Comscore Tracker

Resep Mie Aceh & Ayam Tangkap Aceh, Dua Kuliner Khas Serambi Mekah!

Dua masakan lezat Aceh yang sudah terkenal di Nusantara

Bukan hanya Padang, Aceh juga memiliki kuliner yang khas dengan rempah-rempah. Dua di antaranya adalah Ayam Tangkap dan Mie Aceh yang sangat khas dan terkenal hingga se-nusantara. 

Ternyata dua masakan itu mudah dibuat lho! Di bawah ini ada 2 resep cara membuatnya. Yuk, kita coba sama-sama. 

1. Pertama, nih banyak yang di butuhkan untuk membuat ayam tangkap Aceh

Resep Mie Aceh & Ayam Tangkap Aceh, Dua Kuliner Khas Serambi Mekah!tripadvisor.com

Bahan utama:

  • 1 kg daging ayam
  • 4 daun pandan  
  • 1 cup daun kari
  • 1 batang serai yang sudah di potong
  • 4 - 5 cabai merah

Bumbu:

  • 2 ruas lengkuas
  • 1 ruas jahe
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok bubuk ketumbar 
  • 3 bawang merah 
  • 3 daun jeruk, iris tipis
  • 1 sendok teh bubuk kunyit

Sambal:

  • 1 cup sambal ulek
  • 2 sendok gula
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 daun jeruk sebagai penambah rasa

2. Meski cukup lama, cara bikinnya gak susah kok

Resep Mie Aceh & Ayam Tangkap Aceh, Dua Kuliner Khas Serambi Mekah!anakjajan.com
  1. Ulek lengkuas, jahe, bawang putih, biji ketumbar, bawang merah, daun jeruk dan bubuk kunyit hingga halus. 
  2. Siapkan sambal dengan menaruh semua bahan ke dalam panci kecil hingga gula meleleh dan daun jeruk mengeluarkan aroma wangi, biarkan dimasak pada api sedang selama 5 menit
  3. Goreng dengan minyak: Bumbui ayam dalam pasta ini selama 30 menit di lemari es. Keluarkan ayam dari kulkas 10 menit sebelum menggoreng. Goreng dalam batch sampai berwarna cokelat keemasan.
  4. Bumbui ayam dengan bumbu yang sudah di ulek dan dinginkan di dalam kulkas selama 30 menit. Keluarkan ayam dan tunggu selama 10 menit sebelum menggoreng. 
  5. Goreng ayam hingga berwarna kecokelatan, lalu masukkan daun pandan, daun kari, serai dan cabe ke dalam panci/wajan hingga kulit ayam menjadi crispy. Hati-hati jangan sampai ayam jadi gosong. 
  6. Setelah itu tiriskan, lalu taburi dengan rempah yang sudah di goreng dan sambal di atas ayam sebelum disajikan. 

Baca Juga: 10 Masakan Ikan Asli Indonesia, Rasanya Khas dan Bikin Nagih!

3. Ini bahan-bahan untuk mie aceh

Resep Mie Aceh & Ayam Tangkap Aceh, Dua Kuliner Khas Serambi Mekah!whattocooktoday.com

Bahan utama:

  • 12 ons mie kuning
  • 10 - 12 udang besar, jangan dikupas dulu dalam keadaan kering
  • 1 sendok teh jinten 
  • 1 sendok teh bumbu kari 
  • 1 cankir atau lebih kaldu ayam
  • 4 sendok kecap asin
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 1/4 kol di iris 
  • 2 cup cambah

Bumbu yang akan diblender:

  • 2 sendok sambal ulek
  • 2-3 cabe rawit (tergantung dengan jumlah yang kamu inginkan)
  • 4 bawang merah di iris
  • 3 siung bawang putih di iris 
  • 4 kemiri 
  • 1 tomat 
  • 1/4 cup minyak goreng

4. Ini cara bikin mie aceh yang lezat banget

Resep Mie Aceh & Ayam Tangkap Aceh, Dua Kuliner Khas Serambi Mekah!whattocooktoday.com
  1. Rebus mie di dalam panci kurang lebih 3 menit, lalu bilas dengan air biasa/dingin.
  2. Masukkan bumbu ke dalam mixer (ulek sendiri) hingga halus. Minyak digunakan agar mempermudah mixing bumbu yang ada. 
  3. Panaskan wajan dengan 1 sendok minyak hingga panas. 
  4. Setelah itu tumis udang sampai menjadi merah muda dan matang, kurang lebih 3 - 4 menit. Pisahkan dari wajan dan sisihkan. 
  5. Dalam wajan yang sama tambahkan 1 sendok minyak lagi, masukan kubis dan tumis sampai layu. Tiriskan dengan udang 
  6. Dalam wajan yang sama lagi, tumis bumbu. Tambahkan bubuk jinten dan kari. Tumis terus sampai harum, kurang lebih 5 menit. 
  7. Masukan mie yang sudah di dinginkan sebelumnya. Aduk terus, lalu tambah kecap asin dan manis. Tumis terus hingga semua menyatu
  8. Setelah semua menyatu dengan baik, tambahkan kaldu dan didihkan perlahan, tunggu hingga 2 menit. 
  9. Lalu masukkan udang, kol dan cambah. Aduk terus, tambahkan gula, kecap dan garam hingga terasa pas. Akan muncul campuran pedas, gurih, dan sedikit manis. 
  10. Mie siap di sajikan.

5. Nih, video kreasi lain cara bikin dua masakan tadi

Ini untuk resep ayam tangkap

https://www.youtube.com/embed/NijCXHo2MsM

Kalau yang ini untuk mie Aceh tumis yang lezat

https://www.youtube.com/embed/EnZvf0vkJ80

Gimana? tertarik mencoba? Yuk, perkaya kemampuan memasak dengan banyak mencoba masakan nusantara, agar kamu gak hanya bisa masak yang itu-itu aja. 

Baca Juga: 5 Ragam Sajian Kuliner Khas Betawi untuk Menu Buka Puasa, Mantap!

Indra Dwi Photo Community Writer Indra Dwi

Young and Blessed

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You