Comscore Tracker

Jangan Panik, 5 Hal 'Jorok' di Pagi Hari Ini Pertanda Tubuh Sehat

Artinya tubuh berfungsi dengan baik

Tubuh kita punya caranya sendiri memberi tanda dirinya sehat maupun sebaliknya. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan dengan saksama tanda-tanda tersebut, dan waspada terhadap perubahan atau ketidaknyamanan. Pasalnya, itu bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan.

Menariknya, saat bangun tidur, tubuh bisa mengalami hal-hal "jorok", seperti perut mulas, bau mulut, dan sebagainya. Ternyata, berbagai hal yang dianggap jorok ini justru menandakan tubuh sehat, sehingga tak perlu dikhawatirkan.

Inilah hal-hal jorok di pagi hari yang menjadi pertanda tubuh yang sehat.

1. Feses berukuran besar

Jangan Panik, 5 Hal 'Jorok' di Pagi Hari Ini Pertanda Tubuh Sehatunsplash.com/Giorgio Trovato

Terbangun di pagi hari untuk buang air besar adalah pertanda kesehatan yang baik. Terlebih jika feses memiliki ukuran yang besar dan terbentuk dengan baik dan tanpa adanya partikel makanan, itu menandakan sistem pencernaan bekerja dengan baik.

Juga, ini adalah hal yang normal jika kamu merasa mulas setiap hari pada waktu yang sama. Menurut WebMD, tergantung pada usia, diet, dan tingkat aktivitas, normal untuk buang air besar setiap hari atau tiga kali seminggu. Jika kurang dari itu, mungkin kamu perlu menemui dokter.

2. Kentut

Jangan Panik, 5 Hal 'Jorok' di Pagi Hari Ini Pertanda Tubuh SehatUnsplash.com/Kinga Cichewicz

Mungkin kamu berpikir kentut saat bangun di pagi hari adalah hal yang menjijikkan. Padahal, ini juga hal yang normal, bahkan menjadi bagian penting dari kesehatan pencernaan.

Melansir Vox, kentut adalah tanda tubuh yang sehat karena ada banyak karbohidrat yang kita konsumsi dan tubuh tidak memiliki enzim yang diperlukan untuk mencerna.

Karbohidrat berakhir di usus besar, di mana mikroba "mengunyahnya" dan menggunakannya untuk energi melalui proses fermentasi. Gas, yang pada dasarnya merupakan produk sampingan dari proses ini, kemudian dibentuk dan menjadi kentut.

Baca Juga: 5 Jenis Kentut Ini Menunjukkan Kondisi Tubuhmu, Kenali Yuk!

3. Napas bau

Jangan Panik, 5 Hal 'Jorok' di Pagi Hari Ini Pertanda Tubuh Sehatpexels.com/Andrea Piacquadio

Bau mulut bisa terjadi karena adanya ratusan jenis bakteri penyebab bau mulut yang secara alami hidup di mulut. Bangun tidur dengan napas yang bau, atau yang disebut dengan "morning breath", disebabkan oleh mikroba yang berinteraksi dengan protein dalam air liur. Kondisi tersebut menghasilkan produksi senyawa sulfur yang mudah menguap yang berbau tidak sedap. Produksi air liur yang menurun saat tidur ini memperparah bau napas, seperti diterangkan di laman The Healthy.

Selain itu, faktor-faktor lain yang dapat memperburuk masalah bau mulut ini adalah kebiasaan bernapas melalui mulut yang menyebabkan kekeringan, gigi berlubang, penyakit gusi, dan tembakau. Walaupun begitu, masalah ini dapat dikurangi dengan menjaga kebersihan mulut sebelum tidur.

4. Terbentuknya upil

Jangan Panik, 5 Hal 'Jorok' di Pagi Hari Ini Pertanda Tubuh Sehatfreepik.com/cookie_studio

Upil sering mendapatkan kesan yang jorok. Padahal kehadiran upil adalah hal yang baik. Melansir Bustle, upil terbentuk karena bulu hidung yang berminyak dan lendir membantu menangkap kotoran yang mungkin masuk ke saluran pernapasan bagian atas. Terbentuknya upil bahkan menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik.

Tubuh mungkin meningkatkan produksi upil saat sedang sakit. Ini merupakan salah satu cara tubuh melawan infeksi. Jika demikian, warnanya mungkin menjadi hijau, yang merupakan tanda sistem kekebalan berfungsi dengan semestinya.

5. Bau badan

Jangan Panik, 5 Hal 'Jorok' di Pagi Hari Ini Pertanda Tubuh Sehatfreepik.com/Racool_studio

Bangun tidur dengan tubuh yang bau adalah hal yang sangat normal, terutama di area ketiak. Seperti yang tertulis dalam The Healthy, ini bisa jadi akibat bakteri di kulit dan keringat, yang disebabkan oleh suhu tubuh yang tinggi karena ruangan yang terlalu hangat atau penggunaan selimut.

Walaupun begitu, bau badan saat bangun tidur masih dapat dikendalikan. Minum banyak air dan makan makanan utuh, utamanya makanan nabati, dapat secara signifikan mengurangi bau badan di pagi hari.

Semua hal di pagi hari ini mungkin tampak aneh atau bahkan sedikit jorok. Akan tetapi, selama hal ini menandakan tubuh yang sehat, seharusnya kamu tidak perlu mencemaskannya.

Baca Juga: 8 Jenis Bau Badan yang Tak Boleh Diabaikan, Tanda Penyakit Kronis

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya