Comscore Tracker

Resep Tumis Tahu Tempe Cabai Hijau, Lauk Makan yang Sedap

Menu pendamping nasi yang nikmat dan praktis

Masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tempe dan tahu. Makanan berbahan dasar kedelai ini menjadi bahan makanan untuk lauk pauk yang populer.

Biasanya, tahu atau tempe disajikan dengan cara digoreng dan dimakan bersama nasi putih. Jika bosan dengan olahan tempe dan tahu yang itu-itu saja, kamu bisa menerapkan resep tumis tahu tempe cabai hijau di bawah ini, lho.

Resep tumis tahu tempe cabai hijau ini selain praktis, tapi juga bisa menjadi alternatif untuk mengolah tahu dan tempe di rumah. Langsung saja ikuti langkah pembuatannya lewat resep di bawah ini, ya!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Tumis Tahu Tempe Cabai Hijau, Lauk Makan yang SedapTahu putih (pixabay.com/621hjmit)

Bahan utama:

  • 4 buah tahu putih
  • 1 papan tempe
  • 400 ml air
  • kaldu bubuk secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 5 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 8 buah cabai rawit hijau
  • 4 cabai rawit merah
  • 5 buah cabai hijau besar

2. Potong-potong tahu dan tempe

Resep Tumis Tahu Tempe Cabai Hijau, Lauk Makan yang SedapPotongan tahu (pixabay.com/allybally4b)

Ambil tahu putih, lalu potong menjadi empat bagian dan pindahkan ke dalam wadah. Kemudian, ambil satu papan tempe dan potong berbentuk dadu. Untuk ukuran dan jumlah potongan tempe ini dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Setelah itu, nyalakan api kompor dan panaskan minyak goreng secukupnya di wajan. Kalau minyak sudah panas, goreng tahu dan tempe hingga matang. Goreng tempe dan tahu secara terpisah, lalu angkat dan tiriskan.

3. Haluskan dan tumis bumbu halus

Resep Tumis Tahu Tempe Cabai Hijau, Lauk Makan yang Sedapilustrasi menghaluskan bumbu (pexels.com/Cottonbro)

Masukkan semua bahan bumbu halus, seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, cabai rawit hijau, dan cabai hijau besar ke dalam blender atau food processor, lalu giling hingga halus. Kamu juga bisa menggunakan ulekan untuk menghaluskan bumbu.

Setelah itu, nyalakan api kompor, lalu panaskan kembali minyak goreng di wajan. Kalau minyaknya mulai panas, masukkan bumbu yang telah dihaluskan sambil diaduk agar bumbu tidak gosong. Aduk dan tumis bumbu hingga mulai matang dan harum.

Baca Juga: Resep Burger Tempe Simpel dan Enak untuk Vegetarian

4. Masak hingga semua bahan matang dan bumbu meresap

Resep Tumis Tahu Tempe Cabai Hijau, Lauk Makan yang SedapIlustrasi menumis (pixabay.com/StockSnap)

Masukkan tahu dan tempe yang sudah digoreng ke dalam tumisan bumbu. Kemuidan, aduk sebentar hingga tahu dan tempe tercampur rata bersama dengan bumbu.

Setelah itu, tuang air ke dalam wajan sambil terus diaduk agar bumbu tidak gosong. Kemudian, masukkan bumbu, seperti garam, gula pasir, dan kaldu bubuk secukupnya, ke dalam tumisan tahu dan tempe. Aduk hingga tercampur dengan rata bersama bumbu.

Kalau sudah, masak hingga kuahnya mulai menyusut dan bumbu meresap sempurna ke dalam tempe dan tahu. Kecilkan api dan diamkan sebentar.

5. Angkat dan sajikan tumis tahu dan tempe

Resep Tumis Tahu Tempe Cabai Hijau, Lauk Makan yang SedapTahu saus tiram (instagram.com/kimnie_nie)

Jangan lupa untuk mencicipi rasanya terlebih dahulu untuk mengoreksi apabila ada bumbu yang kurang. Jika dirasa ada bumbu yang kurang, kamu bisa langsung tambahkan bumbu yang dirasa masih kurang tersebut.

Setelah dirasa tahu dan tempe matang serta bumbu meresap sempurna, kamu bisa langsung matikan api. Angkat dan pindahkan tumis tahu tempe cabai hijau ke dalam mangkok atau wadah yang sudah disiapkan. Tumis tahu tempe cabai hijau siap disajikan!

Resep tumis tahu tempe cabai hijau di atas sangat mudah diterapkan, kan? Kamu bisa mencobanya untuk menjadi lauk pendamping nasi di rumah. Rasanya yang nikmat dan gurih dijamin bikin nagih.

Baca Juga: Resep Tumis Kangkung Tempe Ulek yang Bikin Ngiler

Max Thobias Photo Verified Writer Max Thobias

Cooking, writing and exercising... Do your part and all you can, and let God do his part and finish it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya