Comscore Tracker

Resep Kopi Creme Brulee, Manisnya Cocok Temani Nugas atau Kerja

Kalau gak terlalu suka kopi, minuman ini solusinya

Creme brulee adalah sebutan untuk olahan yang mengandalkan adonan telur dan pembakaran gula hingga mengeras seperti karamel. Kelezatan makanan tersebut kemudian diadaptasi menjadi rasa bagi minuman berbasis kopi, lho.

Sebagai pencinta minuman berkafein, kamu mesti coba membuat minuman kopi creme brulee di rumah. Bahan-bahan membuat kopi ini tak sulit didapatkan, kok. Simak resep kopi creme brulee berikut ini, yuk!

1. Bahan membuat kopi creme brulee

Resep Kopi Creme Brulee, Manisnya Cocok Temani Nugas atau Kerjailustrasi resep creme brulee latte (pexels.com/ready made)

Bahan kopi creme brulee:

  • kopi secukupnya
  • susu atau krimer secukupnya
  • sirup karamel secukupnya
  • 1 sdm gula cokelat
  • 1/2 sdt ekstrak vanila

Bahan pelengkap:

  • es batu secukupnya
  • whipping cream secukupnya
  • permen karamel secukupnya

2. Adukan adonan pemanis

Resep Kopi Creme Brulee, Manisnya Cocok Temani Nugas atau Kerjailustrasi resep creme brulee latte (pexels.com/Nicole Michalou)

Sama seperti proses pembuatan creme brulee versi makanan, dalam minuman kali ini pun diperlukan adonan pemanis yang membuat rasa kopi semakin mirip dengan versi kudapannya. Bahan tersebut terdiri dari gula cokelat, susu, sirup karamel, dan vanila.

Masak adonan tersebut di atas api sedang sampai gula larut. Namu, bila ingin lebih praktis, aneka bahan tersebut dapat dimasukkan ke dalam mangkuk antipanas dan biarkan dalam microwave selama beberapa waktu hingga meleleh.

3. Seduh kopi di dalam gelas

Resep Kopi Creme Brulee, Manisnya Cocok Temani Nugas atau Kerjailustrasi resep creme brulee latte (pexels.com/Andrew Neel)

Pada proses pembuatan minuman creme brulee ini, kamu bisa menggunakan berbagai jenis kopi untuk dimasak menjadi salah satu bahan utama. Pastikan bahwa kopi tersebut belum ditambahi pemanis apa pun.

Kalau kamu lebih suka menggunakan kopi bubuk, maka seduh bahan tersebut menggunakan air panas, lalu aduk-aduk sampai bubuknya larut. Setelah tercampur rata, sisihkan sampai agak sejuk.

Baca Juga: 5 Kreasi Makanan Serba Brulee, Gak Cuma Creme Brulee, lho

4. Campur creme brulee dengan seduhan kopi

Resep Kopi Creme Brulee, Manisnya Cocok Temani Nugas atau Kerjailustrasi resep creme brulee latte (pexels.com/Eva Elijas)

Pada tahap ini, kamu bisa memaksimalkan minuman menggunakan es batu, sehingga kopi pun akan terasa lebih dingin dan menyegarkan. Tinggal masukkan pecahan es batu ke dalam gelas tinggi sesuai selera.

Setelah itu, masukkan seduhan kopi ke dalam gelas yang sama, taruh hingga hampir memenuhi gelas. Kemudian, sisakan sedikit tempat untuk meletakkan adonan creme brulee yang sudah dimasak menggunakan gula cokelat dan susu tadi.

5. Tambahkan topping di atas kopi

Resep Kopi Creme Brulee, Manisnya Cocok Temani Nugas atau Kerjailustrasi resep creme brulee latte (pexels.com/freestocks.org)

Biar minuman dari kopi ini terasa maksimal ala coffee shop, kamu dapat menambahkan whipping cream dan saus karamel sebagai topping. Tambahkan pula permen karamel agar penampilannya semakin cantik.

Bila sudah, masukkan sedotan ke dalam gelas. Kopi creme brulee pun siap untuk dijadikan salah satu pelengkap saat beraktivitas, seperti bekerja atau melakukan kegiatan di rumah.

Sebagai pencinta kafein, membuat kreasi kopi rumahan dari bahan yang mudah ditemukan menjadi suatu inovasi yang seru. Salah satunya dapat dilakukan dengan menyontek proses pembuatan kopi creme brulee seperti di atas. Yuk, cobain!

Baca Juga: 5 Toko Kopi Legendaris di Singapura, Cocok buat Pencinta Kopi!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya