Comscore Tracker

5 Tips Memilih Ikan Salmon Segar yang Aman untuk Keluarga

Gak ada salahnya mengecek dulu sebelum membelinya lho

Salmon merupakan salah satu spesies ikan yang cukup populer di masyarakat. Spesies jenis ini bermigrasi untuk berkembang biak. Proses migrasi ini dimulai ketika salmon lahir di perairan air tawar, kemudian bermigrasi ke laut, dan kembali lagi ke air tawar untuk bereproduksi.

Ikan jenis ini merupakan salah satu yang sering dimanfaatkan sebagai komersil untuk dikonsumsi oleh orang banyak karena dipercaya memiliki manfaat dan khasiat yang sehat. Dibalik manfaatnya, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara memilih salmon yang segar?

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara memilih salmon yang segar dan sesuai agar aman untuk dikonsumsi oleh keluarga, simak yuk apa saja!

1. Tentukan pilihanmu antara salmon liar dan salmon ternak

5 Tips Memilih Ikan Salmon Segar yang Aman untuk Keluargatonysmarket.com

Jika kita mencoba untuk mencari ikan salmon yang segar, kita akan menemukan dua jenis berbeda yang ditawarkan oleh pedagang. Jenis ini antara lain salmon liar dan salmon ternak. Cara membedakan keduanya adalah dengan cara melihat warna pada dagingnya. Salmon liar cenderung memiliki daging berwarna lebih oranye, sementara salmon ternak lebih pucat warnanya. Namun, untuk urusan harga tentu saja salmon liar lebih mahal.

2. Pastikan mata ikan salmon masih bening

5 Tips Memilih Ikan Salmon Segar yang Aman untuk Keluargalokifish.com

Apabila kamu memutuskan untuk membeli ikan salmon utuh, maka kamu dapat mengecek kesegarannya melalui mata dari ikan salmon. Pastikan bahwa mata tersebut masih bening dan bersih, tidak ada perubahan warna yang mencolok karena itu menentukan kualitas dan kesegaran yang terdapat di dalamnya.

Baca Juga: 7 Olahan Menu Sahur dari Salmon, Bikin Kuat Tahan Lapar Seharian!

3. Beraroma asin khas laut

5 Tips Memilih Ikan Salmon Segar yang Aman untuk Keluargastraitstimes.com

Mungkin kamu dapat mengecek aroma dari ikan salmon terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya. Hindari ikan salmon beraroma anyir apalagi busuk karena sudah tentu kualitasnya buruk. Pilihlah ikan salmon dengan aroma asin yang relatif mirip seperti laut karena itu dapat menjadi indikasi kesegarannya.

4. Teksturnya kenyal dan lembut

5 Tips Memilih Ikan Salmon Segar yang Aman untuk Keluargafoodnetwork.com

Untuk cara selanjutnya dalam mengecek kesegaran ikan salmon dapat dilakukan dengan cara melihat kepada tekstur yang dihasilkan. Ikan salmon dengan kualitas segar cenderung memiliki tekstur yang kenyal dan mudah kembali ke posisi awal setelah ditekan. Namun, hal terpenting adalah meski teksturnya kenyal tetap lembut saat dipegang dan tidak lembek.

5. Hindari permukaan daging berlendir

5 Tips Memilih Ikan Salmon Segar yang Aman untuk Keluargachicagotribune.com

Hal lainnya yang sama pentingnya untuk di cek adalah pada bagian permukaan dari daging ikan salmon. Kita mungkin dapat melihat atau mengecek apakah ada lendir atau tidak yang terdapat pada permukaannya. Jika kita menemukan terdapat lendir, maka hindari membeli ikan salmon tersebut karena menjadi indikasi bahwa kesegarannya menurun.

Nah, lima tips memilih ikan salmon di atas dapat menjadi informasi bagi kamu yang ingin membeli ikan salmon agar tidak salah dan tetap mampu memilih ikan yang segar bagi keluarga. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Bergizi Tinggi, Inilah 7 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan 

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Penulis biasa yang butuh banyak inspirasi. Mari berteman dan terhubung melalui @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You