Comscore Tracker

Kenali 5 Jenis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah yang Berbahaya Ini

Selalu waspada dan cegah sejak dini ya!

Pada tanggal 29 November 2017, masyarakat dikejutkan oleh berita duka yang hadir dari Bondan Winarno. Beliau adalah sosok yang cukup penting dalam dunia kuliner Indonesia. Pak Bondan juga dikenal sebagai pelopor komunitas wisata boga ternama di Indonesia. Penyebab meninggalnya Bondan Winarno masih belum diberitakan secara jelas, namun diduga erat kaitannya dengan kelainan yang terjadi pada jantung dan pembuluh darah.

Kelainan yang terjadi pada jantung dan pembuluh darah selama ini dikenal sebagai silent killer, yaitu pembunuh dalam diam. Hal ini karena kelainan tersebut umumnya tak memiliki gejala khas yang berarti, namun merusak tubuh perlahan-lahan. Pola hidup memegang peran penting dalam sebagian besar kasus, meski ada pula kelainan yang merupakan faktor genetik.

Sebenarnya, kelainan yang bisa terjadi pada jantung dan pembuluh darah beragam jenisnya. Apa saja itu? Mari simak ulasan berikut.

1. Hipertensi.

Kenali 5 Jenis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah yang Berbahaya Inihttp://www.invydenim.com

Hipertensi atau tekanan darah tinggi sudah dianggap sangat lumrah sehingga sering diremehkan. Padahal, kelainan ini bisa memengaruhi pasukan oksigen ke jantung karena pembuluh yang menyempit. Tekanan darah normal pada manusia memang beragam dan berubah-ubah tergantung usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, bahkan bisa pula karena posisi tubuh. Tetapi umumnya tekanan darah normal adalah 120/80. Seseorang terdiagnosis hipertensi bila memiliki tekanan darah minimal 140/90 pada tiga kali pengukuran.

2. Aritmia.

Kenali 5 Jenis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah yang Berbahaya Inihttps://sehatafiat.com

Aritmia merupakan kelainan pada irama jantung. Terjadi gangguan pada sistem konduksi otot jantung. Jika sudah demikian, maka alat pacu yang berfungsi memerintahkan jantung untuk kontraksi tak berjalan dengan teratur. Hal ini mengakibatkan irama detak jantung menjadi tidak teratur. Ketidakteraturan ini juga dapat berakibat pada banyaknya pasokan darah yang diterima maupun disalurkan dari jantung.

3. Atherosclerosis.

Kenali 5 Jenis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah yang Berbahaya Inihttps://www.sciencenews.org

Atherosclerosis merupakan kelainan yang timbul akibat sumbatan pada pembuluh darah. Sumbatan ini sering berupa lemak maupun senyawa inflamasi yang berkumpul dan membentuk plak yang sewaktu-waktu bisa pecah. Bila menyerang pembuluh darah yang menutrisi jantung, maka disebut penyakit jantung koroner. Sebenarnya kelainan ini tak timbul dalam jangka waktu singkat. Cikal bakal terbentuknya plak bisa sejak anak-anak dan dapat bermanifestasi hingga belasan atau bahkan puluhan tahun kemudian. Itulah sebabnya sangat penting menjaga pola makan bahkan sejak di usia muda.

4. Kelainan Katub Jantung

Kenali 5 Jenis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah yang Berbahaya Inihttp://www.merckmanuals.com

Kelainan ini tak banyak diketahui masyarakat awam. Jantung memiliki beberapa katub yang elastisitasnya bisa terganggu karena beberapa hal, seperti bakteri (misal pada penyakit demam rematik), genetik, dan banyak lagi. Kekakuan katub jantung (stenosis) bisa mengakibatkan katub sulit membuka maupun menutup. Kasus yang sering dijumpai adalah kekakuan katub mitral. Bila katub sulit membuka, aliran darah akan kembali dan bisa memicu terjadinya tahap lebih lanjut, yaitu gagal jantung.

5. Gagal Jantung.

Kenali 5 Jenis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah yang Berbahaya Inihttps://rohaminaherba.com

Jantung terdiri dari dua bagian, yaitu kanan dan kiri. Bila terjadi kerusakan atau kegagalan fungsi, akan timbul gejala yang berbeda sesuai dengan lokasi kerusakannya. Bila mengalami gagal jantung kanan, akan terjadi aliran balik ke seluruh tubuh sehingga gejala yang khas adalah bengkak pada tungkai. Hal ini karena adanya timbunan cairan pada bagian tubuh dengan gravitasi terendah. Sedangkan bila terjadi gagal jantung kiri, akan terjadi aliran balik ke paru-paru sehingga penderita kerap mengeluh sesak. Sesak yang terjadi akibat penumpukan cairan di rongga paru.

Kelima kelainan jantung dan pembuluh darah tersebut merupakan momok yang sangat menakutkan bagi setiap orang di dunia. Oleh karena itu, hendaknya kita mulai hidup sehat sejak sekarang. Atur pola makan, olahraga sesuai kemampuan, dan rutin kontrol ke dokter. Semoga bermanfaat.

Desy Photo Community Writer Desy

Professional writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

JADWAL SALAT & IMSAK

24
MEI
2019
19 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 24 May 2019 14:15:05

Progress: 771.177 dari 813.350 TPS (94.81490%)

Just For You