Comscore Tracker

13 Timeline Proses Berhenti Merokok, Efeknya Sudah Terasa dalam 1 Jam

Umumnya akan terasa berat pada hari ketiga

Meski banyak kisah sukses, tetapi banyak juga yang sulit untuk melepaskan jerat rokok. Adalah nikotin yang membuat mereka sulit lepas atau kecanduan akan rokok. Namun, walau terkadang prosesnya sulit, berhenti merokok bukanlah hal mustahil.

Melansir Medical News Today, ada beberapa tahapan yang akan terjadi dalam tubuh ketika mulai berhenti merokok. Tak perlu menunggu berbulan-bulan atau bertahun-tahun, efek berhenti merokok ternyata sudah bisa terasa dalam hitungan jam. Agar kamu makin termotivasi, yuk, simak timeline proses berhenti merokok berikut perubahan dalam tubuh saat melakukan kebiasaan buruk tersebut.

1. 1 jam

13 Timeline Proses Berhenti Merokok, Efeknya Sudah Terasa dalam 1 Jammedicalnewstoday.com

Sekitar 20 menit setelah rokok terakhir, kemungkinan detak jantung akan menurun dan kembali normal. Pada saat yang bersamaan, tekanan darah juga menurun dan sirkulasinya meningkat.

2. 12 jam

13 Timeline Proses Berhenti Merokok, Efeknya Sudah Terasa dalam 1 Jammedicalnewstoday.com

Tubuhmu yang terkena polusi asap rokok perlahan-lahan mulai membersihkan diri dan melepaskan karbon monoksida yang terdapat dalam tubuh. Kadar karbon monoksida dalam tubuh akan kembali normal dan meningkatkan kadar oksigen.

3. 1 hari

13 Timeline Proses Berhenti Merokok, Efeknya Sudah Terasa dalam 1 Jamrnz.co.nz

Pada titik ini, risiko serangan jantung mulai menurun. Ini dikarenakan imbas dari tekanan darah yang kembali normal dan meningkatnya kadar oksigen dalam tubuh. Pada saat ini juga kamu akan mulai merasakan aktivitas fisik dan olahraga menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

4. 2 hari

13 Timeline Proses Berhenti Merokok, Efeknya Sudah Terasa dalam 1 Jamelemental.medium.com

Besar kemungkinannya setelah dua hari tidak merokok, kamu akan merasakan indra penciuman serta indra perasamu semakin tajam. Dikatakan bahwa rokok menumpulkan indra tersebut karena mengganggu saraf.

5. 3 hari

13 Timeline Proses Berhenti Merokok, Efeknya Sudah Terasa dalam 1 Jamreadersdigest.ca

Kadar nikotin dalam tubuh sudah menurun drastis. Hati-hati, kondisi ini bisa cukup mengganggu karena akan menyebabkan kebingungan dan bisa muncul sakit kepala. Bila sampai tak kuat, seseorang bisa kembali merokok demi mengurangi sensasi tidak enak tersebut. 

6. 1 bulan

13 Timeline Proses Berhenti Merokok, Efeknya Sudah Terasa dalam 1 Jamwexnermedical.osu.edu

Pada saat inilah fungsi paru-paru mulai meningkat. Karena paru-paru mulai sehat, batuk para perokok perlahan berkurang dan mereda. Kehabisan napas tak lagi parah. Lalu, kemampuan atletik meningkat dan bisa merasakan peningkatan kardiovaskular ketika melakukan olahraga lari atau lompat.

Baca Juga: Berani Berhenti Merokok? Ini 6 Manfaat Kesehatan yang Kamu Rasakan

7. 3 bulan

13 Timeline Proses Berhenti Merokok, Efeknya Sudah Terasa dalam 1 Jammavcure.com

Sirkulasi oksigen yang dibawa darah terus meningkat, membuat kondisi tubuhmu menjadi semakin lebih baik.

8. 9 bulan

13 Timeline Proses Berhenti Merokok, Efeknya Sudah Terasa dalam 1 Jamsciencesource.com

Paru-paru mantan perokok sudah hampir sembuh sepenuhnya. Bulu di paru-paru yang bernama cilia sudah benar kembali. Ini membantu mantan perokok melawan infeksi yang sewaktu-waktu bisa datang.

9. 1 tahun

13 Timeline Proses Berhenti Merokok, Efeknya Sudah Terasa dalam 1 Jammedicalnewstoday.com

Risiko terkena penyakit jantung koroner sudah berkurang hingga setengahnya dan ini akan terus berkurang selama kamu tetap menjauhi rokok. 

10. 5 tahun

13 Timeline Proses Berhenti Merokok, Efeknya Sudah Terasa dalam 1 Jaminsider.com

Seperti yang terjadi sebelum-sebelumnya, jika sirkulasi darah sudah membaik, durasi 5 tahun berhenti merokok membuat pembuluh darah melebar. Kemungkinan terkena penyumbatan darah berkurang dan itu mengurangi risiko terkena stroke.

11. 10 tahun

13 Timeline Proses Berhenti Merokok, Efeknya Sudah Terasa dalam 1 Jampinterest.ca

Risiko mengalami kanker paru-paru sudah berkurang hingga separuh bila dibandingkan dengan orang-orang yang masih merokok. Serupa, risiko terjadinya kanker mulut, kanker tenggorokan, dan kanker pankreas juga menurun.

12. 15 tahun

13 Timeline Proses Berhenti Merokok, Efeknya Sudah Terasa dalam 1 Jamdiabetes.co.uk

Pada momen ini, risiko mendapatkan penyakit jantung koroner sudah sangat menurun hingga setara dengan orang-orang yang tidak merokok. Hal ini juga berlaku untuk penyakit lainnya.

13. 20 tahun

13 Timeline Proses Berhenti Merokok, Efeknya Sudah Terasa dalam 1 Jamey.com

Semua risiko kesehatan akibat rokok sudah hilang alias setara dengan mereka yang tak pernah merokok.

Itulah timeline proses berhenti merokok dan reaksinya pada tubuh. Yang pasti, efeknya sangat menguntungkan!

Merokok adalah kebiasaan yang berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Demi kesehatan yang lebih baik, yuk, perlahan berhenti merokok! Walau kadang terasa sulit, tetapi dengan tekad kuat dan dukungan dari orang-orang terdekat, kamu pasti bisa! Bila perlu, konsultasikan dengan dokter untuk membantumu menghadapi ketergantungan pada nikotin.

Baca Juga: Cara Jitu Berhenti Merokok saat Pandemik COVID-19, Demi Tubuh Sehat!

Topic:

  • Abraham Herdyanto
  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya