Comscore Tracker

17 Makanan Penyubur Kandungan, biar Cepat Hamil!

Tidak perlu bingung, pilihannya banyak sekali

Kehamilan biasanya menjadi suatu hal yang dinantikan oleh sebagian besar pasangan suami istri. Meski tidak ada makanan khusus yang bisa secara ajaib membuat seseorang hamil, tetapi ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesuburan selain konsumsi obat penyubur kandungan dari dokter, sehingga peluang kehamilan pun makin besar.

Faktor usia dan genetika memang tidak dapat dikendalikan. Namun, mengubah pola makan menjadi sehat bisa dilakukan semua orang. Pola makan sehat bergizi seimbang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan reproduksi, baik pada laki-laki maupun perempuan.

Membiasakan pola makan sehat juga dianjurkan sebagai salah satu persiapan kehamilan. Nah, dirangkum dari berbagai sumber, inilah pilihan makanan penyubur kandungan agar kehamilan cepat tercapai.

1. Alpukat

17 Makanan Penyubur Kandungan, biar Cepat Hamil!ilustrasi alpukat (unsplash.com/Gil Ndjouwou)

Alpukat mengandung vitamin K, potasium atau kalium, dan folat yang membuat tubuh dapat lebih mudah menyerap vitamin, mengatur tekanan darah, dan banyak lagi. Asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga mencakup serat dan asam folat yang sangat penting dan dibutuhkan pada tahap awal kehamilan.

Melansir Glamour, alpukat baik untuk kesuburan karena tinggi akan vitamin E yang baik untuk kesehatan lapisan rahim. Sudah begitu, alpukat adalah sumber lemak yang sehat dan mudah diolah.

2. Jeruk

17 Makanan Penyubur Kandungan, biar Cepat Hamil!ilustrasi jeruk (pixabay.com/pixel2013)

Salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang melimpah adalah jeruk, apa pun jenisnya. Jeruk juga mengandung poliamina putresin yang berpotensi baik untuk meningkatkan kesehatan sel telur pada perempuan dan air mani pada laki-laki.

Baca Juga: Penyebab Hamil Kosong, Perempuan Wajib Tahu!

3. Produk susu tinggi lemak

17 Makanan Penyubur Kandungan, biar Cepat Hamil!ilustrasi susu (unsplash.com/an_vision)

Produk susu, terutama yang berlemak tinggi, merupakan salah satu pilihan tepat karena kaya akan lemak jenuh yang sangat bermanfaat bagi kesuburan. Susu tinggi lemak juga memiliki kandungan vitamin A, E, D, K, dan K2.

Berdasarkan penelitian berjudul “A prospective study of dairy foods intake and anovulatory infertility” dalam jurnal Human Reproduction tahun 2007, perempuan yang mengonsumsi produk susu tinggi lemak memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami masalah ovulasi, dibandingkan perempuan yang mengonsumsi produk susu rendah lemak. Beberapa produk susu yang diteliti adalah susu murni, es krim, keju krim, dan berbagai keju lainnya.

Selain itu, keju cedar, parmesan, dan manchego dikatakan dapat meningkatkan kesehatan sperma. Jenis keju yang baik untuk kesuburan adalah yang sudah difermentasi lama, karena keju tersebut mengandung poliamina putresin yang tinggi.

Poliamina merupakan protein yang dapat ditemukan pada tumbuhan maupun hewan, dan poliamina ini baik untuk sistem reproduksi. Namun, konsumsilah keju secara bijak, karena sejumlah kecil keju mengandung banyak kalori dan lemak jenuh.

4. Nanas

17 Makanan Penyubur Kandungan, biar Cepat Hamil!ilustrasi nanas (unsplash.com/Julian Pianetti)

Mungkin kamu pernah dengan rumor kalau nanas tidak baik dikonsumsi saat hamil dan bisa menyebabkan keguguran. Sebenarnya, hingga kini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan klaim tersebut.

Sebaliknya, nanas merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovary syndrome (PCOS).

Selain itu, nanas juga mengandung bromelain, enzim alami yang bersifat antiinflamasi atau antiperadangan dan antikoagulasi atau anti penggumpalan darah. Artinya, nanas dapat mengencerkan darah dan mencegah peradangan.

5. Biji bunga matahari

17 Makanan Penyubur Kandungan, biar Cepat Hamil!ilustrasi kuaci atau biji bunga matahari (unsplash.com/Zobia Shakar)

Mengonsumsi biji bunga matahari atau kuaci dapat meningkatkan kesuburan karena mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan jumlah dan motilitas sperma pada beberapa orang.

Biji bunga matahari mengandung vitamin E, folat, dan selenium yang penting untuk kesuburan. Selain itu, ada pula kandungan asam lemak omega-6 serta sejumlah kecil asam lemak omega-3. Dilansir Verywell Family, biji bunga matahari panggang tanpa garam memiliki kandungan vitamin E yang sangat banyak.

6. Tomat, terutama yang matang

17 Makanan Penyubur Kandungan, biar Cepat Hamil!ilustrasi sup tomat (pixabay.com/Catkin)

Makanan yang baik untuk kesuburan selanjutnya adalah tomat, khususnya tomat yang dimasak. Tomat kaya akan likopen, antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan. Tomat mentah memang mengandung likopen, tetapi kandungannya pada tomat yang matang jumlahnya hampir dua kali lipat.

Sebuah studi berjudul “Lycopene and male infertility” dalam Asian Journal of Andrology tahun 2014 menyatakan bahwa suplementasi 4 miligram (mg) hingga 8 mg likopen per hari selama 8 hingga 12 bulan menyebabkan peningkatan kesehatan air mani dan peningkatan angka kehamilan. Karenanya, likopen dalam tomat berpotensi baik untuk meningkatkan kesuburan.

Baca Juga: 7 Masalah Kesehatan yang Menyebabkan Perempuan Sulit Hamil

7. Taoge dan kacang-kacangan lain

17 Makanan Penyubur Kandungan, biar Cepat Hamil!ilustrasi tauge (unsplash.com/Milada Vigerova)

Taoge sudah terkenal akan manfaatnya untuk meningkatkan kesuburan. Dilansir Health Benefits Times, taoge yang dikonsumsi secara teratur dapat meningkatkan kualitas sperma. Taoge juga mengandung vitamin E yang baik untuk kesuburan laki-laki, juga dapat membantu melindungi sel telur maupun sperma dari serangan radikal bebas.

Selain taoge, kacang-kacangan dan lentil juga baik untuk kesuburan. Kacang-kacangan merupakan sumber serat dan folat yang baik untuk menjaga keseimbangan hormon. Kemudian, lentil mengandung poliamin spermidine yang dapat meningkatkan kualitas sperma dalam pembuahan sel telur. Kacang-kacangan dan lentil juga tinggi akan protein yang dapat membantu meningkatkan ovulasi yang lebih sehat.

8. Hati

17 Makanan Penyubur Kandungan, biar Cepat Hamil!ilustrasi hati sapi panggang (freepik.com/timolina)

Hati sapi kaya akan kolin, omega-3, folat, dan vitamin yang larut dalam lemak, termasuk vitamin A. Hati juga mengandung zat besi yang dapat membantu mencegah keguguran dan anemia. Kandungan vitamin B12 yang terkandung dalam hati juga diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan DNA.

9. Tiram

17 Makanan Penyubur Kandungan, biar Cepat Hamil!ilustrasi tiram (unsplash.com/Bruce Chapman)

Tiram merupakan sumber zink yang sangat baik, dan zink sendiri bermanfaat untuk pembuahan. Kekurangan zink dapat menyebabkan terganggunya siklus menstruasi dan terlambatnya produksi sel telur yang berkualitas baik. Tiram dapat dikonsumsi mentah (asal kebersihannya terjamin) ataupun diolah terlebih dahulu.

Dilansir Verywell Family, enam tiram mentah mengandung sekitar 139 kalori saja. Sudah begitu, kandungan vitamin dan mineralnya sangat luar biasa, termasuk:

  • 408 persen dari jumlah rekomendasi harian vitamin B12.
  • 188 persen dari jumlah rekomendasi harian zink.
  • 187 persen dari jumlah rekomendasi harian selenium.
  • 43 persen dari jumlah rekomendasi harian zat besi.

10. Delima

17 Makanan Penyubur Kandungan, biar Cepat Hamil!ilustrasi delima (pixabay.com/megspl)

Delima tinggi akan antioksidan yang baik untuk meningkatkan kualitas sperma. Penelitian dalam jurnal PLOS One tahun 2014 menemukan bahwa motilitas sperma pada 70 laki-laki partisipan meningkat hingga 62 persen setelah diberikan ekstrak buah delima dan bubuk akar lengkuas selama tiga bulan perawatan.

11. Asparagus

17 Makanan Penyubur Kandungan, biar Cepat Hamil!ilustrasi asparagus (unsplash.com/Christina Siracusa)

Asparagus adalah sayuran rendah kalori yang kaya akan nutrisi seperti folat, vitamin A, B, C, dan K. Semuanya itu baik untuk fertilitas. Asam folat juga sangat penting untuk perempuan yang ingin hamil. Kandungan glutation pada asparagus juga dapat meningkatkan kualitas sel telur.

Dibanding asparagus kalengan yang tinggi akan kandungan garam, lebih baik pilih asparagus beku maupun segar.

12. Kuning telur

17 Makanan Penyubur Kandungan, biar Cepat Hamil!ilustrasi kuning telur (pixabay.com/ponce_photography)

Kuning telur mengandung zat besi, kalsium, zink, vitamin A, B6, B12, dan folat. Kemudian, kuning telur ayam kampung juga kaya akan asam lemak omega-3 EPA dan DHA yang dapat meningkatkan kesuburan.

Selain itu, kuning telur ayam kampung juga mengandung vitamin A, D, E, dan K2 yang larut dalam lemak. Telur juga mengandung kolin yang disebut-sebut dapat mengurangi risiko beberapa kondisi cacat lahir pada bayi.

Baca Juga: Kenalilah Girls, Ini 7 Perubahan yang Terjadi ketika Masa Subur Datang

13. Buah beri

17 Makanan Penyubur Kandungan, biar Cepat Hamil!ilustrasi buah beri (unsplash.com/Timo Volz)

Dilansir Everyday Health, semua jenis buah beri baik untuk kesuburan. Namun, rasberi dan bluberi dikatakan yang paling baik karena memiliki antioksidan tinggi, sehingga dapat melindungi tubuh dari kerusakan dan penuaan sel. Hal ini juga termasuk sel-sel dalam sistem reproduksi seperti sel sperma maupun sel telur.

14. Ikan yang berlemak

17 Makanan Penyubur Kandungan, biar Cepat Hamil!ilustrasi ikan sarden (unsplash.com/Alyssa li)

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan makerel bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan. Kadar asam lemak esensial dan omega-3 yang tinggi baik untuk kesehatan kita. Kandungan tersebut bisa meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi dan dapat mengatur hormon reproduksi.

Selain itu, ikan berlemak merupakan sumber selenium dan vitamin D yang baik. Selenium juga merupakan mineral penting untuk kesehatan sperma. Sementara itu, kadar vitamin D yang rendah dalam tubuh dapat berimbas buruk pada kesuburan. Salah satu ikan berlemak dengan kandungan vitamin D terbaik adalah salmon.

Akan tetapi, tetap batasi konsumsi ikan laut untuk mencegah asupan merkuri yang terlalu tinggi yang tidak baik untuk kesuburan dan kehamilan.

15. Kayu manis

17 Makanan Penyubur Kandungan, biar Cepat Hamil!ilustrasi kayu manis (pixabay.com/Daria Yakovleva)

Mengonsumsi suplemen kayu manis dapat memperbaiki siklus menstruasi yang tidak teratur pada perempuan dengan PCOS. Sindrom ini juga merupakan salah satu penyebab infertilitas pada perempuan.

Dalam suatu penelitian, kayu manis dapat menyebabkan lebih banyak siklus ovulasi yang teratur, dan siklus ovulasi yang teratur berarti peluang lebih besar terjadinya kehamilan. Bila ingin mengonsumsinya dalam bentuk suplemen, baiknya konsultasikan dulu ke dokter.

16. Ubi

17 Makanan Penyubur Kandungan, biar Cepat Hamil!ilustrasi ubi (pexels.com/Ela Haney)

Ubi mungkin mengandung zat perangsang ovulasi serta kaya akan vitamin yang baik bagi kesuburan. Ubi jalar juga kaya akan beta-karoten, yang dikenal dapat meningkatkan produksi hormon progesteron.

17. Kenari

17 Makanan Penyubur Kandungan, biar Cepat Hamil!ilustrasi kacang kenari (pixabay.com/marijana1)

Kacang kenari memiliki kandungan omega-3 dan omega-6 yang sangat baik bagi kesuburan.

Menurut studi dalam jurnal Biology of Reproduction tahun 2014, kelompok partisipan laki-laki yang mengonsumsi kenari setiap hari selama 12 minggu mengalami peningkatan vitalitas, gerakan, dan bentuk sperma.

Mereka juga memiliki lebih sedikit kelainan kromosom dalam sampel spermanya. Sementara itu, kelompok yang tidak mengonsumsi kenari tidak mengalami perubahan tersebut.

Itulah beberapa makanan penyubur kandungan yang bisa kamu konsumsi. Pilihan makanan yang baik untuk kesuburan sangatlah banyak. Kamu bisa menambahkan daftar makanan di atas ke dalam pola makan harian yang bergizi seimbang. Hindari makanan cepat saji dan makanan instan yang diketahui kurang baik untuk kesehatan dan kesuburan.

Tidak semua pasangan cepat dikaruniai anak. Bila sudah setahun menikah tetapi belum juga hamil, baiknya kamu dan pasangan konsultasi ke dokter. Setelah pemeriksaan, mungkin kamu akan diresepkan obat penyubur kandungan atau perawatan lainnya yang dibutuhkan sesuai kondisi.

Baca Juga: 14 Penyebab Kemandulan pada Pria, Bikin Khawatir!

Topic:

  • Nurulia
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya