Comscore Tracker

5 Manfaat Teh Hijau: Bisa Menurunkan Berat Badan, Lho

Beragam manfaat yang ada pada teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman yang sangat terkenal di dunia, selain itu teh hijau juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan teh hijau disebut sebagai minuman paling sehat di dunia.

Penasaran manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari teh hijau, berikut adalah beragam manfaat yang bisa kita dapatkan.

1. Membantu menurunkan berat badan

5 Manfaat Teh Hijau: Bisa Menurunkan Berat Badan, Lhoilustrasi berat badan turun (pexels.com/ SHVETS production)

Ternyata dengan mengonsumsi teh hijau bisa membantu menurunkan berat badan dan memperlancar metabolisme.

Hal ini dikarenakan dilansir dari MedicalNewsToday katekin dalam teh hijau dan kafein mungkin bisa meningkatkan metabolisme energi, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan.

2. Meningkatkan fungsi otak

5 Manfaat Teh Hijau: Bisa Menurunkan Berat Badan, Lhoilustrasi fungsi otak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dikutip dari Healthline Teh hijau ternyata bisa membantu meningkatkan fungsi otak. Hal ini dikarenakan bahan aktif utama teh hijau adalah kafein, yang dikenal sebagai stimulan .

Meskipun tidak mengandung sebanyak kopi, tetapi kafein bukan satu-satunya senyawa yang bisa meningkatkan fungsi otak, teh hijau juga mengandung asam amino L-theanine , yang dapat melewati sawar darah-otak.

Studi menunjukkan bahwa kafein dan L-theanine dapat memiliki efek sinergis. Ini berarti bahwa kombinasi keduanya dapat memiliki efek yang sangat kuat dalam meningkatkan fungsi otak.

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Sencha, Teh Hijau Paling Populer di Jepang

3. Menurunkan risiko beberapa jenis kanker

5 Manfaat Teh Hijau: Bisa Menurunkan Berat Badan, Lhoilustrasi orang sakit kanker (pexels.com/SHVETS production)

Dilansir dari Healthline teh hijau bisa menurunkan risiko beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker prostat dan kanker kolorektal.

Hal ini dikarenakan teh hijau mempunyai senyawa polifenol , yaitu senyawa alami yang memiliki manfaat kesehatan, seperti mengurangi peradangan dan membantu melawan kanker.

4. Membantu mengurangi bau mulut

5 Manfaat Teh Hijau: Bisa Menurunkan Berat Badan, Lhoilustrasi mulut (pexels.com/Shiny Diamond)

Ada studi menunjukkan bahwa katekin dalam teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri mulut, meskipun tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa minum teh hijau memiliki efek yang sama. Tetapi teh hijau bisa membantu mengurangi bau mulut.

Dilansir dari Healthline bahwa Katekin dalam teh hijau memiliki manfaat untuk kesehatan mulut. Karena katekin bisa menekan pertumbuhan bakteri, dan berpotensi menurunkan risiko infeksi.

5. Menurunkan risiko stroke

5 Manfaat Teh Hijau: Bisa Menurunkan Berat Badan, Lhoilustrasi sakit stroke (pexels.com/Judita Tamošiūnaitė)

Mengonsumsi teh hijau secara teratur ternyata bisa membantu menurunkan resiko stroke loh, dikutip dari MedicalNewsToday NS Studi American Heart Association (AHA) menyatakan bahwa memasukkan teh hijau dalam makanan sehari-hari bisa membantu perubahan kecil dari risiko stroke.

Ternyata tidak hanya rasanya yang enak teh hijau juga mempunyai beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Jika kamu ingin mengonsumsinya, pastikan sesuai dengan saran yang tertulis pada kemasannya. Karena ada teh hijau yang dianjurkan untuk dikonsumsi setelah makan.

Baca Juga: Baik bagi Mental, Inilah 5 Manfaat Teh Hijau yang Jarang Diketahui

Dyah Sekar A Photo Verified Writer Dyah Sekar A

Nothing special about me ☀️☀️ dyahsekararuni@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya