Comscore Tracker

Tidak Susah! 9 Tip Sederhana Menjaga Kuku supaya Tetap Sehat dan Indah

Ternyata mencuci tangan membawa dampak besar

Salah satu bagian tubuh yang cukup diperhatikan untuk tolak ukur kecantikan tidak lain dan tidak bukan adalah kuku. Daya tarik seseorang terhadap yang lain bisa datang hanya dengan melihat bagian tersebut. Itu dibuktikan dengan adanya fetish terhadap kaki dan jari.

Tentu saja kuku akan tampak sangat jelek dan tidak menarik jika tidak dirawat atau kamu sedang menderita sebuah penyakit. Menurut jurnal dari International Journal of Medical and Health Research, kuku yang sehat adalah kuku yang keras namun fleksibel, permukaannya putih, halus dan berkilau, serta tidak ada patahan. Ada beberapa tip yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kuku tersebut. Berikut beberapa di antaranya.

1. Menjaga kebersihan tangan

Tidak Susah! 9 Tip Sederhana Menjaga Kuku supaya Tetap Sehat dan Indahelemental.medium.com

Cara termudah dan paling sederhana. Cukup mencuci tanganmu dengan bersih sudah sangat cukup menjaga kesehatan jarimu. Dr. Ava Shamban, penulis buku Heal Your Skin, merekomendasikan untuk memberikan sabun ke sikat gigi dan lewat itu menyikat tangan serta kukumu.

2. Potong kuku secara berkala

Tidak Susah! 9 Tip Sederhana Menjaga Kuku supaya Tetap Sehat dan Indahlifesavvy.com

Sangat direkomendasikan untuk memotong kuku setiap dua minggu sekali. Perlakukan kukumu sama seperti rambutmu.

3. Prioritaskan kesehatan kuku ketimbang kuku panjang

Tidak Susah! 9 Tip Sederhana Menjaga Kuku supaya Tetap Sehat dan Indahspeakymagazine.com

Beberapa orang memilih untuk memiliki kuku yang panjang. Namun berhati-hatilah. Jika kamu sering berurusan dengan benda berat atau sesuatu yang mudah pecah, disarankan untuk memiliki kuku yang pendek saja. Goodhousekeeping.com menuliskan kuku pendek dengan pucuk yang melingkar akan tampak lebih baik dan juga bisa membuatmu fokus mengeluarkan tenaga tanpa perlu paranoid.

4. Rawat alat-alat kukumu

Tidak Susah! 9 Tip Sederhana Menjaga Kuku supaya Tetap Sehat dan Indahgentlemansgazette.com

Kamu bisa terinfeksi jika peralatan kukumu kotor dan mengandung banyak bakteri. Dr. Janet Prystowsky yang diwawancara goodhousekeeping.com menyarankan untuk membersihkannya setidaknya beberapa kali menggunakan sabun dan alkohol.

Baca Juga: 7 Gejala Pada Kuku Ini Tanda Peringatan Dini Kesehatanmu

5. Biarkan kutikulamu

Tidak Susah! 9 Tip Sederhana Menjaga Kuku supaya Tetap Sehat dan Indahnailsjournal.com

Kutikula adalah lapisan kuku yang berada tepat di pangkal kuku. Kehadirannya berguna untuk melindungimu dari infeksi bakteri. Jadi, kalau kamu memotong atau menghilangkannya, besar kemungkinan kukumu bakal terinfeksi.

6. Gunakan pelapis dasar dan atas

Tidak Susah! 9 Tip Sederhana Menjaga Kuku supaya Tetap Sehat dan Indahnailsjournal.com

Bagi mereka yang mewarnai kukunya, jangan lupa untuk selalu memberikan terlebih dahulu pelapis dasar sebelum diwarna. Menggunakan pelapis ini tak hanya melindungi, tetapi juga mempercerah warna kuku. Agar tidak mengelupas, gunakan pula pelapis atas.

7. Istirahatkan kukumu

Tidak Susah! 9 Tip Sederhana Menjaga Kuku supaya Tetap Sehat dan Indahacleanbee.com

Ada kalanya membiarkan kukumu tampak alami tanpa diwarna atau mendapatkan perawatan lebih merupakan perawatan kesehatan terbaik yang bisa kamu upayakan. Malahan dipercaya menggunakan pembersih warna kuku akan melemahkan kukumu.

8. Lembapkan tangan dan kuku secara reguler

Tidak Susah! 9 Tip Sederhana Menjaga Kuku supaya Tetap Sehat dan Indahgoodhousekeeping.com

Ibaratnya sama seperti wajah, menghidrasi tangan dan kukumu akan menjaga kelembapannya sehingga tidak mudah kering dan pecah.

9. Konsumsi banyak makanan berprotein

Tidak Susah! 9 Tip Sederhana Menjaga Kuku supaya Tetap Sehat dan Indahblog.nasm.org

Kukumu dibentuk oleh komponen protein bernama keratin. Dengan memperhatikan makanan yang mengandung hal ini, kamu bisa lebih menjaga kukumu. Meminum vitamin dan suplemen juga direkomendasikan.

Tidak Susah! 9 Tip Sederhana Menjaga Kuku supaya Tetap Sehat dan Indahgiphy.com

Bisa dilihat sendiri bagaimana merawat kesehatan kuku sebenarnya tidak susah-susah amat bukan? Yang terpenting adalah jangan lupa rutin membersihkan tangan. Dari kegiatan ini saja sudah lebih dari cukup untuk membuat jari tetap sehat dan indah. So, stay healthy!

Baca Juga: Gak Kunjung Sembuh? Ini 9 Cara Mencegah dan Mengobati Kuku Cantengan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya