Comscore Tracker

5 Kreasi Olahan Berbahan Daun Mint, Gak Cuma untuk Hiasan Lho!

Aromanya bikin nafas jadi semakin segar

Daun mint merupakan sejenis daun herbal, yang biasa digunakan sebagai hiasan untuk sebuah makanan. Meski eksistensinya sering dianggap hanya sebagai pelengkap, namun daun yang memiliki aroma kuat ini justru dapat digunakan sebagai bahan dalam suatu kreasi olahan.

Tak hanya beraroma khas yang membuat napas segar, daun mint juga dapat memberikan sensasi rasa pedas yang khas. Dilansir dari The Spruce Eats dan Real Food, inilah lima kreasi olahan yang dapat dinikmati dengan menggunakan daun mint sebagai bahannya

1. Refreshing mint tea

5 Kreasi Olahan Berbahan Daun Mint, Gak Cuma untuk Hiasan Lho!thespruceeats.com

Untuk kamu yang sering merasa lelah selepas melalukan suatu aktivitas, maka coba lah duduk sejenak sambil menikmati secangkir teh mint yang segar. Teh ini mampu memberikan sensasi relaksasi yang memanjakan tubuh.

Cita rasanya yang unik, ditambah dengan aroma segar ala daun mint, membuat minuman ini cocok dinikmati selepas lelah. Kamu juga dapat menambahkan perasan jeruk lemon untuk mendapatkan sensasi yang lebih segar lagi. 

2. Yogurt dip with jalapeno and fresh herbs

5 Kreasi Olahan Berbahan Daun Mint, Gak Cuma untuk Hiasan Lho!yummly.com

Jika berbicara mengenai kreasi olahan yogurt, kira-kira apa yang ada di benakmu? Mungkin yogurt dengan buah-buahan segar dan selai yang manis.

Namun, untuk kreasi olahan yang satu ini sangat berbeda karena memadukan antara daun mint, cabai jalapeno, timun, dan bahan-bahan lain di dalamnya. Bisa dibayangkan bagaimana kombinasi antara keduanya? Tentu akan sangat unik dan menarik. 

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Mint bagi Kecantikan Kulitmu, Glowing Abis! 

3. Pea and mint spaghetti

5 Kreasi Olahan Berbahan Daun Mint, Gak Cuma untuk Hiasan Lho!realfood.tesco.com

Menikmati seporsi lezat spaghetti biasanya erat kaitannya dengan saus bolognese yang asam dan gurih. Namun, apa jadinya bila spaghetti kali ini justru berwarna hijau?

Hal ini ternyata disebabkan karena bahan-bahan yang digunakan merupakan kacang polong dan daun mint. Kedua bahan utama selain pasta tersebut memberikan efek warna yang berbeda sekaligus cita rasa yang tak biasa. 

4. Real mint sauce

5 Kreasi Olahan Berbahan Daun Mint, Gak Cuma untuk Hiasan Lho!bbc.co.uk

Bila kamu ingin menikmati olahan mint dengan cita rasa yang sesungguhnya tanpa ada tambahan bahan lainnya, maka saus mint ini wajib kamu coba.

Olahan saus ini tak hanya memadukan daun mint yang segar, namun juga diberi tambahan bahan-bahan seperti air, gula bubuk, garam, dan cuka. Kamu dapat menggunakan saus mint ini sebagai pelengkap dari menu-menu tertentu. 

5. Mint chocolate milkshake

5 Kreasi Olahan Berbahan Daun Mint, Gak Cuma untuk Hiasan Lho!realfood.tesco.com

Baca Juga: Resep Honey Mint Green Tea ala Yummy App, Segarnya Bikin Semangat

Tak lengkap bila tidak membahas minuman dingin berbahan daun mint yang cocok dinikmati di kala teriknya matahari, yaitu milkshake. 

Minuman lezat yang satu ini tak hanya menggunakan daun mint sebagai salah satu bahannya, melainkan juga cokelat, es krim cokelat, susu. Perpaduan semua bahannya terasa sangat pas di lidah. 

Nah, lima olahan di atas dapat menjadi rekomendasi untukmu yang tertarik mencoba olahan dari daun mint. Mana nih favoritmu?

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya