Comscore Tracker

Dikenal sebagai Hormon Bahagia, Ini 5 Cara Meningkatkan Level Endorfin

Langsung meningkatkan suasana hati

Endorfin adalah pembawa pesan kimiawi dalam tubuh yang dilepaskan oleh sistem saraf pusat dan kelenjar pituitari. Di dalam tubuh, endorfin memainkan peran penting untuk mengelola rasa sakit dan merasakan kesenangan.

Saat dilepaskan, endorfin dapat membantu meredakan nyeri, mengurangi stres, dan dapat menyebabkan perasaan gembira. Singkatnya, endorfin bisa membuat kamu merasa sangat baik.

Untungnya, kita semua dapat meningkatkan hormon endorfin secara alami dan mudah. Bagaimana caranya? Baca sampai selesai untuk mengetahui jawabannya.

1. Lari

Dikenal sebagai Hormon Bahagia, Ini 5 Cara Meningkatkan Level Endorfinilustrasi berlari (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebuah penelitian kecil yang dilakukan University of Bonn, Jerman, menemukan bahwa setelah berlari kecil selama dua jam, para atlet memiliki tingkat endorfin yang lebih tinggi di otak daripada sebelum lari. Para peserta juga melaporkan peningkatan euforia dan kebahagiaan setelah berolahraga.

Penelitian lain dari University of Montreal, Kanada, yang dilakukan terhadap tikus menemukan hubungan antara lari dan dopamin, suatu neurotransmiter yang membantu mengontrol pusat kesenangan otak. Untuk itu, jadikan berlari kecil sebagai rutinitas setiap hari untuk meningkatkan endorfin dan kebahagiaan secara instan.

2. Makan cokelat hitam

Dikenal sebagai Hormon Bahagia, Ini 5 Cara Meningkatkan Level Endorfinilustrasi cokelat (pexels.com/Vie Studio)

Penelitian dalam British Journal of Clinical Pharmacology menemukan bahwa menyantap cokelat hitam alias dark chocolate dapat meningkatkan level endorfin. Bubuk kakao mengandung bahan kimia yang disebut flavonoid yang dipercaya bermanfaat bagi otak.

Sayangnya, banyak produk cokelat di pasaran yang ternyata hanya mengandung sedikit kakao asli dan mengandung lebih banyak gula dan lemak tambahan sebagai campuran. Jadi, kamu yang ingin menggunakan cokelat untuk meningkatkan kadar endorfin dan memperbaiki suasana hati perlu mencari cokelat yang mengandung paling sedikit 70 persen kakao dan konsumsilah dalam jumlah sedang.

Baca Juga: Ini 7 Cara Meningkatkan Hormon Dopamin agar Hidup Kamu Lebih Bahagia

3. Cobalah akupunktur

Dikenal sebagai Hormon Bahagia, Ini 5 Cara Meningkatkan Level Endorfinilustrasi akupunktur (pexels.com/Alma Thai)

Akupunktur adalah jenis pengobatan alternatif dari Tiongkok yang menggunakan jarum berukuran sangat tipis untuk merangsang titik-titik tekanan. Akupunktur terbukti dapat mengatasi berbagai masalah, seperti:

  • Nyeri kronis,
  • Insomnia,
  • Kecemasan dan depresi,
  • Gejala PMS.

Penelitian dalam jurnal Neuroscience Letters menunjukkan bahwa manfaat pelepasan endorfin ini dipicu saat jarum dimasukkan. Akupunktur merupakan pengobatan yang aman bagi kebanyakan orang, dan tambahan dorongan endorfin dapat menyebabkan perasaan positif di luar manfaat kesehatannya.

4. Mencium bau minyak esensial

Dikenal sebagai Hormon Bahagia, Ini 5 Cara Meningkatkan Level Endorfinilustrasi minyak esensial (unsplash.com/Christin Hume)

Menurut sebuah studi yang dipublikasilkan dalam Journal of Caring Sciences, aromaterapi lavender tampaknya bermanfaat dalam meredakan kecemasan yang terkait dengan pemasangan IUD atau kontrasepsi spiral pada 106 perempuan. Ini karena aroma minyak esensial euforia, seperti lavender, dapat menyebabkan pelepasan endorfin.

Selain lavender, kamu dapat mencoba minyak euforia lainnya untuk membantu pelepasan endorfin, seperti rosemary, jeruk, jeruk bali, bergamot, kenanga, dan kemenyan.

5. Nikmati pijatan

Dikenal sebagai Hormon Bahagia, Ini 5 Cara Meningkatkan Level Endorfinilustrasi pijat (pexels.com/Anete Lusina)

Terapi pijat bermanfaat untuk meredakan stres dan memperbaiki gejala beberapa masalah kesehatan fisik, seperti nyeri kronis dan kelelahan.

Penelitian dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research juga menunjukkan bahwa terapi pijat dapat bermanfaat selama persalinan dengan mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kontraksi, yang dapat menyebabkan persalinan lebih pendek. Ini karena pijat dapat melepaskan hormon endorfin, dan beberapa hormon lainnya seperti oksitosin, dopamin, dan serotonin.

Pijat dengan pasangan atau keluarga bisa jadi cara yang baik untuk mendapatkan peningkatan endorfin. Namun, jika kamu lebih nyaman menemui seorang profesional, tidak masalah untuk menggunakan jasa terapis pijat berlisensi.

Demikianlah beberapa cara meningkatkan hormon endorfin yang bisa kamu lakukan. Dengan meningkatnya hormon bahagia ini, kamu akan merasakan suasana hati yang lebih baik secara instan.

Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Hormon Testosteronmu Ini Terbukti Efektif dan Aman

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya