Comscore Tracker

Resep Kue Semprit Jadul Renyah, Cara Bikinnya Gampang!

Kue semprit sederhana yang renyah dan lembut

Kue semprit jadul atau kue semprit jenis lainnya dibuat menggunakan cetakan spuit. Kabarnya, nama kue semprit sendiri berasal dari kata spuit. Namun, karena penyebutannya cukup sulit bagi orang Indonesia, akhirnya kue ini akrab disapa kue semprit. 

Kini, kue semprit bisa ditemukan dengan berbagai bentuk sesuai dengan spuit yang digunakan. Kue semprit bunga menjadi salah satu kue semprit yang cukup populer. 

Namun, gak banyak orang yang tahu jika kue semprit juga punya versi jadul yang cara buatnya lebih gampang dan sederhana. Meskipun sederhana, kue semprit jadul justru punya tekstur yang lebih renyah dan tipis.

Cuma butuh 8 bahan, kamu sudah bisa menerapkan resep kue semprit jadul yang renyah berikut ini. Cocok juga kamu jadikan camilan Natal, lho!

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Kue Semprit Jadul Renyah, Cara Bikinnya Gampang!ilustrasi bahan-bahan kue (pexels.com/Monserrat Soldú)

Bahan-bahan:

  • 500 gram tepung terigu protein rendah
  • 250 gram gula halus
  • 300 gram margarin
  • 50 gram mentega
  • 50 gram tepung maizena
  • 50 gram susu bubuk
  • 3 butir kuning telur
  • 1/2 sdt vanili bubuk

2. Aduk adonan kue semprit

Resep Kue Semprit Jadul Renyah, Cara Bikinnya Gampang!ilustrasi membuat adonan kue semprit jadul (youtube.com/atha naufal)

Pertama, campurkan gula halus, margarin, mentega, gula halus, dan vanili bubuk ke dalam wadah. Aduk semua bahan menggunakan mikser dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata. Mencampurkan margarin dengan mentega bisa membuat tekstur kue semprit jadul lebih pas, lembut, renyah, dan gak begitu rapuh.

Setelah itu, masukkan kuning telur secara perlahan selagi adonan diaduk menggunakan mikser. Matikan mikser, lalu tambahkan susu bubuk serta tepung maizena ke dalam adonan. Aduk kembali hingga tercampur rata menggunakan spatula.

Terakhir, masukkan tepung terigu protein rendah secara bertahap, lalu aduk kembali adonan hingga tercampur rata, kalis, dan bisa dibentuk. Jika dirasa tekstur adonan kue semprit masih lembek, kamu bisa menambahkan tepung terigu protein rendah, sekitar 3-5 sendok makan.

3. Cetak adonan kue semprit jadul

Resep Kue Semprit Jadul Renyah, Cara Bikinnya Gampang!ilustrasi mencetak adonan kue semprit jadul (youtube.com/atha naufal)

Kue semprit jadul umumnya berbentuk persegi panjang dengan permukaan bergerigi. Karena itu, kamu sebaiknya harus memiliki cetakan atau spuitkhusus kue semprit jadul.

Masukkan adonan kue semprit jadul yang telah dibuat ke dalam cetakan atau spuit hingga penuh. Kemudian, semprotkan adonan secara memanjang di atas kertas roti atau di atas loyang yang telah diolesi dengan sedikit margarin.

Selanjutnya, potong adonan dengan panjang yang seragam menggunakan pisau. Lakukan cara yang sama untuk seluruh adonan kue semprit jadul yang tersisa.

Baca Juga: Resep Kue Semprit Selai Stroberi, Kue Kering Khas Lebaran

4. Panggang adonan hingga matang

Resep Kue Semprit Jadul Renyah, Cara Bikinnya Gampang!ilustrasi memanggang kue semprit jadul (youtube.com/atha naufal)

Tata secara rapi adonan kue semprit jadul yang telah dipotong di atas loyang yang telah dioles dengan sedikit margarin. Setelah ditata, panggang adonan dengan oven yang sebelumnya telah dipanaskan selama kurang lebih 10 menit.

Selanjutnya, panggang adonan hingga matang dengan suhu 170 derajat Celsius selama kurang lebih 15 menit. Bagi kamu yang menggunakan oven kompor, panggang adonan kue semprit jadul selama 15-20 menit menggunakan api sedang cenderung kecil.

Jangan lupa untuk sesekali dicek serta dipindahkan loyangnya dari rak atas ke rak bawah atau sebaliknya biar matangnya merata dan gak hangus!

5. Tata kue semprit jadul di dalam stoples

Resep Kue Semprit Jadul Renyah, Cara Bikinnya Gampang!ilustrasi kue semprit jadul (instagram.com/yulitaparmawati)

Setelah matang dan mulai kecokelatan, keluarkan kue semprit jadul dari oven. Dinginkan kue semprit jadul di suhu ruangan sebelum ditata di dalam toples biar gak rapuh.

Selanjutnya, tata kue semprit jadul di dalam toples dengan rapi sebelum disajikan. Kue semprit jadul yang cenderung lebih tipis dari kue semprit lainnya membuat kue kering ini cenderung lebih renyah dan gak membosankan.

Kue semprit jadul ini cocok banget buat kamu sajikan di momen Natal tahun ini. Selamat membuat dan semoga hasilnya renyah, ya!

Baca Juga: 5 Kue Enak sebagai Ide Hampers Natal untuk Orang Tersayang!

Tyara Motik Photo Verified Writer Tyara Motik

The beginner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya