Comscore Tracker

5 Sayuran Ini Dapat Kamu Jadikan Sebagai Sumber Kalsium

Jangan malas makan sayur ya!

Sayur-sayuran merupakan sumber serat pangan yang mudah ditemukan dalam bahan pangan dan hampir selalu terdapat pada hidangan sehari-hari. Sayuran merupakan sumber zat besi, vitamin B kompleks dan mineral yang baik bagi tubuh. Dengan mengonsumsi sayuran secara teratur, maka kebutuhan zat gizi dalam tubuhmu dapat terpenuhi.

Salah satu zat gizi yang penting bagi tubuh adalah kalsium. Zat gizi ini dapat digunakan tubuh untuk proses pertumbuhan tulang, gigi maupun fungsi fisiologis lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuhmu, kamu perlu untuk mengonsumsi beberapa sayuran yang kaya akan kalsium. Nah, berikut 5 sayuran yang dapat kamu jadikan sebagai sumber kalsium.

1. Kacang tanah

5 Sayuran Ini Dapat Kamu Jadikan Sebagai Sumber Kalsiumpixabay.com/Nennieinszweidrei

Kacang tanah adalah tanaman polong-polongan yang banyak ditemui di Indonesia. Kacang tanah ini biasanya diolah menjadi berbagai bahan makanan yang menggugah selera. Tak banyak yang tahu, ternyata kacang tanah merupakan salah satu sayuran yang mengandung kalsium tinggi. Dalam 100 gram kacang terdapat 316 mg kalsium lho!

2. Sayur bayam

5 Sayuran Ini Dapat Kamu Jadikan Sebagai Sumber Kalsiumpixabay.com/ponce_photography

Sayur bayam atau makanan penguat tokoh kartun Popeye ini jarang disukai karena memiliki rasanya yang tawar. Meskipun demikian, bayam perlu dikonsumsi secara teratur karena mengandung kalsium yang tinggi. Dalam 100 gram bayam, diketahui terdapat 267 mg kalsium. Jadi mulai sekarang, perbanyaklah mengonsumsi bayam, ya!

Baca Juga: 7 Menu Vegetarian dari Aneka Sayuran yang Gak Biasa

3. Sayur sawi

5 Sayuran Ini Dapat Kamu Jadikan Sebagai Sumber Kalsiumpixabay.com/Nayuta

Sawi merupakan salah satu sayuran yang banyak ditemui. Sayuran ini memiliki kalsium yang juga tinggi yaitu 220 mg dalam 100 gram sayur. Hal inilah yang membuat sawi menjadi salah satu sayuran yang cukup populer karena tak hanya memiliki rasanya yang nikmat namun juga kaya akan kalsium.

4. Selada air

5 Sayuran Ini Dapat Kamu Jadikan Sebagai Sumber Kalsiumpixabay.com/maxmann

Selada air merupakan salah satu sayuran yang sangat kaya akan sulfur, nitrogen, dan yodium. Tak hanya itu, selada air juga dapat kamu jadikan sebagai sumber kalsium bagi tubuhmu. Hal ini dikarenakan selada air kaya akan kalsium yaitu sekitar 182 mg dalan 100 gram sayur.

5. Daun singkong

5 Sayuran Ini Dapat Kamu Jadikan Sebagai Sumber Kalsiumpixabay.com/mayapujiati

Daun singkong adalah sayuran yang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Salah satunya adalah adanya kandungan kalsium yang cukup tinggi. Diketahui dalam 100 gram daun singkong terdapat 165 mg kalsium. Kandungan kalsium tersebut memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan.

Nah, itulah 5 sayuran kaya kalsium yang dapat kamu jadikan sebagai sumber kalsium bagi tubuhmu. Mulai sekarang, rajinlah mengonsumsi sayuran ya!

Baca Juga: 5 Khasiat Sayuran Kailan, Si Hijau Jagoan Tumisan

Bife SoE Photo Verified Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya