Comscore Tracker

10 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Dijadikan Bahan Masakan

Sudah cantik, wangi, eh bermanfaat lagi...

Sudah masuk musim penghujan. Akan ada banyak genangan air di jalanan yang kamu lewati dan umumnya itu menjadi sarang nyamuk. Berhati-hatilah karena gigitan serangga tersebut sering membawa penyakit.

Di dalam penjelasan jurnal berjudul “Beat the Bite” setidaknya ada lima tahapan reaksi dari gigitan nyamuk: tidak ada reaksi, reaksi yang telat jika ada gigitan selanjutnya, reaksi gigitan perlahan muncul, hanya reaksi yang tertunda, dan terakhir tidak adanya reaksi karena sudah tidak sensitif.

Setidaknya ada lima penyakit yang umum diberikan lewat gigitan nyamuk berdasarkan medlineplus.gov. Itu adalah chikungunya, demam berdarah, malaria, demam west nile dan penyakit zika.

Mudahnya untuk menghindari penyakit ini adalah dengan cara tidak tergigit oleh nyamuk dan itu bisa dilakukan dengan cara menyimpan bunga-bunga rekomendasi proflowers.com. Bunga yang terdapat dalam daftar ini memiliki kemampuan untuk mengusir nyamuk sehingga nyamuk tidak akan mendekati ruang sekitarnya.

Berikut ini beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa mempercantik rumahmu, selain itu juga bisa sebagai bahan masakan lho! Penasaran? Baca selengkapnya di bawah ya!

1. Catnip

10 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Dijadikan Bahan Masakansouthernexposure.com

Tumbuhan ini memang disukai kucing peliharaanmu, tapi di sisi lain catnip juga mampu mengusir nyamuk. Ada sebuah studi di 2010 yang menyebutkan jika catnip lebih efektif 10 kali lipat daripada obat pengusir nyamuk.

2. Kemangi

10 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Dijadikan Bahan Masakanasia.clickandgrow.com

Kamu bisa mendapatkan masakan yang enak plus rumah yang bersih dari nyamuk dengan menanam kemangi di pekarangan rumah. Perawatannya cukup mudah sehingga kamu tak perlu khawatir akan banyak hal.

3. Lavender

10 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Dijadikan Bahan Masakangoodhousekeeping.com

Warnanya yang ungu sangatlah cantik dan beruntungnya lagi lavender juga bisa mengusir nyamuk. Banyaknya varietas lavender membuatnya bisa ditanam di berbagai iklim. Kamu juga bisa menjadikan lavender sebagai bahan untuk teh hijau.

4. Pepermin

10 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Dijadikan Bahan Masakanau.lush.com

Pepermin sering dijadikan bahan untuk permen karena melegakan tenggorokan, tapi apakah kamu tahu jika nyamuk tidak menyukai tumbuhan ini? Fakta unik lainnya: jika digigit nyamuk, kamu bisa mengoleskan daun pepermin ke bagian yang digigit tersebut untuk mengurangi rasa gatalnya.

5. Bawang putih

10 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Dijadikan Bahan Masakanbritannica.com

Ini cukup aneh. Memakan bawang putih akan bisa sedikit menjauhi diri dari nyamuk, tapi memilikinya di halaman rumahmu bisa benar-benar menghalau mereka. Itu karena baunya tidak disukai oleh nyamuk.

Baca Juga: 9 Tanaman Ini Ampuh Bikin Suasana Rumah Kamu Segar dan Makin Adem!

6. Marigold

10 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Dijadikan Bahan Masakanturtletreeseed.org

Marigold bisa menjadi tanaman hias, bisa juga menjadi sayuran. Marigold memiliki wangi yang kuat serta ada kandungan pyrethrum, komponen yang dikatakan sebagai insektisida alami.

7. Rosemary

10 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Dijadikan Bahan Masakanfarmersalmanac.com

Menanam rosemary bisa membantumu tak hanya menjauhi nyamuk, tapi juga beberapa serangga lain. Untuk mendapatkan efek yang lebih kuat, kamu bisa membakarnya. Secara otomatis rosemary tersebut akan menjadi pewangi ruanganmu.

8. Pennyroyal

10 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Dijadikan Bahan Masakanherdade-valecovo.com

Nyamuk bisa pergi karena tanaman ini dan begitu pula dengan tikus. Pennyroyal masih satu famili dengan pepermin dan dipercaya sebagai tumbuhan alami penolak serangga dan hama. Khasiat lain dari tumbuhan ini adalah bisa menjadi obat untuk flu.

9. Lemon balm

10 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Dijadikan Bahan Masakanshop.aromatichealthcare.com

Lemon balm pada dasarnya digunakan untuk mengatasi stres yang berlebihan atau kondisi perut yang tidak beres. Tapi lebih jauh lemon balm bisa menjadi pengusir nyamuk. Perlu diingat saja pertumbuhan lemon balm cepat dan bisa merambat ke mana-mana jika kamu tidak konsisten merawatnya.

10. Serai

10 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Dijadikan Bahan Masakangreedygourmet.com

Kamu sering menjumpai tumbuhan ini digunakan sebagai bahan makanan. Lebih dari itu, serai memiliki kandungan citral yang biasa digunakan sebagai bahan pengusir nyamuk. Tapi perlu diingat sebaiknya untuk menjauhkan tanaman ini dari ibu hamil. Ada laporan jika serai bisa menyebabkan cacat lahir.

Tanaman-tanaman pengusir nyamuk ini tak hanya menjauhkanmu dari gigitan serangga tersebut tetapi juga bisa kamu jadikan makanan. itu berarti tanaman di daftar ini memiliki banyak manfaat.

Jika rumahmu memiliki halaman dan ada selokan yang cukup di depan rumah, segeralah menanam beberapa tumbuhan ini agar rumahmu tidak diserbu pengisap darah tersebut.

Baca Juga: 9 Penyakit yang Bisa Disebarkan Lewat Nyamuk, Proteksi Dirimu darinya!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya