8 Manfaat Jahe bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

Jahe kaya akan manfaat sehat, lho.

Tanaman kategori rempah yang hidup di tanah lembap ini memang sudah menjadi rahasia umum kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak produk yang menggunakan jahe sebagai bahan bakunya, seperti kopi yang di campur jahe, teh jahe, hingga susu jahe.

Kandungan yang terdapat dalam jahe sehingga baik bagi kesehatan tubuh antara lain seperti air, serat, karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B3 dan vitamin C.

Kandungan mineral yang ada dalam jahe terdiri dari fosfor, zat besi dan kalsium. Sedangkan kandungan bioaktif yang terdapat pada jahe seperti gingerol, shogaol, curcumin, dan diarilheptanoid.

Jahe pun mempunyai kandungan antioksidan yang berfungsi dalam menetralisir radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Dari berbagai macam kandungan jahe tersebut, berikut adalah manfaat jahe untuk kesehatan tubuh.

1. Mengatasi pengapuran tulang (osteoarthritis)

8 Manfaat Jahe bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnyadeherba.com/Cindy Wijaya

Pengapuran tulang atau osteoarthritis dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti pertambahan usia, kelebihan kalsium dalam tubuh, obesitas, dan kecelakaan.

Seseorang yang mengalami pengapuran tulang biasanya terjadi daerah sendi di mana kondisi sendi mengalami peradangan yang diakibatkan oleh bantalan pada ujung tulang menipis.

Dalam jahe mengandung gingerol yang bermanfaat sebagai anti inflamasi atau anti peradangan, hal ini sangat ampuh dalam melawan infeksi yang terjadi dalam sendi.

2. Mengurangi rasa nyeri pada saat menstruasi

8 Manfaat Jahe bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnyashutterstock.com/Pormezz

Menstruasi ialah siklus bulanan yang dihadapi wanita setelah remaja hingga menopause.

Terkadang beberapa wanita pun saat menstruasi merasakan nyeri pada perutnya. Nyeri pada saat menstruasi atau biasa disebut dismenore ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti fibloid rahim, endometriosis, darah keluar secara deras, mengeluarkan gumpalan-gumpalan darah, dan lain sebagainya.

Dengan minum air jahe maka dapat menghangatkan perut yang akan membantu mengurangi rasa sakit tersebut.

3. Menangkal tumbuhnya tumor dan sel kanker

8 Manfaat Jahe bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnyapixabay/skeeze

Penyakit tumor dan kanker menjadi penyakit dalam kategori berat dan berbahaya. Terlebih kanker, penyakit mematikan satu ini dapat menyerang ke seluruh tubuh dan penyebarannya pesat jika tidak segera di tangani.

Di zaman sekarang ini pengobatan kanker sudah populer dengan yang dinamakan kemoterapi. Hal ini dilakukan untuk membunuh sel kanker yang menyebar dan bertumbuh pesat. Baru setelah itu dilakukan operasi guna mengangkat sisa-sisa sel tumor ganasnya.

Penderita penyakit seperti tumor dan kanker bisa memanfaatkan jahe sebagai obat herbal, karena jahe mengandung antioksidan tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas.

Jahe mengandung zat antioksidan yang tentunya bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang membahayakan kesehatan tubuh.

4. Memperkuat sistem imun tubuh

8 Manfaat Jahe bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnyapixabay/silviarita

Salah satu hal penting guna menjaga sistem imun tubuh ialah adanya sel darah putih (leukosit). Imun tubuh berfungsi guna melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri dll.

Imun tubuh ini berbentuk seperti jaringan, sel, protein, organ khusus dan di sini mereka bekerja sama guna melindungi tubuh dari berbagai hal yang membahayakan kesehatan.

Dari berbagai gizi yang terkandung dalam jahe seperti vitamin, tentunya bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh.

Baca Juga: 8 Varian Wedang Jahe Khas Indonesia, Pas Banget di Musim Hujan

5. Memperlancar sirkulasi darah

8 Manfaat Jahe bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnyapixabay/qimono

Setiap bagian tubuh dialiri oleh darah. Darah berfungsi sebagai asupan oksigen, zat nutrien, dan zat lainnya yang berfungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh secara berkelanjutan. Darah dalam setiap tubuh terus mengalir dan berputar dalam sistem sirkulasi paru-paru.

Ketika jantung atau paru-paru seseorang mengalami masalah, maka darah pun tidak akan mengalir dan membuat seseorang jadi mudah sakit.

Jahe memiliki kandungan antioksidan sehingga mampu memberantas radikal bebas yang membahayakan bagi tubuh seperti kurang lancarnya aliran darah.

6. Mengurangi mual pada perut

8 Manfaat Jahe bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnyard.com

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya mual. Sensasi yang dirasakan seperti ingin muntah ini memang terasa tak enak bagi tubuh, perut, mulut, dan tenggorokan.

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya rasa mual seperti mabuk kendaraan, mencium bau makanan yang beraroma kuat, perut kosong, masuk angin, dan lain sebagainya.

Jahe memiliki sifat anti-mual sehingga baik jika dikonsumsi pada saat terasa mual.

7. Mencegah morning sickness pada wanita hamil

8 Manfaat Jahe bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnyapixabay/Bokskapet

Wanita hamil pada trimester pertama sering mengalami mual dan muntah. Hal tersebut biasa disebut dengan morning sickness. Umumnya, wanita hamil mengalami morning sickness hingga usia kehamilan menginjak 3 bulan. Namun tidak berlaku bagi 10% wanita di dunia, mereka mengalami morning sickness hingga usia kehamilan 5 bulan.

Ketika kondisi mual melanda, ibu hamil bisa mengonsumsi wedang jahe hangat setiap pagi atau pada saat rasa mual itu datang.

8. Meringankan rasa pusing kepala

8 Manfaat Jahe bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnyapixabay/geralt

Sakit kepala bisa dialami oleh semua orang. Gejala yang dirasakan yaitu terasa sakit di kepala baik depan, belakang, atau seluruhnya dan hal ini dapat mengurangi konsentrasi.

Selain minum obat yang diperjualbelikan bebas, beberapa cara pun bisa dilakukan guna mengurangi rasa sakit di kepala seperti hindari kebisingan, tidur cukup, hingga minum air jahe. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe mengandung anti-peradangan sehingga baik untuk mengobati sakit kepala.

9. Langkah-langkah dan cara meracik jahe

8 Manfaat Jahe bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnyapixabay/congerdesign

Inilah beberapa langkah dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan jahe demi kesehatan tubuh.

  1. Pilihlah jahe yang masih segar
  2. Parut jahe 2 potong
  3. Seduh dengan air panas 1 gelas lalu kocok dengan sendok agar menyatu
  4. Saring jahe dan ambil airnya
  5. Sajikan untuk diminum (bisa ditambahkan madu agar terasa manis)

Itulah beberapa manfaat jahe yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan berikut dengan cara pengolahannya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Olahan Camilan Berbahan Dasar Jahe, Teman Santai Menikmati Sore

Ineu Nursetiawati Photo Community Writer Ineu Nursetiawati

Berbagi gak harus materi, salah satu caranya lewat tulisan :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You