Comscore Tracker

5 Resep Menu Sahur Praktis Buat Anak Kost, Cuma Modal Rice Cooker

#RamadanMasaKini Gak ada alasan melewatkan sahur

Kamu anak kos yang sering melewatkan makan sahur di bulan Ramadhan karena gak sempat masak? Tenang, ini ada resep menu sahur untuk anak kost yang simpel banget. Resep ini lezat dan terpenting kamu gak akan melewatkan sahur lagi.

Lalu seperti apa resepnya? Berikut resep-resep sahur dihimpun dari akun Instagram @Yummy.idn. Kamu cuma butuh modal rice cooker doang.

1. Rice butter vegetable

Sahur pakai nasi tapi pengin berat badan terkontrol. Cobain resep satu ini deh.

Bahan:

  • 200 gr beras putih, cuci bersih
  • 100 gr wortel, potong kecil
  • 100 gr jagung, pipil
  • 50 gr smokedbeef, potong kecil
  • 50 gr margarin
  • 200 ml air
  • ½ sdt lada hitam
  • ½ sdt penyedap rasa

Cara pembuatan:

  1. Masukan beras, lada hitam, penyedap dan air ke dalam rice cooker. Aduk merata!
  2. Masukan steamer diatas rice cooker. Masukkan wortel dan jagung. Tutup rice cooker, masak hingga matang.
  3. Buka tuang wortel dan jagung ke dalam nasi, tambahkan margarin dan smoked beef.
  4. Aduk rata, tutup rice cooker selama 10 menit.
  5. Buka rice cooker aduk sebentar lalu angkat dan sajikan.

2. Cream soup

Gak mau terlalu kenyang pas sahur? Menu cream soup pakai rice cooker ini mudah dibikin. Ini lho bahan-bahan yang harus kamu siapkan.

Bahan:

  • 50 gr tepung terigu
  • 50 gr margarin
  • 100 gr dada ayam, potong dadu
  • 50 gr wortel, potong, rebus
  • 50 gr jagung pipil, rebus
  • 200 ml susu cair
  • 100 ml air
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt penyedap rasa
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt gula pasir
  • 50 gr bawang bombay cincang
  • 1 batang bawang daun

Cara pembuatan:

  1. Panaskan margarin dalam rice cooker, kemudian masukan bawang bombay. Tutup rice cooker dan masak hingga bawang bombay layu.
  2. Masukan ayam, aduk rata masak hingga ayam berubah warna. Masukkan tepung terigu. Aduk hingga merata.
  3. Masukan air, aduk hingga tidak ada tepung yang menggumpal. Masukkan garam, merica, penyedap rasa dan gula.
  4. Masukan wortel dan jagung. Masak selama 10 menit. Aduk rata agar tidak mengendap. Masukan susu cair.  Masak sambil diaduk sesekali agar tidak mengental di bagian bawah saja. Masak selama 30 menit.
  5. Sajikan dengan potongan bawang daun.

Baca Juga: 7 Menu Sahur Praktis yang Bisa Dimasak Tanpa Waktu Lama

3. Mie tek-tek

Andalan anak kost itu biasanya adalah mie goreng tek-tek yang dijual abang-abang buat sahur. Praktis sih, tapi mahal gak sih tiap hari harus ngeluarin duit buat beli. Daripadi gitu, mending bikin sendiri aja pakai rice cooker. Nih resepnya.

Bahan:

  • 1  bungkus mie instan kaldu ayam
  • 2 butir telur
  • 2 siung bawang putih, halus
  • 50 gr kol, iris
  • 1 batang bawang pre, iris
  • 1 sdm kecap manis
  • 2 sdm minyak

Cara pembuatan:

  1. Panaskan minyak di dalam rice cooker selama 3 menit. Masukkan bawang putih masak selama 5 menit hingga harum. Masukan Jamur dan aduk rata. Masak hingga sedikit layu.
  2. Kemudian masukan 2 butir telur, aduk rata. Masak hingga matang. Aduk telur yang telah matang.
  3. Masukan air dan mie instan, masak setengah matang. Masukan kubis dan daun bawang.
  4. Masukan bumbu instan, minyak bumbu aduk rata. Masukan sambal, aduk rata.
  5. Angkat dan sajikan.

4. Ayam masak kecap

Pengin makan ayam masak kecap buat sahur? Gak perlu beli di warteg. Bikin aja sendiri pakai rice cooker, nih resepnya.

Bahan:

  • 500 gr ayam, potong-potong
  • ½ buah bawang bombay, iris
  • 1 buah wortel kecil, potong
  • 2 buah cabe merah, iris
  • 2 batang bawang daun
  • 1 sdm bumbu putih
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm minyak wijen
  • 200 ml kaldu ayam
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica
  • ½ sdt gula pasir
  • 2 sdm margarin

Cara pembuatan:

  1. Masukan margarin ke dalam rice cooker, tutup selama 1 menit, masukkan bumbu dasar putih. Tutup selama 2 menit.
  2. Masukan ayam, kecap manis, minyak wijen, garam, merica gula. Aduk rata. Masak selama 5 menit.
  3. Masukan kaldu ayam dan wortel. Aduk rata. Masak selama 20 menit atau hingga air nya habis.
  4. Masukan bawang daun, bawang bombay dan cabe merah. Tutup selama 1 menit.
  5. Sajikan dengan dengan nasi hangat.

5. Nasi ayam rendang

Pas sahur pengin makan nasi Padang pakai lauk rendang ayam? Kayaknya gak ada yang buka deh warungnya ya. Mending masak sendiri, nih resepnya.

Bahan:

  • 1 bungkus bumbu rendang instan
  • 1 sdm minyak goreng
  • 500 ml air
  • 300 gr beras
  • 200 gr ayam potong dadu

Cara pembuatan:

  1. Siapkan rice cooker, masukkan ke dalamnya bumbu rendang instan, air dan ayam potong dadu.
  2. Aduk dan panaskan hingga harum.
  3. Masukan beras ke dalam rice cooker dan aduk hingga tercampur. Lalu tutup hingga matang.
  4. Buka tutup rice cooker, lalu aduk hingga rata.
  5. Sajikan selagi panas.

Itulah resep menu sahur praktis yang bisa dibikin anak kost. Bermodal rice cooker, masakan apa saja bisa dibuat dan kamu gak perlu lagi terlambat sahur.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Indra Prastha Photo Verified Writer Indra Prastha

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You