Comscore Tracker

Mengenal Buah Dewandaru, Superfood yang Jarang Diketahui

Sangat terkenal di Brazil

Buah dewandaru merupakan tanaman yang banyak tumbuh di daerah tropis. Namun, banyak yang telah membudidayakannya di daerah subtropis. Sebenarnya, buah tersebut termasuk salah satu superfood yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ada banyak olahan makanan segar dari buah dewandaru ini. Ingin tahu lebih banyak tentang buah dewandaru? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Superfood yang jarang diketahui

Mengenal Buah Dewandaru, Superfood yang Jarang Diketahuipixabay.com/gtorres-229479

Buah dewandaru ini kaya akan nutrisi, mengandung vitamin C, A dan B kompleks. Selain itu juga mengandung zat besi, magnesium, potasium, kalsium dan fosfor. Ada manfaat lain buah ini, antara lain mengandung serat, antioksidan dan asam amino. Buah ini juga rendah kalori yang ideal untuk diet. Sifat anti-inflamasi pada buah dewandaru baik untuk meningkatkan fungsi paru-paru. Sedangkan vitamin C dapat menurunkan risiko kanker mulut, tenggorokan dan pita suara. Bahkan, dapat mencegah flu serta meningkatkan sistem imun. Dewandaru juga mengandung melatonin yang dapat menghambat insomnia.

2. Baik untuk kecantikan

Mengenal Buah Dewandaru, Superfood yang Jarang Diketahuireviewseresenhas.org

Minyak atsiri yang dihasilkan dari buah dewandari dapat digunakan untuk perawatan kulit dan rambut. Kandungan vitamin, antioksidan dan minyak atsirinya dapat mengurangi noda dan kerutan pada kulit. Sedangkan untuk rambut, kamu bisa mencampurkan minyak ke dalam sampo dan kondisioner dapat menguatkan rambut.

3. Bisa ditanam di pekarangan

Mengenal Buah Dewandaru, Superfood yang Jarang Diketahuitr.redsearch.org

Pohon buah dewandaru tidak terlalu tinggi dan dapat hidup di daerah tropis atau beriklim hangat. Kamu pun bisa menanamnya di pekarangan rumah dengan penyinaran yang cukup. Cukup toleran untuk hidup di beberapa jenis tanah, seperti tanah yang berpasir, basa, asam maupun tanah liat. Namun perlu diperhatikan jarak tanam antara satu dengan lainnya, jika digunakan untuk pagar tanaman. Kamu baru bisa memanen buahnya setelah 2-10 tahun pasca penanaman dan tergantung pada kondisi lingkungannya.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Kesemek, Bikin Mata Sehat!

4. Buah serbaguna

Mengenal Buah Dewandaru, Superfood yang Jarang Diketahuinews-press.com

Buah tersebut dianggap sebagai tanaman serbaguna, karena dapat diolah menjadi selai, jeli, dessert dan bahkan dimakan secara langsung. Rasanya memang agak asam dengan sedikit manis ketika sudah matang. Namun, masyarakat Brazil biasanya menjadikannya sebagai campuran dalam pembuatan kudapan atau minuman menyegarkan. Selain itu, beberapa negara menjadikannya sebagai minuman fermentasi, isian pai, salad dan topping es krim.

5. Cara membuat selai dewandaru

Mengenal Buah Dewandaru, Superfood yang Jarang Diketahuisahajasiri.com

Jika kamu ingin kudapan yang menyehatkan, jelly dari buah dewandaru ini bisa kamu coba di rumah. Bahan dan cara pembuatannya pun sederhana.

  1. Pisahkan dewandaru dari batangnya, lalu cuci.
  2. Tambahkan air, hancurkan atau blender dewandaru.
  3. Rebus sampai mendidih dan tambahkan gula. Aduk sampai mengental.
  4. Tambahkan bubuk skim dan aduk kembali.
  5. Jika sudah matang, angkat dan biarkan hingga dingin. Lalu simpan di dalam stoples kecil dan tutup rapat.

Jika menemukannya tumbuh liar di sekitarmu, bisa dimanfaatkan untuk obat atau olahan lainnya. Sekarang kamu sudah tahu apa itu dewandaru?

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Terbaik Ini Dijelaskan di Dalam Alquran Lho

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Community Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You