Comscore Tracker

5 Mitos Seputar Olahraga Ini Terbukti Menyesatkan, Jangan Percaya

Yakin makin lama tubuh juga bisa makin langsing?

Olahraga memang memiliki manfaat yang sangat banyak yang tentunya amat sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Namun masih banyak mitos yang beredar di masyarakat dan hal itu tidaklah benar. Sayangnya mitos seputar olahraga ini amat dipercaya oleh sebagian besar masyarakat padahal harusnya kita mencari tahu dulu.

Berikut lima mitos seputar olahraga yang menyesatkan dan tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, sudah tahu belum?

1. Lebih baik olahraga di gym daripada di rumah

5 Mitos Seputar Olahraga Ini Terbukti Menyesatkan, Jangan Percayafreepik.com

Banyak orang-orang yang percaya bila olahraga di gym lebih bisa membuahkan hasil daripada olahraga di rumah. Padahal hal ini jelas tidak benar karena olahraga di rumah pun asal memiliki peralatan yang cukup sudahlah bisa mendukung terlaksananya latihan. Tempat sama sekali tidaklah penting karena olahraga akan berhasil bila kita disiplin, berkemauan keras dan selalu berkomitmen.

2. Durasi olahraga makin panjang maka tubuh makin langsing

5 Mitos Seputar Olahraga Ini Terbukti Menyesatkan, Jangan Percayathevillager.com

Semakin banyak olahraga banyak orang yang percaya akan cepat langsing atau massa otot cepat terbentuk. Padahal ini sama sekali tidak benar karena semakin banyak olahraga maka kamu malah stres dan persendian pun jadi cedera.

Kunci keberhasilan olahraga sebenarnya ada pada istirahat yang cukup di mana tubuh bisa pulih kembali sesudah latihan. Jika olahraga terlalu lama berbagai masalah justru akan datang seperti gangguan tidur, nyeri otot bahkan terjadinya penurunan sistem imun.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 5 Bahaya yang Timbul Saat Olahraga Terlalu Berlebihan!

3. Olahraga bisa kurangi lemak di bagian tertentu saja

5 Mitos Seputar Olahraga Ini Terbukti Menyesatkan, Jangan Percayadrwell.com

Mitos selanjutnya yang kurang tepat adalah banyak yang percaya bila olahraga bisa mengurangi tumpukan lemak di bagian tubuh tertentu seperti misalnya di perut, paha atau di lengan. Padahal bila kamu tidak mengikuti pola makan yang sehat dan teratur disertai latihan yang intens seperti latihan HIIT maka lemak yang ada dalam tubuh pun tetap tidak bisa hilang, apalagi hanya latihan hal-hal yang ringan seperti sit up dan push up saja.

4. Hanya kardio yang bisa turunkan berat badan

5 Mitos Seputar Olahraga Ini Terbukti Menyesatkan, Jangan Percayablog.typeathought.com

Memang sih latihan kardio bisa membakar lemak tetapi hanya pada saat latihan sedang berlangsung saja. Masih ada metode lain yang efektif untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan yaitu latihan beban dan HIIT atau High-Intensity Interval Training. Metode latihan beban akan meningkatkan massa otot dan membuat kalori cepat terbakar sedangkan HIIT disebut-sebut sebagai metode yang efektif dalam membakar kalori karena merupakan gabungan olahraga intensitas tinggi dan rendah.

5. Angkat beban bisa bikin tubuh berotot

5 Mitos Seputar Olahraga Ini Terbukti Menyesatkan, Jangan Percayawisebread.com

Biasanya ini terjadi pada wanita yaitu banyak yang mengindari latihan beban karena takut memiliki otot seperti binaragawan. Padahal otot yang terbentuk bisa terjadi karena diet ketat, latihan yang intens dan minum suplemen seperti testosteron serta vitamin. Sehingga latihan angkat beban tidak akan membuatmu memiliki otot seperti binaragawan dan kamu tidak perlu takut mencoba latihan angkat beban

Nah jangan percaya mitos-mitos ini ya!

Baca Juga: Pas Buat yang Mager, 5 Olahraga Ini Aman Dilakukan Saat Malam Lho

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You