Comscore Tracker

Resep Orange Brownies yang Lembut dan Lumer, Siap Menggoda Lidah

Sepotong nggak bakalan cukup

Brownies merupakan kue cokelat yang dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang. Makanan manis satu ini dibuat dari bahan-bahan yang sederhana, seperti cokelat, tepung terigu, telur, dan mentega. Kini brownies tidak hanya disajikan dengan taburan almond di atasnya, tetapi dapat juga dikreasikan dengan bahan-bahan lainnya. Salah satu kreasi brownies yang unik adalah orange brownies.

Orange brownies merupakan brownies yang diberi parutan jeruk dan topping jeruk. Kue ini dapat kamu buat sendiri di rumah, lho. Cara memasaknya pun cukup simpel. Selain itu, bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapatkan.

Simak resep orange brownies yang lembut dan lumer di mulut berikut ini, ya!

1. Bahan-bahan untuk membuat orange brownies 

Resep Orange Brownies yang Lembut dan Lumer, Siap Menggoda Lidahilustrasi bahan-bahan (pexels.com/@flora-westbrook)

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat satu loyang orange brownies adalah sebagai berikut.

  • Jeruk secukupnya
  • 200 gram dark chocolate
  • 150 gram mentega tawar
  • 3 butir telur
  • 100 gram brown sugar
  • 70 gram gula
  • 1 gram garam
  • 3 gram ekstrak vanila
  • 70 gram tepung terigu
  • 30 gram bubuk kakao

2. Potong dark chocolate dan lelehkan dengan mentega tawar 

Resep Orange Brownies yang Lembut dan Lumer, Siap Menggoda Lidahilustrasi memotong cokelat (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Pertama, potong dark chocolate menjadi bagian-bagian kecil. Lalu, masukkan potongan dark chocolate tersebut dalam wadah. Tambahkan mentega tawar ke dalam wadah tersebut. Kemudian, lelehkan kedua bahan dalam wadah tersebut di atas panci yang berisi air mendidih. Setelah leleh, angkat dan sisihkan.

Selanjutnya, parut kulit jeruk sesuai selera. Lalu, potong jeruk menjadi bagian-bagaian kecil. Potongan jeruk ini nantinya akan digunakan sebagai topping pada brownies.

Baca Juga: Resep Bolen Brownies, Camilan Renyah yang Gak Membosankan

3. Campur telur, gula, dan bahan-bahan lainnya 

Resep Orange Brownies yang Lembut dan Lumer, Siap Menggoda Lidahilustrasi mencampur bahan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan wadah yang berukuran besar. Masukkan telur, brown sugar, gula, garam, parutan kulit jeruk dan ekstrak vanila sesuai takaran. Kemudian, aduk semua bahan tersebut dengan menggunakan whisk.

Lalu, panaskan sebentar adonan tersebut dengan cara meletakannya di atas panci yang berisi air mendidih. Setelah panas, angkat wadah dari atas panci. Selanjutnya, kocok adonan tersebut menggunakan mixer hingga mengembang.

4. Tuang lelehan mentega dan cokelat ke dalam adonan 

Resep Orange Brownies yang Lembut dan Lumer, Siap Menggoda Lidahilustrasi mencampur adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Setelah adonan dikocok hingga mengembang, tambahkan lelehan mentega dan cokelat tadi. Aduk kembali menggunakan mixer hingga semua bahan tercampur rata.

Kemudian, tambahkan tepung terigu dan bubuk kakao. Aduk menggunakan spatula hingga semua bahan tercampur merata.

5. Tuang adonan ke loyang dan panggang dalam oven hingga matang 

Resep Orange Brownies yang Lembut dan Lumer, Siap Menggoda Lidahilustrasi adonan orange brownie (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Setelah adonan jadi, tuangkan ke loyang berbentuk persegi yang berukuran 20 cm x 20 cm. Pastikan loyang tersebut telah diberi alas baking paper agar tidak lengket. Setelah itu, beri potongan jeruk di atasnya. Kemudian panggang dalam oven yang sebelumnya telah dipanaskan.

Panggang menggunakan suhu sebesar 170 derajat Celcius selama kurang lebih 10 menit. Setelah matang, angkat dan potong orange brownies menjadi sembilan bagian. Selanjutnya, kamu dapat menaburkan gula di atas orange brownies sesuai selera. Orange brownies buatan kamu pun siap disajikan.

Cokelatnya yang lumer dan aroma jeruknya yang menggugah dijamin bikin kamu ketagihan saat ngunyah variasi brownies yang satu ini. Cara membuatnya juga cukup mudah, bukan? Selamat mencoba di rumah, ya!

Baca Juga: Resep Brownies Kukus Tanpa Telur, Tekstur Tetap Lembut

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya