Comscore Tracker

5 Jenis Gerakan Dumbbell Mudah untuk Olahraga di Rumah

Tetap sehat dengan alat seadanya

Kalau kamu punya sepasang dumbbells di rumah, jangan dibiarkan begitu saja! Kamu justru bisa punya badan yang bagus dan bugar setiap hari hanya dengan memanfaatkan dumbells tersebut. Apalagi di masa pandemi seperti ini, hampir sebagian aktivitas kamu selalu dihabiskan dalam rumah saja, kan? 

Ada variasi gerakan dumbbells yang bisa kamu lakukan di rumah demi mendapatkan bentuk badan yang ideal. Simak list-list gerakan tersebut di bawah ini.

1. Dumbbell Floor Press

https://www.youtube.com/embed/lNdi7VEf2Ew

Kalau kamu tak punya bench untuk melatih dadamu, kamu tak perlu khawatir. Kamu masih bisa melakukan gerakan bench press seperti di gym dengan cukup terlentang di lantai saja dengan memegang sepasang dumbells

Dumbells floor press adalah latihan yang akan memberikan efek pada bagian bahu, tricep, dan dada kamu. Dumbells floor press merupakan versi termudah dari gerakan bench press. Gerakan ini dapat menjadi solusi yang pas apabila kamu tak ingin mengalami cedera pada bahu atau punggung kamu. 

2. Dumbbell Deadlift

https://www.youtube.com/embed/Ipi8_vz8_z0

Kamu pengen melakukan gerakan deadlift seperti di gym tapi nggak punya barbel? Jangan khawatir! Kamu masih bisa deadlift dengan sepasang dumbbell juga, lho!

Dumbbell deadlift mempunyai varias gerakan yang dapat kamu coba. Variasi gerakannya sangat beragam, mulai dari Romanian Deadlift, Sumo Deadlift, Conventional Deadlift, Suitcase Deadlift, dan lain-lain.

Deadlift termasuk dalam gerakan compound, yang artinya gerakan ini dapat melatih banyak bagian dalam tubuh kamu. Adapun contoh bagian tubuh tersebut adalah punggung, perut, bicep, bokong, forearm, dan lain-lain. 

Baca Juga: Berapa Berat Dumbel yang Sesuai Untukmu?

3. Dumbbell Row

https://www.youtube.com/embed/roCP6wCXPqo

Untuk melatih otot punggung, salah satu jenis gerakan yang populer adalah dumbbell row. Kamu hanya perlu sepasang dumbbells saja agar punya otot punggung yang keren. 

Umumnya, dumbbell row bisa dilakukan sambil berdiri atau bertumpu pada kursi. Dumbells row tidak hanya menguntungkan punggungmu saja, tapi juga berdampak positif terhadap daerah upper body kamu secara keseluruhan

4. Dumbbell Squat

https://www.youtube.com/embed/YpYG-pTeaeA

Squat adalah contoh gerakan praktis untuk melatih otot kaki kamu. Kamu bisa melakukan dengan dumbbell atau tidak sama sekali. 

Jika kamu menggunakan dumbbells, maka kamu akan mendapat bonus berupa beban berat yang dapat berfungsi untuk melatih lower body menjadi semakin efektif. Hal ini karena adanya efek berat yang dihasilkan oleh dumbbells kamu sehingga akan memaksa kamu untuk terus menjaga teknik squat dengan benar sepanjang waktu. 

5. Dumbbells Shoulder Press

https://www.youtube.com/embed/B-aVuyhvLHU

Dumbbell shoulder press adalah solusi praktis bagi kamu untuk mendapatkan otot bahu yang keren. Gerakan ini bisa kamu lakukan sambil berdiri atau duduk. 

Dumbbell shoulder press akan memaksa tanganmu untuk menjaga gerakanmu agar selalu stabil saat mengangkat dumbbells tersebut. Dumbbell shoulder press mempunyai beberapa jenis gerakan, seperti Overhead Press, Hammer Grip, dan Arnold Shoulder Press. Dumbell shoulder press tidak hanya melatih otot bahumu saja, melainkan juga melatih tangan dan area dadamu.  

Adanya gerakan-gerakan dapat kamu jadikan sebagai referensi pribadi kamu. Tak ada alasan lagi bagi kamu untuk tidak kreatif dalam melatih badanmu agar tetap sehat dan bugar di tengah kesibukan yang kamu jalani di rumah.

Baca Juga: Coba 5 Cara Mudah Turun Berat Badan meski Tanpa Olahraga Ini!

Andra Setiawan Weltofa Photo Writer Andra Setiawan Weltofa

Penulis artikel bermanfaat anti-boring! / Instagram: @andraweltofa / YouTube: Andra Sense

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya