Comscore Tracker

5 Tips Mengolah Udang yang Benar, Awet dan Tetap Lezat!

Paling cocok dikombinasikan menjadi aneka menu lezat, nih

Udang merupakan salah satu hewan laut yang cukup banyak dikonsumsi. Udang memiliki tubuh yang melengkung dengan cangkang transparan yang membalutnya.

Tak sulit mengolah udang karena pada dasarnya hewan laut ini sudah sangat familier untuk diolah sehari-hari. Namun, kamu dapat tetap menjaga kesegaran udang dengan cara pengolahan yang tepat

Bila kamu tertarik untuk mengetahui apa saja tips mengolah udang, berikut lima daftarnya.

1. Memilih jenis udang yang segar

5 Tips Mengolah Udang yang Benar, Awet dan Tetap Lezat!myrecipes.com

Memilih kesegaran udang saat akan membelinya adalah hal pertama yang harus dilakukan. Kamu dapat melihat dari segi tekstur, aroma, dan kelembapan yang ada pada udang. Tentunya dengan begitu, maka kamu dapat memperoleh udang dengan kesegaran maksimal.

2. Simpan di dalam freezer bila tak ingin mengolahnya buru-buru

5 Tips Mengolah Udang yang Benar, Awet dan Tetap Lezat!southernliving.com

Apabila kamu tak ingin buru-buru mengolah udang setelah membelinya, maka kamu dapat menyimpan udang-udang tersebut ke dalam freezer terlebih dahulu.

Namun, bila kamu telah membekukan udang satu kali, maka jangan bekukan lagi karena akan memengaruhi kandungan nutrisinya. Kamu dapat langsung merendam udang di air dingin biasa atau diletakkan di bagian kulkas yang lain agar tak membeku lagi. Namun, lebih disarankan untukmu dalam mengolahnya selagi segar.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Udang, Lezat dan Bikin Perut Keroncongan

3. Pisahkan bagian kepala, cangkang, dan buntut

5 Tips Mengolah Udang yang Benar, Awet dan Tetap Lezat!norecipes.com

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan memisahkan beberapa bagian tubuh dari udang. Disarankan untukmu melakukan ini di bawa air yang mengalir.

Kamu dapat mulai membersihkan kepala udang, lalu bagian cangkang udangnya secara perlahan karena cukup tajam bila kamu tak berhati-hati. Untuk bagian buntut dapat kamu bersihkan secara opsional.

4. Hilangkan aroma amisnya

5 Tips Mengolah Udang yang Benar, Awet dan Tetap Lezat!fieldhousekitchen.com

Sama halnya dengan olahan laut lain, udang juga memiliki aroma yang amis. Oleh sebab itu, pengolahannya harus tepat agar aroma amis tersebut tak ada lagi.

Kamu dapat mencucinya dengan benar di bawah air mengalir, kemudian buang kotoran hitam berbentuk mirip tali pada bagian punggung udang. Selanjutnya, kamu juga bisa menambahkan jeruk nipis atau daunnya sebagai proses untuk menghilangkan aroma amisnya.

5. Olahlah udang dengan aneka teknik

5 Tips Mengolah Udang yang Benar, Awet dan Tetap Lezat!delish.com

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengolah udang dengan berbagai teknik. Kamu dapat menggoreng, membakar, merebus, atau bahkan mengukus udang sesuai selera. Semuanya dapat kamu sesuaikan dengan menu yang akan dimasak.

Nah, tentunya tak sulit dalam mengolah udang selama cara-caranya tepat, bukan? Selamat mencoba tips di atas untukmu yang doyan makan udang.

Baca Juga: Resep Bikin Sate Udang, Alternatif Kalau Bosan Makan Sate Daging Nih!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya