Comscore Tracker

5 Buah yang Bisa Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahari

Bisa jadi tabir surya alami #IDNTimesHealth

Tabir surya adalah item wajib untuk melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Namun, selain dengan tabir surya, makan makanan tertentu juga dapat meningkatkan SPF alami tubuh.

Ada beberapa buah yang jika dimakan dapat secara serius mengurangi risiko kulit terbakar sinar matahari, kerusakan akibat sinar matahari, dan kanker kulit. Mereka diketahui dapat mendukung kemampuan kulit untuk tetap sehat dan mempertahankan diri dari sinar matahari yang berlebihan.

Berikut adalah beberapa buah yang secara alami dapat bertindak sebagai tabir surya dikutip dari laman Reader's Digest dan The Active Times.

1. Labu madu

5 Buah yang Bisa Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahariilustrasi labu madu (pixabay.com/12019)

Di dalam 100 gram labu madu terdapat 4570 mikrogram beta karoten. Zat tersebut memiliki peran sangat penting bagi kesehatan kulit dan dikenal dengan potensinya untuk memblokir efek berbahaya radiasi UV.

Penting bagi orang yang setiap harinya menghabiskan banyak waktu di luar ruangan untuk meningkatkan asupan beta karoten demi melindungi diri dari masalah yang berhubungan dengan sinar matahari. Salah satu olahan labu madu yang patut kamu coba adalah bubur. Makanan ini paling cocok dijadikan menu sarapan sebagai pengganti nasi atau oatmeal.

2. Tomat

5 Buah yang Bisa Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahariilustrasi tomat (pexels.com/Jess Ho)

Terdapat alasan mengapa tomat bisa bertahan lama di bawah sinar matahari tanpa terbakar, ia adalah likopen. Zat ini merupakan karotenoid utama yang ditemukan dalam tomat serta antioksidan nabati yang bertanggung jawab atas warna merah tomat.Likopen membantu menyerap radikal bebas yang berbahaya dan melindungi DNA dari kerusakan.

Untuk mendapatkan fungsi maksimal, konsumsilah tomat dalam bentuk saus atau sup daripada bentuk utuh. Sebab, tubuh bisa menyerap likopen dari tomat dengan lebih baik jika tomat dimasak atau dihancurkan terlebih dahulu daripada mentah.

Baca Juga: Akibat Perubahan Iklim, 5 Buah Favorit Kita Ini Terancam Punah

3. Delima

5 Buah yang Bisa Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahariilustrasi buah delima (pixabay.com/armennano)

Buah delima sudah digunakan sebagai bagian dari pengobatan tradisional selama lebih dari 3 ribu tahun. Salah satu manfaat delima adalah terbukti meningkatkan efektivitas topikal tabir surya.

Biji dalam buah eksotis berwarna merah ini kaya akan antioksidan. Delima juga mengandung asam ellagic, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan sel yang disebabkan oleh sinar UVA dan UVB. Delima juga meningkatkan glutathione, antioksidan pembangkit tenaga, yang juga meningkatkan perlindungan dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Kiwi

5 Buah yang Bisa Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahariilustrasi kiwi (pexels.com/Dmitry Demidov)

Vitamin C dikenal sebagai senyawa yang luar biasa dalam hal melindungi dan merawat sel-sel kulit dari kerusakan UV. Saat dikonsumsi, vitamin C membantu merangsang fibroblas untuk merespons dan memperbaiki sel kulit yang rusak dengan cepat. Zat larut air itu juga membantu produksi kolagen dan memperkuat kapiler.

Salah satu sumber vitamin C yang kaya adalah kiwi. Bahkan kandungan yang ada pada kiwi lebih banyak daripada jeruk. Karena alasan ini, penting untuk rutin mengonsumsi kiwi demi melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

5. Semangka

5 Buah yang Bisa Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahariilustrasi semangka (pexels.com/Any Lane)

Sama seperti tomat, semangka juga mengandung likopen yang tinggi. Makan semangka bisa melindungi tubuh dari radikal bebas yang berasal dari paparan sinar matahari dan polusi. Kandungan vitamin C dalam semangka juga membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan kemerahan dengan cepat.

Sebaiknya, pilihlah varietas semangka berwarna merah. Sebab, semangka berdaging kuning memiliki lebih sedikit likopen dan sifat antioksidan daripada yang berdaging merah.

Buah-buahan ini tidak berfungsi sebagai pengganti tabir surya, tetapi bisa meningkatkan fungsi tabir surya dalam melindungi kulit. Jadi, pastikan kamu tetap menggunakan tabir surya di siang hari untuk perlindungan kulit yang maksimal.

Baca Juga: 5 Buah dan Sayur yang Perlu Dikonsumsi saat Diare, Biar Cepat Reda!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya