Comscore Tracker

5 Olahan dari Lobak yang Terkenal di Korea, Ide Makan Sayur Variatif!

Coba bikin sayu sop dengan daging dan lobak, yuk!

Korea punya banyak cara untuk mengolah makanan menjadi sajian sedap yang membuat kita menitikkan air liur setiap melihat potretnya, baik yang disaksikan melalui media sosial maupun acara televisi.

Hidangan Korea umumnya terdiri dari banyak bahan utama seperti daging-dagingan, sayuran, sampai buah-buahan. Dalam katagori sayur, ada satu nama yang cukup sering berseliweran sampai membuat kita mungkin sangat familiar, yakni lobak.

Meski di Indonesia mengolah lobak masih terbatas pada menu yang itu-itu saja, namun ternyata Korea punya segudang cara untuk mengkreasikan sayur berwarna putih ini menjadi olahan sedap. Ada lima macam menu dari lobak yang super lezat dan sekaligus bisa menjadi inspirasi memasak nih, simak baik-baik ya!

1. Chicken mu

5 Olahan dari Lobak yang Terkenal di Korea, Ide Makan Sayur Variatif!krusade.net

Korea terkenal dengan beragam sajian yang kerap kali melibatkan sayuran dalam setiap hidangan mereka, salah satunya adalah ketika kamu memakan atau memesan ayam goreng di sebuah restoran. Selain dimakan bersama aneka saus khas negeri ginseng, kamu juga akan diberikan makanan pendamping untuk membuat mulut tetap segar dan tidak kering selama mengonsumsi hidangan-hidangan yang digoreng tersebut.

Pickled radish atau disebut juga sebagai chicken mu adalah pendamping ayam goreng paling populer di Korea. Hidangan ini dibuat dari potongan lobak yang difermentasi sehingga ketika disantap chicken mu memiliki rasa yang segar sekaligus manis dan sedikit asin.

Pembuatan chicken mu pun terbilang masih bisa dipraktikan di rumah, bahan-bahan yang perlu kamu siapkan hanya lobak segar yang sudah dipotong-potong dan dicuci bersih, kemudian direndam ke dalam cairan yang terbuat dari campuran air, gula, garam, dan cuka. Simpan lobak di dalam kulkas selama beberapa jam sebelum dihidangkan.

2. Kimchi lobak

5 Olahan dari Lobak yang Terkenal di Korea, Ide Makan Sayur Variatif!britannica.com

Kimchi dikenal sebagai lauk sampingan yang selalu muncul dalam sesi makan ala warga Korea, hidangan fermentasi yang satu ini memiliki ciri khas dari warna merah mentereng dan potongan sayur-mayur di dalamnya. Ada banyak sekali aneka kimchi yang berasal dari Korea, sawi putih adalah salah satu yang paling populer.

Akan tetapi selain sawi, Korea juga memanfaatkan sayuran lain untuk dijadikan kimchi, lobak misalnya. Di negeri KDrama tersebut kimchi lobak disebut juga dengan nama kkakdugi, jadi kalau kamu ingin mencoba aneka hidangan Korea, tidak ada salahnya mulai mencoba ragam jenis kimchi yang ada di sana.

Dilansir Maangchi proses pembuatan kimchi lobak atau kkakdugi, tidak berbeda jauh dari kimchi lainnya, bahan-bahan yang perlu disiapkan tentu saja ada lobak, dalam mengolah bumbu kamu perlu menyiapkan garam, gula, jahe, bawang putih, daun bawang, jus lobak, kecap ikan dan yang paling penting adalah bubuk cabai Korea.

Bila bahan-bahan sudah selesai dicampurkan, maka kamu harus menyimpan mereka ke dalam tempat seperti stoples atau wadah besar dan biarkan terfermentasi dengan baik.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Lobak, Cocok untuk Aneka Jenis Menu

3. Pickled radish wrap

5 Olahan dari Lobak yang Terkenal di Korea, Ide Makan Sayur Variatif!onegreenplanet.org

Jenis makanan Korea yang kerap kali muncul pada acara mukbang atau sesi makan dengan porsi besar adalah sajian dengan beragam lauk yang dibungkus oleh dedaunan seperti selada atau kulit yang dibuat dari olahan tertentu. Sementara isian dapat berisi lembaran daging, sayur, dan bawang putih.

Pickled radish wrap atau di Korea dinamakan dengan mussammari ini adalah hidangan makanan bungkus yang menggunakan acar lobak, sebagai alas pengganti selada. Perbedaannya dengan pickled radish yang lain adalah lobak yang satu ini dipotong dengan bentuk lingkaran yang agak tipis sehingga ia masih memiliki kelenturan untuk membungkus isian, dilansir My Korean Kitchen.

Isi pickled radish wrap sendiri dapat disesuaikan dengan kemauan, namun umumnya pickled radish wrap memiliki isian seperti irisan paprika, wortel, jamur, dan crabstick yang telah dimasak, kamu juga dapat menambahkan lembaran daging agar semakin sedap. Setelah itu masukan isian ke dalam lobak lalu gulung.

4. Gul bap

5 Olahan dari Lobak yang Terkenal di Korea, Ide Makan Sayur Variatif!youtube.com/꿀키honeykki

Seafood alias makanan laut masih menjadi menu populer yang banyak dipertontonkan dalam beragam acara Korea, mulai dari mukbang, kdrama, sampai talk-show yang menunjukan sesi makan bersama pun senantiasa menghadirkan makanan laut sebagai salah satu menu andalannya.

Kalau kamu penggemar makanan atau kebudayaan Korea mungkin sudah tidak asing dengan hidangan nasi yang menggunakan kerang dan lobak sebagai campuran, hidangan tersebut dinamai dengan sebutan gulbap atau radish and oyster rice, dilansir My Korean Kitchen.

Dalam hidangan ini, ketika memasak nasi kamu hanya perlu mencapurkan aneka sayuran dan makanan laut. Kamu dapat menggunakan potongan lobak, wortel, jamur, dan tiram untuk kemudian diolah kurang lebih selama tiga puluh menit dalam penanak.

Jangan lupa tambahkan dressing setelah semua matang yang dibuat dari kecap, gula, cabai Korea, minyak wijen, dan bawang putih yang sudah dihaluskan.

5. Soegogi muguk

5 Olahan dari Lobak yang Terkenal di Korea, Ide Makan Sayur Variatif!woochonfood.com

Soegugi muguk atau sup daging dan lobak adalah hidangan berkuah asal Korea, yang disajikan dalam berbagai momentum terutama pada musim gugur dan musim dingin melanda negara tersebut.

Soegugi muguk menjadi hidangan rumahan yang cukup populer dan menggugah selera, terutama karena sup ini bisa disajikan tanpa menggunakan bubuk cabai Korea yang terkenal sangat mencolok dan membuat kesan sangat pedas, dilansir Maangchi.

Tidak banyak bahan yang perlu disiapkan untuk membuat sup ini, kamu hanya perlu menyediakan daging sapi, potongan lobak, daun bawang, bawang putih, garam, air, dan sedikit kecap ikan. Bahan-bahan tersebut diolah sampai matang dan siap disajikan bersama nasi hangat.

Itu dia kelima hidangan lobak ala Korea yang bikin kita lapar dan ingin mencicipi. Salah satu ilmu yang bisa diambil adalah kita bisa menikmati sayur dalam bentuk berbeda dan menggugah selera agar nutrisi harian dapat terpenuhi. Nah, sebagai seorang yang suka makan, kira-kira kamu tertarik untuk mengolah lobak ke dalam jenis makanan yang mana?

Baca Juga: 5 Fakta Kohlrabi, Sayur Persilangan Kubis dan Lobak yang Serbaguna

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya