Comscore Tracker

11 Makanan Penambah Darah Ini Baik untuk Ibu Hamil

Kesehatan ibu hamil harus selalu dijaga

Menjadi seorang ibu merupakan impian seluruh perempuan di dunia. Dapat menjalani kehidupan layaknya kodrat seorang perempuan. Menikah dengan pasangan yang dicintai, kemudian hamil dan memiliki anak. 

Saat hamil, tentunya kamu harus menjaga kondisi badan dan calon bayi. Terkadang menjalani kehamilan di trimester pertama menjadi lebih sulit karena pembawaan bayi yang beragam. Tak jarang kondisi ibu bisa menurun. Sering terlihat lelah, tidak enak makan, bahkan sampai mengalami penurunan darah. Berikut 11 makanan yang dapat dikonsumsi ibu hamil untuk menambah darah. Ada apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Daging merah

11 Makanan Penambah Darah Ini Baik untuk Ibu Hamilpexels.com/rawpixel.com

Daging merah ini dapat membantu menambah darah ibu hamil. Kandungan zat besi yang terdapat di dalam daging merah mampu memerangi anemia. Daging merah yang bersumber dari hewan lebih mudah diserap oleh tubuh.

2. Brokoli

11 Makanan Penambah Darah Ini Baik untuk Ibu Hamilpexels.com/pixabay

Brokoli merupakan sayuran hijau yamg memiliki banyak vitamin, zat besi dan folat yang baik untuk menambah darah. Selain itu, brokoli juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal penyakit dan membuat tubuh lebih segar. Meskipun rasa dari brokoli ini tidak sedap, namun banyak khasiat yang terkandung di dalamnya.

3. Pisang

11 Makanan Penambah Darah Ini Baik untuk Ibu Hamilpexels.com/pixabay

Pisang mampu sebagai penambah darah. Pisang mengandung folat yang bagus untuk pertumbuhan janin. Pisang juga dapat membantu menghasilkan sel-sel baru untuk janin. Konsumsilah pisang setiap hari untuk kesehatan ibu dan janin.

4. Kacang-kacangan

11 Makanan Penambah Darah Ini Baik untuk Ibu Hamilcraftlog.com

Kacang-kacangan juga dikenal dapat dikonsumsi sebagai makanan penambah darah. Kandungan nutrisi dalam kacang-kacangan dapat membantu janin menjadi lebih sehat. Konsumsi kacang-kacangan menjadi pengganti camilan yang baik dan menyehatkan.

Baca Juga: 7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Ibu Hamil, Bisa Cegah Mual di Pagi Hari

5. Hati

11 Makanan Penambah Darah Ini Baik untuk Ibu Hamilmasakapaya.com

Hati ayam dipercaya dapat mencegah anemia dan menambah darah. Meskipun, mengonsumsi hati ayam berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan otak. Namun, hati ayam dapat dikonsumsi secukupnya untuk menambah darah ibu yang sedang hamil.

6. Bayam

11 Makanan Penambah Darah Ini Baik untuk Ibu Hamilhellosehat.com

Bayam merupakan sayuran yang paling baik untuk menambah datah dan mencegah anemia. Bayam hijau maupun merah memiliki kandungan zat besi dan folat yang mampu memerangi anemia. Buat yang tidak suka mengonsumsi daging, bisa mengonsumsi bayam sebagai alternatifnya.

7. Kerang

11 Makanan Penambah Darah Ini Baik untuk Ibu Hamilidntimes.com/nona-ella

Memakan kerang setiap hari juga dipercaya dapat mengatasi anemia. Kerang memiliki kandungan zat besi yang baik dan juga dapat menyehatkan. Kerang dapat dimasak dengan berbagai cara agar ibu tidak merasa amis ketika memakannya.

8. Telur

11 Makanan Penambah Darah Ini Baik untuk Ibu Hamildistributortelurjakarta.com

Telur yang kaya akan protein juga dapat membantu mengatasi anemia. Bagian kuning telur memiliki nutrisi seperti zat besi yang dapat menambah darah. Zat besi dalam kuning telur mampu menambah kadar hemoglobin sehingga mengatasi anemia.

9. Oat

11 Makanan Penambah Darah Ini Baik untuk Ibu Hamilstylecraze.com

Oat memiliki kandungan zat besi dan nutrisi yang dapat mengatasi anemia. Selain itu, oat juga sangat mudah dicerna oleh tubuh. Oat dapat mencegah anemia serta melancarkan pencernaan.

10. Delima

11 Makanan Penambah Darah Ini Baik untuk Ibu Hamilpexels.com/pixabay

Makanan penambah darah lainnya adalah buah delima. Delima merupakan buah yang dapat mempertahankan kadar hemoglobin dalam daran. Delima juga kaya akan zat besi yang dapat mencegah anemia dengan baik. 

11. Madu

11 Makanan Penambah Darah Ini Baik untuk Ibu Hamilpexels.com/pixabay

Siapa yang tidak mengenal madu? Madu sangatlah kaya akan manfaat untuk kesehatan. Madu juga dapat membantu mencegah anemia. Madu dapat dikonsumsi pula sebagai pengganti gula. Namun, pilihlah madu yang murni tanpa campuran gula di dalamnya.

Itulah 11 makanan penambah darah yanng dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Sudah tertarik mencoba yang mana?

Baca Juga: Inilah 7 Hal yang Membuat Perempuan Susah Hamil

isro ima Photo Verified Writer isro ima

Penikmat Sastra, Penonton Ulung, Hobi Makan.. Follow @isroima

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya