TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Berolahraga saat Perut Kosong, Tertarik Mencoba?

Cocok untuk olahraga dengan intensitas sedang

freepik.com/javi_indy

Rajin berolahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Tiap orang pastinya berusaha untuk berolahraga sebaik mungkin untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Akan tetapi, ada satu hal yang membuat banyak orang sering bingung perihal mana yang lebih baik, olahraga dengan perut kosong atau terisi?

Sebenarnya, baik olahraga dengan perut kosong atau terisi sama-sama memiliki manfaat bagi tubuh. Jika kamu memilih untuk berolahraga dengan perut kosong, berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan.

1. Meningkatkan pembakaran lemak

freepik.com/shurkin_son

Olahraga dengan perut kosong memiliki efek baik pada pembakaran lemak. Pada keadaan tersebut, tubuh menggunakan lebih banyak lemak sebagai energi karena simpanan karbohidrat rendah. Hasilnya adalah pembakaran lemak yang lebih tinggi atau oksidasi.

Dalam sebuah studi kecil dalam jurnal EBioMedicine yang dilakukan terhadap 10 partisipan laki-laki, didapatkan hasil bahwa olahraga meningkatkan oksidasi lemak selama 24 jam ketika latihan dilakukan sebelum sarapan.

Ilmuwan yang sama mendapatkan hasil serupa dalam studi kecil yang dilaporkan dalam jurnal PLoS One, dengan sembilan peserta perempuan. Menurut peneliti, hal ini disebabkan karena respons tubuh terhadap kadar karbohidrat yang rendah. Kekurangan karbohidrat merangsang gen yang mengontrol oksidasi lemak.

Baca Juga: Manfaat Memakai Baju Olahraga yang Tepat saat Workout, Bikin Semangat!

2. Mengontrol asupan energi

pexels.com/Andrea Piacquadio

Untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, olahraga dengan perut kosong dapat membantu mengontrol asupan energi. Dalam sebuah studi kecil yang dilaporkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism, didapatkan hasil bahwa 12 peserta laki-laki yang berlari dengan perut kosong menggunakan lebih sedikit energi selama 24 jam.

Sebuah studi kecil lainnya dalam jurnal The Journal of Nutrition yang dilakukan terhadap 12 peserta laki-laki menemukan bahwa olahraga saat perut kosong dapat menurunkan asupan energi selama 24 jam.

Para ilmuwan menghubungkan temuan tersebut dengan hati, yang juga menyimpan glikogen. Tubuh memanfaatkan simpanan glikogen hati ketika kadar glikogen darah dan otot habis. Menurut para peneliti, hal ini memengaruhi asupan energi melalui jaringan saraf hati-otak.

3. Meningkatkan ketahanan aerobik

unsplash.com/Coen van den Broek

Terdapat bukti bahwa latihan dengan perut kosong dapat meningkatkan ketahanan aerobik.

Dalam sebuah studi kecil dalam jurnal Original Paper, latihan dengan perut kosong dikaitkan dengan pengambilan oksigen maksimum selama aktivitas fisik yang intens yang lebih tinggi. Ini merupakan parameter kekuatan aerobik dan kebugaran secara keutuhan.

4. Pencernaan yang lebih baik selama berolahraga

pexels.com/Ketut Subiyanto

Saat berolahraga dalam waktu yang lama, beberapa orang mungkin akan mengalami masalah pencernaan, seperti kram perut, mual, muntah, dan diare. Masalah ini biasanya dialami oleh para atlet yang berlari jarak jauh atau berlatih dalam jangka waktu yang lama.

Dilansir dari laman Healthline, bagi individu yang rentan terhadap masalah pencernaan yang disebabkan oleh olahraga, lari dengan perut kosong mungkin merupakan pilihan yang ideal.

Baca Juga: Otot Gemetar setelah Olahraga? Ini 5 Kemungkinan Penyebabnya

Verified Writer

Eka Ami

https://mycollection.shop/allaboutshopee0101

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya