para ibu sudah sibuk membuat aneka kue lebaran, beberapa hari jelang Idul fitri seperti sekarang ini.

Salah satu tahapan yang dianggap paling penting dalam pembuatan banyak kue lebaran adalah mengolah adonan tepung hingga kalis. Jika adonan tepung kurang atau terlalu kalis, maka bisa-bisa kue lebaran kamu gagal dibuat. Untuk menghindari gagalnya proses pembuatan kue lebaran, kenali 5 tanda adonan tepung kue telah kalis berikut ini.

1. Bentuk adonan seperti bola dan lihat perubahan bentuknya

Bikin Kue Lebaran Lezat, Ini 5 Tanda Adonan Kue Telah Kalis!epicurious.com

Untuk mengecek apakah adonan tepung kuemu sudah kalis atau belum, coba bentuk adonan menyerupai bola kecil. Seelanjutnya, biarkan beberapa saat, lalu lihat apakah ada perubahan pada bentuk adonan. Jika polanya masih bulat, berarti adonan tepungmu sudah kalis. Namun jika polanya berubah jadi melempem, maka kamu perlu menguleninya lagi.

2. Cubit dan tekan adonan yang telah diuleni

Bikin Kue Lebaran Lezat, Ini 5 Tanda Adonan Kue Telah Kalis!handletheheat.com

Adonan tepung yang sudah kalis jika dicubit atau ditekan dengan cari, maka teksturnya segera mungkin akan kembali seperti semula. Namun, jika adonan yang setelah kamu cubit tetap bertahan dengan lengingan hasil cubitan tersebut, maka tentu saja kamu harus menguleninya lebih lama lagi.

3. Tekstur adonan terasa halus

Bikin Kue Lebaran Lezat, Ini 5 Tanda Adonan Kue Telah Kalis!white-pepper.co.uk

Tekstur adonan yang semula terasa kasar, akan mulai berubah teksturnya menjadi halus. Jika kamu tak merasakan lagi serat-serat atau gumpalan tepung pada adonanmu, maka berarti adonanmu sudah siap dibentuk sesuai dengan jenis kue lebaran yang akan kamu buat.

Baca Juga: 5 Kiat Agar Adonan Donat Kentang Tak Rentan Hancur Saat Digoreng

4. Adonan yang kalis tidak lengket di tangan atau di wadah

Bikin Kue Lebaran Lezat, Ini 5 Tanda Adonan Kue Telah Kalis!getyourguide.com

Cara termudah menentukan kalis atau tidaknya adonan tepungmu, adalah dengan menguji kelengketannya. Adonan yang telah kalis ditandai dengan tidak lengket di tangan, maupun wadah tempatnya diletakkan, Jika masih lengket, terutama di sela-sela jarimu, berarti adonannya belum siap digunakan.

5. Adonan menjadi elastis

Bikin Kue Lebaran Lezat, Ini 5 Tanda Adonan Kue Telah Kalis!handletheheat.com

Adonan yang telah kalis akan menjadi elastis, sehingga ketika ditarik dengan hati-hati, adonan tak akan mudah sobek. Kamu juga bisa menguji kekalisan adonan dengan memelarkan adonan menjadi tipis, lalu lihat apakah adonannya tetap bertahan dan tak sobek. Jika sobek, berarti kamu perlu menguleninya lagi.

Itulah beberapa cara mengetahui telah kalis atau tidaknya adonan tepung kue lebaran yang akan kamu buat untuk lebaran nanti. Jangan sampai sudah susah payah menyiapkan bahan dan waktu membuat, hasilnya malah tak memuaskan. Selamat mempraktikkan, ya!

Baca Juga: 7 Tips Bikin Adonan Pizza yang Enak, Gak Kalah dengan Restoran Mahal

Gusti Hafsari Photo Verified Writer Gusti Hafsari

Thriller is not my cup of tea

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya