Comscore Tracker

Resep Singkong Goreng, Merekah Sempurna Seperti di Penjual Gorengan!

Garing di luar, lembut di dalam

Singkong merupakan sumber karbohidrat yang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Salah satu yang paling populer adalah singkong goreng yang identik dengan bentuknya yang merekah dan sering kita temui di penjual gorengan. Rasanya gurih, teksturnya garing di luar dan, lembut di dalam. 

Sejatinya gorengan memang sulit untuk ditolak, padahal kurang baik untuk kesehatan jika disantap terlalu sering. Apalagi jika dibeli dari luar yang rentan terkena debu jalanan. Daripada jajan gorengan di luar, lebih baik bikin sendiri di rumah yang tentu lebih higienis. Berikut resep singkong goreng yang gurih dan merekah sempurna. Dijamin, nggak akan kalah nikmatnya dengan penjual gorengan di luar sana.

1. Siapkan terlebih dahulu bahan dan bumbunya

Resep Singkong Goreng, Merekah Sempurna Seperti di Penjual Gorengan!Singkong mentah (Instagram.com/soulofjakarta)

  • 2 buah singkong seukuran lengan
  • 1 sendok makan bawang putih halus
  • 1/2 sendok makan ketumbar bubuk
  • 2 sendok teh garam atau secukupnya sesuai selera
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng singkong
  • Air es dan es batu secukupnya 

2. Siapkan kukusan dan bersihkan singkong

Resep Singkong Goreng, Merekah Sempurna Seperti di Penjual Gorengan!Singkong yang sudah dikupas (Instagram.com/patriscairby22)

Langkah pertama untuk menghemat waktu memasak, panaskan kukusan. Sementara itu kupas kulit singkong sampai bersih. Potong-potong pendek singkong sekitar satu telunjuk. 

Optional, apabila singkong terlalu besar, boleh dibelah menjadi dua bagian. Cuci bersih singkong dengan air bersih. Singkong yang sudah bersih, siap untuk dikukus. 

Baca Juga: Resep Bola-bola Singkong Merah Putih, Camilan Unik untuk Anak-anak 

3. Kukus singkong sampai setengah matang

Resep Singkong Goreng, Merekah Sempurna Seperti di Penjual Gorengan!Mengukus singkong (Instagram.com/blackapron.saladmaster)

Apabila kukusan sudah panas, masukkan singkong. Kukus sampai singkong setengah matang saja. Sambil mengukus singkong, gunakan waktu untuk membuat air bumbu rendamannya. 

Sediakan baskom, masukkan bawang putih halus, ketumbar bubuk dan garam. Tambahkan air es dan aduk sampai bumbu larut dalam air. Selanjutnya tambahkan bongkahan es batu secukupnya.

4. Rendam singkong yang sudah dikukus dalam air es bercampur bumbu

Resep Singkong Goreng, Merekah Sempurna Seperti di Penjual Gorengan!Merendam singkong (Instagram.com/aisyazianaflah)

Selanjutnya, apabila singkong sudah setengah matang, keluarkan singkong dari kukusan. Langsung cemplungkan singkong panas ke dalam air es bercampur bumbu. Pastikan semua  singkong terendam dengan air es agar bisa merekah sempurna.

Rendam singkong sekitar satu jam lebih atau sampai bentuk singkong sudah merekah. Bisa juga jika ingin dimasak nanti, simpan terlebih dahulu dalam kulkas. Apabila singkong sudah merekah, tiriskan airnya dan siap untuk digoreng. 

5. Goreng singkong sampai matang

Resep Singkong Goreng, Merekah Sempurna Seperti di Penjual Gorengan!Menggoreng singkong (Instagram.com/idarosdiana_01)

Langkah terakhir, panaskan minyak agak banyak. Pastikan minyak cukup untuk merendam singkong. Tunggu minyak hingga panas. Ambil singkong yang sudah ditiriskan tadi, dan cemplungkan ke dalam minyak panas. 

Goreng singkong sampai permukaannya garing dan berwarna kecoklatan. Apabila singkong dirasa sudah pas tingkat kematangannya, angkat singkong dan tiriskan minyaknya. Singkong goreng yang gurih dan merekah sudah siap untuk dinikmati. 

Gorengan memang sulit untuk ditolak, apalagi singkong goreng yang merekah sempurna seperti di penjual gorengan ini. Namun tetap ingat, tidak boleh menyantap berlebihan, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Singkong Tumis Belacan ala Eddy Siswanto, Enaknya Kebangetan 

Yeliza Umami Photo Verified Writer Yeliza Umami

Suka menulis, memasak & melukis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya