Comscore Tracker

Resep Masak Tempe Mendol, Kuliner Khas Malang yang Empuk dan Lembut 

#MasakdiRumahAja Gurih dan pedasnya dijamin nagih banget

Mengolah tempe bukanlah hal yang sulit. Makanan yeng terbuat dari kacang kedelai ini sebenarnya sudah sangat nikmat hanya digoreng kering. Apalagi kalau ada sambal sebagai pelengkapnya, dijamin gak berhenti makan, deh.

Selain digoreng biasa, kamu juga bisa mengkreasikannya menjadi tempe mendol. Tempe khas Malang ini seringkali dijadikan lauk pelengkap rawon, pecel, hinga nasi urap. Yuk, simak resepnya berikut ini!

1. Bahan-bahan yang harus tersedia

Resep Masak Tempe Mendol, Kuliner Khas Malang yang Empuk dan Lembut roostingowl.com
  • 2 buah tempe
  • 5 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 2 cm kencur
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 sdt ketumbar
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya

2. Haluskan tempe yang sudah direbus

Resep Masak Tempe Mendol, Kuliner Khas Malang yang Empuk dan Lembut fitandfed.net

Siapkan panci kukusan yang di bagian bawahnya sudah terisi air. Panaskan panci dengan api sedang. Potong-potong tempe menjadi beberapa bagian, tapi jangan terlalu kecil. Kemudian, masukkan seluruh tempe ke dalam panci, kukus sekitar 15 menit.

Kalau tempe sudah terlihat matang, segera angkat dan tiriskan. Masukkan seluruh tempe ke dalam wadah, lalu haluskan menggunakan whisk atau ulekan hingga hancur. Sisihkan terlebih dahulu.

Baca Juga: Resep Tempe Saus Tiram ala Yummy, Cara Membuatnya Mudah Banget  

3. Bentuk adonan tempe menjadi berbentuk lonjong

Resep Masak Tempe Mendol, Kuliner Khas Malang yang Empuk dan Lembut pinterest.com/Gabriella Berglund

Haluskan bawang putih, cabai merah keriting, kencur, ketumbar, dan daun jeruk menggunakan ulekan supaya aromanya lebih terasa. Ulek hingga halus dan lembut, lalu bumbui dengan sedikit garam dan gula pasir. Aduk kembali hingga merata.

Masukkan seluruh bumbu yang sudah dihaluskan ini ke dalam adonan tempe. Aduk hingga seluruh bumbunya tercampur merata. Bentuk adonan berbentuk lonjong. Lakukan hingga seluruh adonannya habis.

4. Goreng tempe mendol hingga matang

Resep Masak Tempe Mendol, Kuliner Khas Malang yang Empuk dan Lembut instagram.com/sang_pensiunan

Siapkan wajan di atas kompor, lalu tuang minyak ke dalamnya. Panaskan hingga minyaknya sedikit mendidih. Goreng tempe mendol satu per satu hingga berwarna kecokelatan. Jangan terlalu sering mengaduk-aduk tempe, karena bisa menyebabkan tempe hancur.

Kalau sudah matang, segera angkat dan tiriskan minyaknya hingga tuntas. Tempe mendol yang gurih dan pedas ini sudah bisa kamu nikmati. Sajikan bersama nasi putih atau nasi urap, dijamin enak banget!

Itulah resep mudah dan cepat membuat tempe mendol yang lezat. Kalau kamu pencinta olahan tempe, wajib banget buat cobain tempe satu ini. Yuk, segera praktikkan di rumah!

Baca Juga: Resep Sambal Tempe Bawang dan Gurih, Lauk Praktis dan Mudah

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya