Comscore Tracker

7 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Berdasarkan Sains, Mudah!

Aman, tanpa obat, dan tanpa diet yang ketat!

Banyak orang yang memilih jalan instan untuk menurunkan berat badan. Contohnya dengan mengonsumsi pil diet, teh herbal, dan obat-obat lain yang klaimnya terdengar sangat menjanjikan dan iming-iming selangit. 

Cara-cara tersebut mungkin berhasil bikin berat badan menyusut dalam waktu singkat. Namun, ada banyak efek samping yang bisa ditimbulkan. Mulai dari malnutrisi, alergi obat, kerusakan organ, dan masih banyak lagi.

Padahal, ada cara menurunkan berat badan yang mudah, aman, dan cepat, tanpa menyiksa diri. Ingin tahu seperti apa cara melakukannya? Simak penjelasan berikut ini!

1. Kurangi konsumsi karbohidrat

7 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Berdasarkan Sains, Mudah!cloudfront.net

Apakah kamu terbiasa mengonsumsi nasi, roti, mi, atau pasta dalam jumlah yang besar? Jika iya, segera kurangi asupan tersebut agar kamu bisa menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

Dilansir Medical News Today, karbohidrat, khususnya karbohidrat sederhana, mudah dicerna dan akan berubah menjadi glukosa dengan cepat. Hal ini kemudian meningkatkan produksi insulin yang akan mendorong penyimpanan lemak di jaringan. Itulah kenapa karbohidrat bisa menaikkan berat badanmu. 

2. Konsumsilah makanan yang berserat

7 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Berdasarkan Sains, Mudah!momjunction.com

Konsumsi serat harus diperbanyak, terutama serat larut air. Ini karena serat merupakan penekan nafsu makan alami. Ketika kamu mengonsumsinya, rasa kenyang bertahan lebih lama, sehingga jumlah kalori yang masuk akan berkurang. 

Ada banyak sekali makanan yang mengandung serat larut air dan mudah ditemukan. Contohnya ubi, oatmeal, kacang-kacangan, apel, kentang, hingga sereal.

3. Perbanyak konsumsi protein dan lemak baik

7 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Berdasarkan Sains, Mudah!healthymummy.com

Langkah berikutnya untuk menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan memperbanyak konsumsi protein dan lemak baik. Sudah ada banyak studi yang membuktikan bahwa kedua asupan tersebut dapat menekan nafsu makan. Dilansir Healthline, jumlah kalori harian bahkan bisa diturunkan hingga 60 persen ketika kamu mengonsumsinya.

Berikut ini rekomendasi asupan protein dan lemak yang baik untuk menurunkan berat badan:

  • Protein: ayam, salmon dan ikan berlemak lainnya, udang, telur, kacang-kacangan, dan kedelai;
  • Lemak baik: minyak zaitun, minyak kelapa, alpukat, cokelat hitam, ikan, dan yoghurt.

Baca Juga: 8 Cara Mudah Membakar Kalori saat Tidur, Berat Badan Pasti Turun!

4. Jangan melewatkan buah dan sayuran

7 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Berdasarkan Sains, Mudah!heart.org

Terakhir, dari segi pola makan adalah perbanyak konsumsi buah dan sayur-sayuran. Selain untuk menurunkan berat badan, asupan ini sangat penting untuk menjaga kesehatanmu. Buah dan sayur mengandung berbagai vitamin, mineral, serat, dan zat-zat yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Kamu juga tak perlu ragu untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Sebab, sayur dan buah-buahan tak banyak mengandung kalori. 

Untuk sayuran, kamu bisa perbanyak konsumsi sayuran hijau seperti brokoli, bayam, selada, kale, dan lain-lain. Tomat, tauge, dan mentimun juga bisa membantu menurunkan berat badanmu.

Sedangkan untuk buah, silakan konsumsi apa yang kamu suka, asalkan jangan dibuat jus apalagi ditambahkan pemanis, ya. Sebab, cara tersebut bisa membuat gula yang terkandung di dalamnya terakumulasi. 

5. Ini olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan!

7 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Berdasarkan Sains, Mudah!unsplash.com/jonathanborba

Tak hanya mengubah pola makan, kamu juga harus berolahraga untuk menurunkan berat badan dalam waktu yang lebih cepat. Namun, apa jenis olahraga terbaik untuk mencapai tujuan tersebut?

Ternyata, olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan adalah angkat beban. Mengutip laman Healthline, cara tersebut ampuh untuk mengubah lemak tubuh menjadi otot. Dengan begitu, tubuh akan lebih kencang dan tampak lebih langsing. 

Jika kamu tidak menyukai angkat beban, alternatif lain yang bisa kamu coba adalah olahraga kardio. Kamu bisa melakukannya dengan cara berjalan kaki, joging, lari, bersepeda, atau berenang. Lakukan secara rutin, ya!

6. Tidur yang cukup

7 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Berdasarkan Sains, Mudah!unsplash.com/spanic

Memperbaiki gaya hidup juga penting untuk mempercepat penurunan berat badan. Salah satunya adalah dengan memperoleh tidur yang cukup setiap hari. Para ahli menyarankan agar kita setidaknya tidur di malam hari selama 7-8 jam. 

Kenapa tidur bisa berhubungan dengan berat badan? Menurut studi dari "Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism" tahun 2012, kualitas tidur yang buruk akan memperlambat proses metabolisme. Ketika itu terjadi, tubuh akan mengubah energi yang tidak terpakai menjadi lemak. Akhirnya, lemak pun menumpuk dan membuat tubuh "melar".

7. Ganti minuman manismu dengan air putih

7 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Berdasarkan Sains, Mudah!thespruceeats.com

Siapa, nih, yang suka minum kopi susu, boba, thai tea, dan lainnya? Kamu tentu tahu bahwa minuman-minuman manis tersebut tidak baik. Namun, apa alasannya?

Minuman manis adalah sumber gula yang besar. Kalori di dalamnya pun sangat tinggi. Di sisi lain, kamu tidak akan kenyang saat mengonsumsinya. Jadi, minuman manis hanya akan menambahkan kalori yang tidak penting untuk tubuhmu. 

Sebaiknya, mulai sekarang gantilah minuman manis tersebut dengan air putih yang lebih menyehatkan. Pastikan kamu minum air setidaknya delapan gelas per hari, ya. 

Itulah cara-cara penting yang perlu kamu lakukan untuk menurunkan berat badan dengan lebih sehat. Selain dapat meningkatkan efektivitas diet, cara-cara di atas juga akan membuatmu lebih sehat, lho. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Baca Juga: 7 Metode Diet Paling Ekstrem yang Pernah Ada, Bisa Berujung Maut!

Topic:

  • Izza Namira
  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya