Comscore Tracker

Selalu Bikin Nagih, 5 Jajanan Khas Jawa yang Dibuat dari Singkong

Yang mana jadi andalanmu?

Singkong merupakan makanan dengan sejuta rasa yang sangat dekat dengan masyarakat Indonesia. Singkong juga mudah ditanam dan dapat menghasilkan buah yang melimpah. Singkong ini juga dapat dijadikan teman nonton di malam hari.

Singkong terkenal sebagai bahan dasar jajanan khas dari pulau Jawa. Cara mengolahnya pun sangat beragam. Berikut adalah contohnya.

1. Getuk

Selalu Bikin Nagih, 5 Jajanan Khas Jawa yang Dibuat dari Singkongdoyanresep.com

Getuk merupakan makanan khas dari Jawa yang terbuat dari bahan dasar singkong. Getuk juga sangat mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional. Bentuk getuk ada yang seperti mi besar atau sering disebut getuk lindri dan ada pula getuk bewarna gula merah yang dipotong biasa. Getuk juga sudah menjadi jajanan kesukaan siapa saja.

2. Nasi Tiwul

Selalu Bikin Nagih, 5 Jajanan Khas Jawa yang Dibuat dari Singkongsalingamanah.com

Nasi tiwul ini terbuat dari singkong yang dijemur dan dijadikan tepung. Tepung singkong yang enak dapat diperoleh dari proses pengeringan singkong yang sempurna. Nasi tiwul ini memiliki sedikit rasa yang khas dibandingkan dengan jenis nasi lainnya. Selain orang Jawa biasanya masih susah untuk menikmati makanan khas satu ini.

Baca Juga: 5 Manfaat Tape Singkong Bagi Kesehatan yang Belum Kamu Tahu

3. Jemblem

Selalu Bikin Nagih, 5 Jajanan Khas Jawa yang Dibuat dari Singkongsocialboor.com

Jemblem ini terbuat dari singkong yang diparut. Kemudian, dibentuk bulat dengan isian gula merah di dalamnya dan digoreng. Jemblem sangat cocok menjadi jajanan sarapan di pagi hari. Tidak lupa ditemani secangkir kopi atau teh hangat. Jemblem masih banyak dijual di pasar-pasar tradisional.

4. Pais Singkong

Selalu Bikin Nagih, 5 Jajanan Khas Jawa yang Dibuat dari Singkongm.kaltara.prokal.co

Pais singkong juga menjadi jajanan khas dari Jawa. Pais biasanya terbuat dari tepung beras dan pisang. Tapi, pais singkong ini terbuat dari bahan singkong yang diparut dan kemudian dikukus. Rasanya juga tidak kalah nikmat dari pais pisang. 

5. Tapai Singkong

Selalu Bikin Nagih, 5 Jajanan Khas Jawa yang Dibuat dari Singkongwartabatavia.com

Tapai singkong merupakan makanan fermentasi dari singkong yang telah dikukus terlebih dahulu. Tapai singkong ini juga dapat diolah kembali dengan digoreng menggunakan tepung atau lebih sering menjadi campuran es campur yang segar. Tapai singkong sangat digemari karena rasa manisnya dari gula dan fermentasi dari ragi tapai.

Itulah 5 jajanan khas dari daerah Jawa yang selalu bikin nagih. Kamu sering makan jajanan yang mana nih?

Baca Juga: 9 Jajanan Jadul yang Bikin Hidup Anak 90-an Lebih Berwarna, Enak!

CumiBakar Photo Community Writer CumiBakar

Penikmat Sastra, Penonton Ulung, Hobi Makan..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You