Comscore Tracker

5 Manfaat Buah Murbei, Baik bagi Penderita Hipertensi dan Anemia

Kecil-kecil kaya manfaat!

Murbei atau yang punya nama beken mulberry termasuk keluarga buah beri yang punya banyak variasi warna menarik. Ukuran buah murbei terbilang cukup mini, sekitar 3-5 cm. Selain dikonsumsi secara langsung, buah murbei umumnya diolah menjadi selai.

Sekalipun bisa ditemukan di sini, sayangnya mulberry  tidak sepopuler buah beri lainnya. Padahal murbei ini punya banyak manfaat lho buat kesehatan. Apalagi buat para penderita hipertensi dan anemia, wajib banget mengonsumsinya nih!

1. Membuat peredaran darah jadi sehat

5 Manfaat Buah Murbei, Baik bagi Penderita Hipertensi dan Anemiatreeandgardengiftcompany.co.uk

Murbei diketahui mampu menurunkan darah tinggi, membersihkan darah, dan memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Di China, murbei merupakan bahan alami yang sudah populer untuk dijadikan obat darah tinggi. 

2. Baik bagi penderita anemia

5 Manfaat Buah Murbei, Baik bagi Penderita Hipertensi dan Anemiawikimedia.org

Produksi sel darah merah dapat meningkat sebab tingginya kandungan zat besi dalam murbei. Kondisi ini tentunya sangat menguntungkan bagi mereka yang punya anemia.

Selain produksi sel darah merah, murbei juga berfungsi sebagai obat penghilang pusing dan rasa lemas yang umumnya jadi keluhan dari penyakit kekurangan darah tersebut.

Baca Juga: 5 Fakta Gugija, Teh Goji Beri Khas Korea Rahasia Awet Muda

3. Mempertajam daya penglihatan

5 Manfaat Buah Murbei, Baik bagi Penderita Hipertensi dan Anemiatimesofindia.com

Zeaxanthin adalah zat penting dalam murbei yang bisa mengurangi stres okisidatif pada sel-sel mata. Murbei memiliki pula kesamaan dengan wortel yang mengandung karotenoid yang bisa mencegah terjadinya katarak dan degenerasi makula.

4. Vitamin alami untuk mencegah flu dan pilek

5 Manfaat Buah Murbei, Baik bagi Penderita Hipertensi dan Anemiaterrasol.com

Mengalami penyakit musiman seperti flu dan pilek merupakan hal yang menyebalkan. Penyakit ringan ini bisa memberikan dampak yang terasa menganggu, seperti pusing, hidung tersumbat dan bersin-bersin.

Namun kamu sekarang bisa mengatasi flu atau pilek dengan murbei sebagai obat ajaibnya nih. Murbei adalah obat alami untuk flu dan pilek, terlebih jenis murbei putih yang punya kandungan  Vitamin C dan flavonoid lebih tinggi. Kedua kandungan penting tersebut adalah kunci dari pencegahan flu dan pilek.

5. Membangun jaringan tulang yang kuat

5 Manfaat Buah Murbei, Baik bagi Penderita Hipertensi dan Anemiatelegraph.co.uk

Vitamin K, kalsium, dan zat besi merupakan perpaduan sempurna bagi tulang. Ketiganya terkandung dalam buah murbei yang punya manfaat lain bagi jaringan tulang. Nutrisi tadi membuat kita terhindar dari masalah sendi atau penyakit tulang osteoporosis. 

Mencoba berbagai buah yang baru membuat kita semakin paham tentang banyaknya keberagaman alam yang berlimpah. Jika kamu ingin mengambil tindakan yang serius, ide membuat berbagai olahan buah murbei juga bisa berpeluang mendapat keuntungan besar lho.

Baca Juga: 5 Resep Olahan dari Buah Sirsak, Rasanya Bikin Siapapun Terpikat

Alee Shaby Photo Community Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You