Comscore Tracker

Resep Kue Lapis Pandan yang Lembut dan Legit, Bikin Goyang Lidah!

#IDNTimesFood Jajanan pasar enak dengan tekstur kenyal

Selain cokelat, rasa pandan juga sering digunakan pada kue. Aroma wanginya selalu berhasil menggugah selera. Salah satu jenis kue yang menggunakan pandan adalah kue lapis.

Teksturnya kenyal dan lembut banget, kue lapis pandan bisa jadi ide jajanan pasar untuk akhir pekanmu. Yuk, bikin kue lapis pandan yang praktis dengan resep berikut ini!

1. Bahan membuat kue lapis pandan

Resep Kue Lapis Pandan yang Lembut dan Legit, Bikin Goyang Lidah!Tepung beras (verywellfit.com)

Bahan-bahan:

  • 300 gram tepung beras
  • 350 gram gula pasir
  • 150 gram tepung kanji
  • 800 ml santan kental
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 sdm mentega
  • perisa pandan secukupnya
  • sejumput garam

2. Rebus santan bersama daun pandan

Resep Kue Lapis Pandan yang Lembut dan Legit, Bikin Goyang Lidah!Merebus santan (simplyrecipes.com)

Tuang santan kental ke dalam panci. Nyalakan api, lalu rebus santan sambil terus diaduk perlahan. Masukkan daun pandan yang sudah diikat dan garam bersamaan, aduk kembali.

Setelah itu, kecilkan api dan masukkan gula pasir ke dalam rebusan santan. Aduk sampai gulanya larut, jika sudah, matikan kompor dan sisihkan dulu.

3. Aduk tepung dengan rebusan santan

Resep Kue Lapis Pandan yang Lembut dan Legit, Bikin Goyang Lidah!Mengaduk tepung (bonappetit.com)

Ambil wadah, campurkan tepung beras dengan tepung kanji. Aduk dengan whisk sampai tercampur merata. Kemudian, tuang rebusan santan ke dalam campuran tepung dan aduk merata.

Uleni adonan sampai kalis dan elastis. Jika sudah, bagi adonan menjadi dua, lalu masukkan perisa pandan ke salah satu adonan. Biarkan adonan satunya tetap putih.

Baca Juga: Resep Puding Pandan Kelapa Muda, Bikin Harimu Makin Bergairah

4. Kukus adonan putih terlebih dahulu

Resep Kue Lapis Pandan yang Lembut dan Legit, Bikin Goyang Lidah!Mengukus (pixabay.com/Scratsmacker)

Panaskan loyang di dalam panci kukus, lalu keluarkan. Tuang adonan berwarna putih sebanyak satu sendok sayur. Kukus beberapa saat, kurang lebih lima menit hingga mengeras.

Berikutnya, tuangkan adonan hijau di atas adonan putih. Kukus kembali sampai sedikit mengeras. Jangan sering membuka tutup panci, biarkan saja, cukup menghitung waktu saja.

5. Kukus kue lapis pandan hingga matang

Resep Kue Lapis Pandan yang Lembut dan Legit, Bikin Goyang Lidah!Kue lapis pandan (instagram.com/ibututi_cakeandcookies)

Tuang kembali adonan putih, lalu lalukan proses menumpuk adonan seperti tadi. Lakukan sampai adonan putih dan hijaunya habis. Tutup panci dan kukus kue lapis.

Kukus kue lapis pandan itu selama kurang lebih 15 menit. Kalau sudah, segera matikan kompor dan angkat. Sajikan kue lapis pandan selagi masih hangat, potong sesuai selera.

Itulah resep membuat kue lapis pandan yang kenyal dan lembut untuk camilan keluarga. Mudah dan bahan-bahan yang dipakai pun simpel. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Sirup Pandan Homemade, Cuma Butuh 4 Bahan Doang!

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya