Comscore Tracker

5 Perbedaan Cake dan Pastry, Olahan Manis yang Serupa Tak Sama

Kamu tim cake atau pastry, nih?

Jika kamu telah banyak mengenal berbagai makanan yang gurih, tentu tak akan lengkap bila melewatkan makanan manis sebagai salah satu pilihan utamanya.

Ada banyak makanan manis yang biasa dikonsumsi setelah makan besar, salah satunya adalah cake dan pastry. Keduanya seringkali dianggap serupa, padahal sudah jelas saling berbeda satu sama lain, lho.

Untuk kamu yang penasaran apa saja perbedaan dari jenis cake dan pastry, berikut lima daftarnya!

1. Bahan atau komposisi utama pembuatannya

5 Perbedaan Cake dan Pastry, Olahan Manis yang Serupa Tak Samathespruceeats.com

Salah satu ciri utama yang dapat dibedakan antara cake dan pastry adalah mengenai komponen bahan yang digunakan.

 Cake memiliki komposisi yang lebih kompleks dengan bahan yang beragam, seperti tepung terigu, telur, mentega, susu, garam, dan lain sebagainya. Sebaliknya, pastry memiliki bahan yang lebih irit sekaligus sederhana dengan hanya menggunakan air, mentega, dan tepung terigu saja.

2. Dekorasi penampilan pada kedua makanan

5 Perbedaan Cake dan Pastry, Olahan Manis yang Serupa Tak Samasimshomekitchen.com

Bila dibandingan penampilan antara cake dan pastry, maka kamu akan menemukan perbedaan yang jauh lebih mencolok dan mudah dibedakan.

Cake sudah tentu memiliki hiasan dengan dekorasi penampilan yang lebih mencolok dengan tambahan warna-warna cantik atau pun bahan pelengkap lain. Sementara itu, pastry cenderung memiliki warna kecokelatan dengan dekorasi penampilan yang jauh lebih minimalis.

Baca Juga: 6 Jenis Pastry yang Umum Dikonsumsi, Mana Favoritmu?

3. Waktu mengonsumsinya

5 Perbedaan Cake dan Pastry, Olahan Manis yang Serupa Tak Samathefreshmarket.com

Antara cake dan pastry memiliki perbedaan yang cukup terlihat dari waktu pengonsumsiannya. Bila dibandingkan antara keduanya, cake lebih umum dimakan pada saat acara-acara besar seperti perayaan. Sebaliknya, pastry tampak lebih fleksibel dengan kebebasan dalam mengonsumsinya, seperti untuk menu sarapan atau hanya sebatas camilan biasa.

4. Bentuk dari cake dan pastry

5 Perbedaan Cake dan Pastry, Olahan Manis yang Serupa Tak Samakingarthurflour.com

Salah satu yang kamulihat dan amati saat pertama kali melihat makanan tentu saja bentuknya. Untuk bentuknya sendiri, tentu kedua makanan ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Cake cenderung memiliki bentuk yang sangat beragam. Sebaliknya, meski pastry memiliki bentuk yang unik-unik, namun tidak sebegitu mencolok dari pada cake.

5. Cita rasa antara keduanya

5 Perbedaan Cake dan Pastry, Olahan Manis yang Serupa Tak Samadelish.com

Tentunya bila dibandingkan dengan cita rasa dari cake, pastry tentu memiliki perbedaan rasa yang jauh berbeda. Pada umumnya cake memiliki cita rasa yang manis, sementara itu pastry akan lebih renyah dan gurih dengan tambahan rasa manis pada bahan pelengkap. Perbedaan dari kedua rasa ini akan memberikan kesan yang berbeda antara keduanya.

Nah, beberapa perbedaan antara cake dan pastry di atas dapat menjadi informasi menarik untukmu agar semakin mengenal jenis makanan tersebut. Kamu lebih suka yang mana?

Baca Juga: 13 Bakery dan Pastry Paling Terkenal di Indonesia, Mana Kesukaanmu?

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya