Comscore Tracker

Resep Dodol Ketan Hitam Kukus, Begini Cara Bikin yang Legit!

Cara cepat dan gampang bikin dodol

Menjadi salah satu jajanan tradisional yang gak hanya nikmat, dodol juga dikenal kaya akan makna filosofi yang mendalam, terutama pada kehidupan pernikahan. Salah satunya, seperti tekstur dodol yang memiliki makna agar jenjang pernikahan awet hingga maut memisahkan.

Di balik manis dan lembutnya dodol dibutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya. Bukan hanya lama, tapi juga membutuhkan tenaga ekstra. Hal ini dikarenakan dalam proses pembuatan dodol memerlukan banyak tenaga untuk terus mengaduk adonan.

Namun, sekarang sudah ada cara mudah untuk membuat dodol yang tekstur dan rasanya gak jauh beda, lho. Sama-sama menggunakan tepung beras, bedanya dodol ketan hitam kali ini dimasak dengan cara dikukus.

Unik banget, kan? Nah, supaya kamu bisa mempraktikkannya di rumah, berikut resep dodol ketan hitam kukus yang legitnya minta ampun!

1. Bahan-bahan membuat dodol ketan hitam kukus

Resep Dodol Ketan Hitam Kukus, Begini Cara Bikin yang Legit!ilustrasi tepung ketan (freepik.com/jcomp)

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung ketan putih
  • 100 gram tepung ketan hitam
  • 400 gram gula merah, sisir
  • 600 ml santan
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan

2. Rebus santan bersama gula merah

Resep Dodol Ketan Hitam Kukus, Begini Cara Bikin yang Legit!ilustrasi merebus santan dan gula merah (youtube.com/Hobi Masak)

Masukkan gula merah yang telah disisir, garam, santan, dan pandan ke dalam panci berukuran sedang. Rebus seluruh bahan hingga gula merah larut dan mendidih menggunakan api sedang sambil diaduk-aduk.

Setelah mendidih, matikan kompor dan diamkan rebusan santan di suhu ruangan hingga hangat-hangat kuku. Kemudian, saring rebusan santan untuk memastikan tidak ada kotoran ataupun gula merah yang belum larut.

3. Campurkan rebusan santan dengan tepung ketan

Resep Dodol Ketan Hitam Kukus, Begini Cara Bikin yang Legit!ilustrasi mencampurkan rebusan santan dengan tepung beras (youtube.com/Hobi Masak)

Campurkan tepung ketan putih dan tepung ketan hitam di dalam sebuah mangkuk, lalu aduk hingga rata menggunakan whisk atau spatula. Kemudian, tuangkan rebusan santan yang telah disaring ke dalam mangkuk berisi campuran tepung ketan.

Selanjutnya, tuang rebusan santan secara bertahap sambil diaduk-aduk hingga tercampur rata. Pastikan seluruh bahan telah tercampur rata dan tidak ada yang menggumpal agar tekstur dodol ketan hitam lembut.

Baca Juga: Selain Dodol Garut, 5 Jenis Dodol Nusantara yang Tak Kalah Enaknya

4. Tuang ke dalam cetakan, lalu kukus

Resep Dodol Ketan Hitam Kukus, Begini Cara Bikin yang Legit!ilustrasi mengukus dodol ketan hitam (youtube.com/Hobi Masak)

Sebelum di kukus, oleskan sedikit minyak goreng pada permukaan cetakan atau loyang yang akan digunakan dan panaskan panci kukusan terlebih dulu. Jika sudah, tuangkan adonan dodol ketan hitam ke dalam cetakan atau loyang.

Setelah itu, masukkan adonan dodol ketan hitam ke dalam panci kukusan yang telah dipanaskan. Kemudian, kukus hingga matang selama kurang lebih 40-50 menit dengan api sedang.

Jangan lupa untuk melapisi tutup panci kukusan dengan kain bersih agar uap air tidak menetes ke dodol yang sedang dikukus, ya!

5. Potong dodol ketan hitam kukus dan sajikan

Resep Dodol Ketan Hitam Kukus, Begini Cara Bikin yang Legit!ilustrasi dodol ketan hitam kukus (youtube.com/Hobi Masak)

Jika dodol ketan hitam kukus telah matang, keluarkan dari panci dan dinginkan di suhu ruangan. Setelah itu, keluarkan dodol ketan hitam kukus dari cetakan atau loyang menggunakan bantuan spatula.

Letakkan dodol ketan hitam kukus di atas wadah yang telah dilapisi dengan daun pisang ataupun plastik bening agar dodol tidak melengket. Terakhir, potong dodol ketan hitam kukus sesuai selera. Agar makin nikmat, kamu bisa menambahkan kacang tanah yang telah disangrai dan dihaluskan sebagai topping.

Walaupun cara pembuatannya lebih cepat dan gampang dari cara pembuatan dodol pada umumnya, dodol ketan hitam kukus ini gak kalah enak dan lembut, lho. Karena cepat dan gampang untuk dibuat, kini dodol ketan hitam kukus ini sering kali disajikan di acara hajatan dan pesta pernikahan.

Baca Juga: 10 Jenis Dodol dari Berbagai Daerah, Manis dan Legitnya Melegenda

Tyara Motik Photo Verified Writer Tyara Motik

The beginner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya