Comscore Tracker

Ini 5 Tips Sukses Bikin Kue Sarang Semut, Dijamin Berhasil! 

Baca yuk sebelum bikin

Kue sarang semut adalah kue asal dari Papua yang memiliki bentuk seperti rongga-rongga sarang semut. Kue ini memang sangat cocok dijadikan takjil di bulan Ramadan atau sajian saat lebaran. Rasanya yang manis, empuk, kenyal, ditambah tekstur yang unik, sangat cocok melumasi perut kosong seharian.

Namun, siapa nih yang pernah membuat kue sarang semut dan telah mengikuti sesuai resep tetapi berujung gagal? Sebelum kamu buat, alangkah baiknya simak dulu 5 tips rahasia bikin kue sarang semut untuk menghindari kegagalan berikut ini.

1. Jangan mengaduk adonan terlalu lama 

Ini 5 Tips Sukses Bikin Kue Sarang Semut, Dijamin Berhasil! ilustrasi mengaduk adonan. (unsplash.com/Calum Lewis)

Saat mencampurkan bahan adonan seperti telur, karamel, tepung, dan sebagainya, upayakan tidak mengaduk adonan tersebut terlalu lama.

Hal tersebut bisa membuat adonan mengembang dan berakibat kue sarang semut tidak memperoleh hasil yang bagus. Setelah adonan tercampur rata, kamu bisa langsung berhenti dan langsung ke tahapan selanjutnya.

2. Saring adonan jika menggumpal 

Ini 5 Tips Sukses Bikin Kue Sarang Semut, Dijamin Berhasil! ilustrasi membuat adonan. (unsplash/Joanna ↟ Wolf Pack Arts)

Saat mencampurkan bahan cair dengan bahan yang bubuk, terkadang adonan menjadi menggumpal karena kamu tidak melakukannya secara perlahan-lahan.

Tidak perlu khawatir, kamu bisa menyaring adonan tersebut terlebih dahulu agar gumpalan terpisah sehingga adonan kue sarang semut menjadi halus.

Baca Juga: Resep Bolu Sarang Semut Tanpa Oven yang Sederhana dan Gak Ribet

3. Beri margarin dan tepung pada panci 

Ini 5 Tips Sukses Bikin Kue Sarang Semut, Dijamin Berhasil! Pengolesan margarin. (youtube.com/Jessica Jane)

Jika kamu ingin membuat kue sarang semut tanpa menggunakan oven, sebelum memasak kamu bisa mengolesi panci dengan margarin dan tepung. Hal ini dilakukan agar kue tidak gosong dan mudah dilepaskan setelah memasak.

Pastikan beri margarin dan tepung secukupnya secara merata. Setelah itu, kamu bisa langsung menuangkan adonan dan lanjut ke proses memasak.

4. Gunakan loyang di antara panci dan api

Ini 5 Tips Sukses Bikin Kue Sarang Semut, Dijamin Berhasil! Proses pembuatan kue sarang semut. (youtube.com/Jessica Jane)

Pada proses memasak, sebelumnya kamu harus menyiapkan loyang untuk dijadikan tatakan agar api tidak langsung menyentuh panci. Hal tersebut guna membuat kue tidak gosong dan matang merata.

5. Durasi kematangan kue tergantung besarnya api

Ini 5 Tips Sukses Bikin Kue Sarang Semut, Dijamin Berhasil! ilustrasi api pada kompor. (unsplash/KWON JUNHO)

Untuk membuat kue sarang semut biasanya menggunakan api kecil dengan durasi yang cukup lama. Pastikan untuk mengecek kematangannya setelah 20 – 30 menit untuk menghindari kegosongan.

Kamu bisa gunakan tusuk sate untuk mengecek kematangan dengan cara menusuk adonan. Jika tusuk sate tetap bersih setelah ditusuk, itu tandanya kuemu sudah matang.

Nah, itulah 5 tips membuat kue sarang semut untuk memperoleh hasil maksimal. Cukup mudah dan tidak takut gagal lagi, kan? Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Resep Bika Ambon yang Bertekstur Lembut, Cocok untuk Camilan Spesial

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ follow me on IG: nindaf1106 დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya