Comscore Tracker

Resep Permen Pepaya yang Manis, Cuma Butuh 3 Bahan!

Satu aja gak bakal cukup, deh

Permen adalah manisan yang mengandung banyak gula. Rasa manis khas ini yang bisa membangkitkan suasana hati sehingga disukai berbagai kalangan.

Pepaya menjadi salah satu buah yang cocok diolah menjadi permen. Mudah dibuat dan cuma butuh 3 bahan, simak resep membuat permen pepaya di bawah ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Permen Pepaya yang Manis, Cuma Butuh 3 Bahan!ilustrasi pepaya (pexels.com/Alleksana)

Bahan-bahan:

  • 1 buah pepaya setengah muda
  • 500 gram gula pasir
  • 1/8 sendok teh citric acid

2. Bersihkan pepaya dan haluskan

Resep Permen Pepaya yang Manis, Cuma Butuh 3 Bahan!Pepaya (unsplash.com/Amanda Lins)

Mengolah pepaya dengan baik dan benar menjadi salah satu kunci utama sebelum beralih ke langkah selanjutnya. Pepaya dikupas, lalu dicuci dengan air mengalir. Kemudian, belah pepaya menjadi dua dan buang semua bijinya.

Haluskan pepaya dengan blender atau parutan. Jika sudah, peras pepaya dengan kain bersih hingga buah yang sudah dihaluskan ini sama sekali tidak ada air yang tersisa.

3. Masak pepaya halus dengan api kecil

Resep Permen Pepaya yang Manis, Cuma Butuh 3 Bahan!ilustrasi memasak pepaya menjadi adonan permen (pexels.com/RODNAE Productions)

Tuang pepaya yang sudah diperas ke atas wajan, lalu tambahkan 250 gram gula pasir dan citric acid supaya hasil permennya ada perpaduan rasa manis dan asam segar.

Pastikan apinya kecil dan aduk dengan hati-hati hingga gula dan citric acid tercampur merata. Kalau adonan sudah matang dan pulen, segera pindahkan ke dalam wadah.

Baca Juga: Resep Es Permen Karet yang Segarnya Bahagiakan Jiwa, Cobain Aja!

4. Bulatkan permen, taburi dengan gula pasir

Resep Permen Pepaya yang Manis, Cuma Butuh 3 Bahan!ilustrasi taburan gula (unsplash.com/mathildelangevin)

Ambil adonan permen sesuai takaranmu, lalu bulatkan hingga jadi lingkaran sempurna. Gulingkan di atas gula pasir dengan butiran agak besar supaya permen tidak meleleh.

Lakukan hal tersebut secara berulang kali hingga adonannya sudah habis. Siapkan loyang, lalu susun semua adonan permen dan pastikan setiap bulatan permen harus diberi jarak.

5. Jemur di atas terik matahari selama 3 hari

Resep Permen Pepaya yang Manis, Cuma Butuh 3 Bahan!ilustrasi permen pepaya (unsplash.com/glencarrie)

Jemur adonan permen di atas terik matahari, kira-kira selama 3 hari. Tekstur permen akan menjadi lebih baik dan baluran gulanya juga tidak meleleh.

Jika sudah dijemur, susun permen pepaya ke dalam stoples kedap udara. Permen dari olahan pepaya ini mampu bertahan hingga 1 bulan.

Disukai oleh banyak kalangan, permen pepaya bisa menjadi langkah terbaik supaya gak sembarangan membeli jajan di luar. So, kamu tertarik untuk mencoba resep mudah ini?

Baca Juga: Resep Tanghulu, Si Permen Buah yang Banyak Jadi Konten Mukbang

Baca Juga: 5 Kudapan Enak dari Permen Gummy yang Kenyal dan Segar

Tamara Febriyanti Photo Verified Writer Tamara Febriyanti

Be youself and do what you like 💜

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya