Comscore Tracker

5 Tips Membuat Takoyaki di Rumah, Camilan Bola-bola Lezat dari Jepang

Tertantang untuk membuatnya sendiri di rumah, gak?

Takoyaki merupakan olahan atau camilan khas Jepang yang berbentuk bola-bola dan biasanya ditambahkan dengan varian isian di dalamnya. Olahan takoyaki cukup populer tak hanya di Jepang, namun juga di berbagai negara lain termasuk Indonesia.

Alih-alih membeli, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Kira-kira bagaimana caranya? Yuk, cari tahu.

1. Campurkan telur dengan semua bahan-bahan

5 Tips Membuat Takoyaki di Rumah, Camilan Bola-bola Lezat dari Jepanglivejapan.com

Sebelum memulai proses pembuatan takoyaki, kamu tentunya juga perlu mempersiapkan bahan-bahannya seperti telur, tepung terigu, baking powder, kaldu ayam, garam, air, kubis, daun bawang, cumi, garam, saus takoyaki, dan mayones.

Selanjutnya, kocok telur bersama dengan aneka bahan-bahan di dalamnya. Biarkan hingga semua tercampur secara merata.

2. Panaskan loyang cetakan khusus

5 Tips Membuat Takoyaki di Rumah, Camilan Bola-bola Lezat dari Jepangsbs.com.au

Takoyaki juga membutuhkan loyang khusus untuk proses penggorengannya. Loyang tersebut nantinya harus dipanaskan terlebih dahulu. Namun, sebelum itu kamu juga perlu mengisi loyang dengan minyak dengan takaran sekitar sepertiga dari lubang cetakan.

3. Cara penuangan adonan

5 Tips Membuat Takoyaki di Rumah, Camilan Bola-bola Lezat dari Jepangbobbyjayonfood.com

Untuk cara penuangannya sedikit berbeda, sebab kamu memerlukan tiga langkah utama. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengisi lubang cetakan sekitar setengahnya, lalu isilah dengan aneka bahan seperti cumi atau telur. Setelah itu, isi kembali dengan adonan hingga penuh maksimal.

Baca Juga: Ini Jamnya Ngemil, Bikin Resep Takoyaki Indomie yuk!

4. Masak hingga mengembang

5 Tips Membuat Takoyaki di Rumah, Camilan Bola-bola Lezat dari Jepangiamafoodblog.com

Cara utama dalam proses penggorengan takoyaki dapat dilakukan dengan cara menggorengnya hingga bagian bawah matang sempurna. Cara lainnya dapat kamu perhatikan dari bentuk takoyaki yang cenderung mengembang. Dengan begitu, maka takoyaki bisa disebut telah matang dan siap dibalik.

5. Sajikan setelah matang dengan aneka pelengkap

5 Tips Membuat Takoyaki di Rumah, Camilan Bola-bola Lezat dari Jepangiamafoodblog.com

Apabila takoyaki dirasa telah matang sempurna, maka langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan menyajikannya. Sajikan takoyaki dengan tambahan beberapa bahan pelengkap dan saus. Dengan begitu, maka takoyaki akan lengkap dan siap disantap.

Nah, ternyata tidak sulit dalam membuat takoyaki sendiri di rumah selama caranya tepat. Yuk, coba kreasikan sendiri, lezat kok!

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Seputar Takoyaki, Jajanan Mungil dan Lezat Khas Jepang

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya