Comscore Tracker

5 Mengolah Ampela yang Tepat Agar Lembut dan Tidak Alot, Mudah!

Aromanya juga tak amis lagi, deh

Ampela merupakan salah satu bagus dari ayam yang cukup banyak diolah menjadi aneka menu lezat. Bagian jeroan yang satu ini memiliki tekstur yang relatif lebih keras dan mudah alot. Oleh sebab itu, kamu perlu cara yang tepat untuk mengolah bagian jeroan ini agar nantinya mudah dikonsumsi dengan tekstur yang lembut dan tidak beraroma amis lagi.

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips mengolah ampela yang tepat, berikut lima daftarnya.

1. Pilihlah ampela yang berkualitas

5 Mengolah Ampela yang Tepat Agar Lembut dan Tidak Alot, Mudah!Youtube/Dapur Lagi

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah pemilihan ampela dengan kualitas yang baik. Pemilihan ampela yang baik tentunya akan menentukan cita rasa pada masakan. Kamu dapat memilih ampela berdasarkan kualitasnya. Sebagai contoh adalah dengan memerhatikan warnanya, teksturnya, atau bahkan hingga aromanya.

2. Bersihkan ampela dan cuci hingga bersih di bawah air mengalir

5 Mengolah Ampela yang Tepat Agar Lembut dan Tidak Alot, Mudah!dailymotion.com

Hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan membersihkan bagian ampela hingga ke bagus kotorannya. Selanjutnya, kamu dapat membersihkan bagian kotorannya hingga benar-benar bersih. Cuci hingga bersih dan tak memiliki noda, lalu kamu dapat mulai mengolah ampela.

Baca Juga: 5 Kreasi Menu Lezat Berbahan Ampela, Kenyal dan Bikin Lapar!

3. Gunakan garam dan perasan jeruk nipis

5 Mengolah Ampela yang Tepat Agar Lembut dan Tidak Alot, Mudah!mexicanplease.com

Seperti halnya jeroan lainnya, ampela juga memiliki lendir yang harus kamu bersihkan. Lendir dan kotoran tersebutlah yang kemudian menyebabkan aroma tak sedap. Oleh sebab itu, kamu dapat menggunakan garam dan perasa jeruk nipis sebelum mengolahnya lebih lanjut. Bahan-bahan tersebut akan membantu menghilangkan aroma amis dan lendir pada jeroan.

4. Mulai rebus ampela dengan aneka rempah

5 Mengolah Ampela yang Tepat Agar Lembut dan Tidak Alot, Mudah!momsdish.com

Proses perebusan tak hanya akan membantu menghilangkan aroma tak sedap pada ampela, namun juga dapat melupakan teksturnya. Kamu dapat merebusnya bersama dengan aneka rempah di dalamnya. Rempah tersebut antara lain jahe, serai, lengkuas, bawang putih, kunyit, dan lain sebagainya. Cara ini secara efektif dalam membantu menghilangkan aroma amis dengan teksturnya yang lembut.

5. Panggang ampela dengan aneka rempah

5 Mengolah Ampela yang Tepat Agar Lembut dan Tidak Alot, Mudah!fi.pinterest.com

Apabila kamu tidak mau mengolah ampela dengan cara merebusnya, maka kamu dapat mengolahnya dengan memanggangnya. Cara ini dapat kamu padukan dengan aneka rempah. Aneka rempah yang digunakan juga tak jauh berbeda dari rempah yang digunakan pada saat proses perebusan. Teksturnya akan jauh lebih lunak dengan proses pemanggangan dan rempah pun juga lebih meresap.

Nah, tentunya tips-tips di atas dapat kamu jadikan cara untuk menghilangkan aroma amis dan juga membantu melunakan tekstur dari ampela.

Baca Juga: Resep Sambal Goreng Ati Ampela ala Yummy App, Rasanya Nendang Abis!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya