Comscore Tracker

11 Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Secara Efektif Tanpa Obat

Harus dikontrol sebelum terlambat!

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu masalah yang dikhawatirkan banyak orang. Bagaimana tidak, masalah tersebut bisa memicu berbagai macam penyakit. Di antaranya adalah penyakit jantung koroner, stroke, gagal jantung, hingga demensia.

Jika tekanan darahmu di atas 120/80 mmHg, sebaiknya mulai ubah gaya hidupmu sekarang. Jangan menganggapnya sepele atau berpikiran bahwa kondisimu akan membaik dengan sendirinya. Gak perlu usaha yang besar kok untuk mencegah angka tekanan darah semakin tinggi. Ikuti saja cara-cara berikut ini!

1. Kurangi konsumsi garam

11 Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Secara Efektif Tanpa Obatwilliam-reed.com

Satu sendok teh garam mengandung 2.300 miligram sodium, zat yang berpotensi besar meningkatkan tekanan darahmu. Cobalah ganti garam yang biasa kamu konsumsi dengan rempah-rempah lain yang lebih sehat. Menurut Mayo Clinic, upaya ini dapat mengurangi tekanan darah sekitar lima hingga 6 mmHg.

2. Konsumsi makanan yang mengandung banyak potasium

11 Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Secara Efektif Tanpa Obatcloudfront.net

Potasium adalah mineral yang penting untuk tubuh. Dilansir dari Medical News Today, ia berperan dalam mengurangi tingkat sodium dan merilekskan tekanan pada pembuluh darah. Contoh makanan yang kaya akan zat ini adalah pisang, alpukat, susu, salmon, kacang-kacangan, tomat, dan sayuran hijau.

3. Jaga berat badan agar ideal

11 Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Secara Efektif Tanpa Obathindustantimes.com

Jika kamu kelebihan berat badan, tak ada salahnya mencoba diet untuk mengurangi beberapa kilogram. Bukan untuk penampilan, melainkan untuk menurunkan tekanan darah. Laporan dari Wiley.com mengatakan bahwa upaya tersebut berpotensi mengurangi tekanan diastol sebesar 3,2 mmHg dan sistol sebesar 4,5 mmHg.

4. Kurangi konsumsi kopi

11 Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Secara Efektif Tanpa Obatfoodandwine.com

Sebenarnya peran kafein dalam meningkatkan tekanan darah masih dalam perdebatan. Namun menurut data dari Mayo Clinic, pada orang yang jarang meminumnya, tekanan darah bisa naik 10 mmHg.

Namun efek tersebut tidak terlihat pada orang yang rutin minum kopi. Akan tetapi, untuk mengurangi risiko tersebut, sebaiknya kurangilah konsumsi kopi jika tidak dibutuhkan.

5. Kurangi konsumsi gula

11 Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Secara Efektif Tanpa Obatsecretldn.com

Jika kamu sangat suka boba, soft drink, permen, dan manis-manisan lainnya, segera kurangi, deh! Makanan yang mengandung banyak gula akan meningkatkan tekanan darahmu. Bukan hanya itu, makanan manis juga bisa membuat angka timbanganmu membengkak.

Baca Juga: 7 Penyebab Tekanan Darah Rendah atau Hipotensi Secara Umum

6. Kurangi nasi dan beralihlah ke karbohidrat kompleks

11 Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Secara Efektif Tanpa Obatamazonaws.com

Berhubung nasi juga mengandung gula, sebaiknya kurangi konsumsimu terhadapnya. Sebagai ganti, kamu bisa beralih ke karbohidrat kompleks yang lebih sehat. Misalnya, jagung, ubi, gandum, dan lainnya. Jenis makanan tersebut mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang berguna untuk tubuh.

7. Kurangi konsumsi makanan olahan

11 Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Secara Efektif Tanpa Obatrackcdn.com

Makanan olahan biasanya tinggi akan garam dan lemak jahat. Keduanya sangat ahli dalam menaikkan tekanan darah kita. Contoh dari makanan ini adalah frozen food, pizza, makanan kaleng, makanan ringan, dan lain-lain.

Selain itu, makanan olahan juga tidak baik jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Sebaiknya, konsumsilah makanan yang masih segar dan tidak dimasak berulang-ulang.

8. Kurangi minum alkohol

11 Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Secara Efektif Tanpa Obatmedicalnewstoday.com

Upaya selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengurangi konsumsi alkohol. Menurut studi tahun 2006 dari University of Western Australia, kebiasaan tersebut dapat meningkatkan risiko hipertensi sebesar 16 persen. Itu adalah angka yang cukup tinggi. Maka dari itu, mulai dari sekarang, kurang-kurangi, ya!

9. Konsumilah cokelat hitam

11 Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Secara Efektif Tanpa Obatscarfmedia.id

Nah, yang satu ini kamu pasti suka. Orang yang memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya banyak mengonsumsi cokelat hitam. Dilansir dari Medical News Today, makanan tersebut kaya akan flavonoid, zat yang bisa membantu pembuluh darah melebar. Dengan begitu, darah akan mengalir dengan lancar sehingga tekanannya pun menurun.

10. Rutin berolahraga

11 Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Secara Efektif Tanpa Obathealthline.com

Olahraga juga bisa membantumu menurunkan tekanan darah, lho. Ini karena saat melakukannya, jantung akan terpacu dan pembuluh darah semakin fleksibel. Tekanan yang biasa diberikan kepada arteri pun akan menurun. 

Kamu harus berolahraga secara rutin setidaknya 15 menit hingga satu jam per hari. Aerobik, kardio, yoga, dan jogging adalah beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan.

11. Cara lain untuk mengontrol tekanan darah tinggi

11 Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Secara Efektif Tanpa Obatimperial.ac.uk

Selain yang telah disebutkan, masih banyak lho cara lain yang bisa kamu lakukan. Berikut ini di antaranya:

  • Berhenti merokok;
  • Hindari hal-hal yang memicu stres;
  • Meditasi;
  • Tidur dengan cukup;
  • Konsumsi bawang putih;
  • Perbanyak konsumsi protein;
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah.

Selain itu, kamu juga sebaiknya mengukur tekanan darah secara rutin. Dengan begitu, kamu tahu seberapa jauh progresmu. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Tekanan Darah Normal Sesuai Usia yang Wajib Diketahui

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya