Comscore Tracker

Resep Singkong Gula Merah yang Lembut dan Legit untuk Teman Bersantai

Cocok dimakan sambil ditemani teh atau kopi #LokalIDN

Singkong merupakan salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Bahan makanan dari jenis umbi-umbian ini biasanya diolah menjadi camilan maupun kue-kue tradisional yang khas.

Singkong dapat diolah menjadi banyak jenis makanan yang digemari oleh banyak orang, dan biasanya singkong diolah dengan cara digoreng maupun dikukus, karena itulah singkong dapat kalian kreasikan sesuai dengan selera. Seperti olahan singkong yang akan dibuat kali ini, yakni singkong gula merah.

Rasa singkong yang gurih dan lembut berpadu dengan gula merah dan santan yang membuat rasanya menjadi manis dan legit. Penasaran dengan cara membuatnya? Langsung saja cek resepnya di bawah ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Singkong Gula Merah yang Lembut dan Legit untuk Teman Bersantaicuzcoeats.com

Bahan-bahan:

  • 1 kg singkong
  • 250 ml santan kental
  • 500 ml santan cair
  • 200 gram gula merah
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 6 butir cengkeh
  • 4 cm kayu manis
  • 1/2 sdt vanili bubuk

Bahan saus:

  • 200 ml santan dari 2 butir kelapa
  • 1/2 sdt garam
  • 4 lembar daun pandan

2. Membuat sausnya terlebih dahulu

Resep Singkong Gula Merah yang Lembut dan Legit untuk Teman Bersantaiarousingappetites.com

Pertama-tama buat sausnya terlebih dahulu. Nyalakan api kompor lalu taruh wajan di atas kompor, kemudian masukkan bahan sausnya yang terdiri dari santan, garam, dan 4 lembar daun pandan.

Kemudian campur dan aduk-aduk semua bahan-bahan tadi hingga tercampur rata, lalu rebus hingga sausnya mendidih dan mengental. Kalau sudah, angkat dan biarkan beberapa saat agar suhunya turun.

Baca Juga: 5 Resep Camilan dari Singkong yang Rasanya Maknyus dan Mudah Dibuat

3. Potong-potong singkong lalu rebus hingga lunak

Resep Singkong Gula Merah yang Lembut dan Legit untuk Teman Bersantaithecuriouscoconut.com

Ambil singkong lalu kupas bagian kulitnya, kemudian potong-potong bulat singkong dengan panjang kurang lebih 4 sentimeter. Kalau sudah, cuci singkong dengan air hingga benar-benar bersih.

Selanjutnya campur singkong yang sudah dicuci bersih tadi bersama dengan santan cair, gula merah, gula pasir, cengkeh, kayu manis, dan vanili bubuk. Kemudian rebus hingga cairan habis dan singkong menjadi lunak.

4. Masak singkong bersama bahan-bahan lainnya hingga matang

Resep Singkong Gula Merah yang Lembut dan Legit untuk Teman Bersantaiinstagram.com/mutiaroza.makeup

Setelah singkong dirasa sudah mulai lunak dan cairannya tinggal sedikit, langsung tuangkan santan kental dan garam ke dalam rebusan singkong.

Kemudian aduk-aduk sebentar agar semua bahan dapat tercampur dengan rata. Lalu masak hingga cairannya mendidih dan mengental. Ingat untuk jangan terlalu sering diaduk-aduk agar singkong tidak hancur.

5. Angkat dan sajikan bersama sausnya

Resep Singkong Gula Merah yang Lembut dan Legit untuk Teman Bersantaiinstagram.com/miasaldes

Kalau sudah mendidih dan mengental, angkat dan pindahkan singkong gula merah ke dalam mangkuk, kemudian siram dengan sausnya secukupnya. Dan singkong gula merah pun siap untuk disajikan.

Bagaimana, resepnya mudah bukan? Kalian bisa coba resepnya di rumah untuk dijadikan teman saat bersantai. Apalagi kalau sudah ada teh atau kopi, dijamin akan semakin nikmat. Selamat mencoba.

Baca Juga: 6 Kudapan khas Minang Berbahan Singkong, Ada yang Lembut hingga Kriuk!

Max Thobias Photo Verified Writer Max Thobias

Cooking, writing and exercising... Do your part and all you can, and let God do his part and finish it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya