Comscore Tracker

5 Tips Memilih Cincau untuk Menu Berbuka Puasa

Kegemaran semua orang nih

Kamu tentu sudah sangat familiar dengan bahan makanan yang unik dengan warna hitam atau hijau ini. Cincau merupakan sejenis agar-agar yang terbuat dari rendaman daun cincau. 

Konsistensi yang lembut dan kenyal juga membuat cincau biasa diburu untuk pembuatan minuman segar khususnya saat bulan Ramadan ini. Namun, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara memilih cincau dengan kualitas baik yang aman dan sehat untuk dikonsumsi?

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara memilih cincau yang aman dikonsumsi, simak yuk tips memilih cincau dibawah ini:

1. Perhatikan aromanya

5 Tips Memilih Cincau untuk Menu Berbuka Puasaonthegas.org

Cincau yang sehat tentu saja memiliki aroma khas cincau yang wangi. Hindari membeli cincau yang memiliki aroma asam, tengik, beraroma zat kimia, atau bahkan tidak memiliki aroma.

Pastikan bahwa cincau yang telah kamu beli memiliki aroma yang khas agar tetap aman dari berbagai zat kimia berbahaya dan sehat untuk dikonsumsi, apalagi untuk hidangan berbuka puasa.

2. Amati warnanya

5 Tips Memilih Cincau untuk Menu Berbuka Puasawikipedia.org

Warna dari cincau juga dapat menjadi indikasi kesegaran di dalamnya. Cincau memang memiliki warna yang beragam seperti hijau terang, hijau pekat, hingga berwarna hitam.

Namun, pastikan bahwa meski berwarna tetapi cincau memiliki karakteristik tembus pandang sehingga warnanya pun tidak terlalu pekat gelap. Dikhawatirkan ada zat pewarna buatan yang membuat warnanya menjadi lebih gelap dan pekat.

Baca Juga: 6 Resep Minuman Berbahan Cincau Ini Siap Segarkan Acara Berbuka Puasamu

3. Cek konsistensi teksturnya

5 Tips Memilih Cincau untuk Menu Berbuka Puasastaff.unila.ac.id

Cincau yang sehat memang memiliki tekstur yang kenyal namun lembut sehingga saat ditekan, pun akan cenderung mudah hancur dan rapuh. Berbeda dengan cincau yang telah dicampur zat-zat kimia seperti formalin, teksturnya cenderung sangat kenyal dan sulit hancur meski ditekan dengan tangan.

4. Belilah cincau dalam kemasan

5 Tips Memilih Cincau untuk Menu Berbuka Puasanyonyacooking.com

Saat membeli cincau, pastikan kamu membeli cincau yang memiliki kemasan rapi dan tertutup rapat. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan cincau.

5. Memiliki permukaan yang mulus

5 Tips Memilih Cincau untuk Menu Berbuka Puasashutterstock.com/M.Somchai

Tips memilih cincau lainnya adalah dengan memperhatikan permukaan dari cincau tersebut. Pastikan bahwa cincau memiliki permukaan yang mulus dari berbagai gelembung ataupun hal-hal lainnya.

Apabila kamu menemukan cincau dengan gelembung pada permukaannya, maka bisa jadi proses pemasakan dari cincau tersebut belum cukup lama dan dapat mempengaruhi kualitas di dalamnya.

Nah, 5 tips memilih cincau di atas dapat menjadi informasi bagi kamu yang ingin membeli cincau khususnya untuk berbuka puasa nanti agar terhindar dari pedagang nakal. 

Baca Juga: VIDEO: Resep Es Tape Cincau a la IDN TV Yummy

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya