Comscore Tracker

Ternyata Posisi dan Jenis Jerawat Bisa Menunjukkan Masalah Kesehatan

Biasanya kamu jerawatan di area mana?

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang menyebalkan. Apalagi jerawat yang merah, besar, dan sakit jika tidak sengaja dipegang. Data dari American Academy of Dermatology mengatakan bahwa 85 persen orang yang berusia 12 hingga 24 tahun sering mengalaminya. Ini artinya jerawat adalah hal yang normal.

Ada banyak alasan kenapa kita berjerawat. Mulai dari jenis kulit, makanan, keringat, hingga ketidakcocokan produk kulit. Namun banyak yang tidak menyadari bahwa sebenarnya jerawat bisa bermanfaat juga untuk kita.

Penelitian menemukan bahwa letak dan jenis peradangan kulit ini dapat membantu kita mengetahui gangguan kesehatan yang beragam. Bagaimana bisa? Yuk simak informasinya berikut ini!

1. Jerawat di sekitar dagu menandakan ada ketidakseimbangan hormon

Ternyata Posisi dan Jenis Jerawat Bisa Menunjukkan Masalah Kesehatanrd.com

Jerawat dagu muncul sebagai jerawat hormonal. Biasanya yang mengalami masalah ini adalah perempuan. Jelas saja, karena kaum hawa mendapatkan menstruasi setiap bulan.

Dilansir dari laman Self, ketika haid, tingkat hormon estrogen dan progesteron pada perempuan sedang naik turun. Itulah yang menyebabkan terjadinya peradangan pada kulit. 

2. Jerawat di dahi menunjukkan adanya masalah pencernaan

Ternyata Posisi dan Jenis Jerawat Bisa Menunjukkan Masalah Kesehatanmedicalnewstoday.com

Salah satu area yang rawan ditumbuhi jerawat adalah dahi. Selain karena banyaknya sebum alami kulit, ternyata hal ini juga bisa mengindikasikan adanya masalah pencernaan. Contohnya, ketika kita rmakan terlalu banyak fast food, makanan berminyak, dan berlemak. 

Untuk mengatasinya, kita harus menjaga pola makan, perbanyak minum air putih, serta tidur yang cukup. Dengan begitu, sistem metabolisme tubuh akan bekerja dengan lebih baik. Jerawat pun dapat berkurang dengan sendirinya. 

3. Jerawat di pipi berhubungan dengan kebersihan diri kita

Ternyata Posisi dan Jenis Jerawat Bisa Menunjukkan Masalah Kesehatanmedicalnewstoday.com

Kebanyakan orang mendapatkan jerawat di area pipi mereka. Health Line mengatakan bahwa hal ini berhubungan dengan kebersihan diri kita. Misalnya, kita membiarkan sarung bantal tidak dicuci selama berminggu-minggu. Atau tanpa disadari, bakteri berpindah dari handphone ke wajah ketika kita telepon.

Maka dari itu, untuk mengatasinya kamu harus memastikan apa pun yang bersentuhan dengan wajah kita terjaga kebersihannya. Gantilah sarung bantal setidaknya dua minggu sekali. Jangan lupa juga untuk membersihkan handphone, earphone, dan benda lainnya.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Jerawat Punggung Merajalela

4. Jerawat di sekitar garis rambut menandakan ada yang salah dengan produk rambutmu

Ternyata Posisi dan Jenis Jerawat Bisa Menunjukkan Masalah Kesehatanmedicalnewstoday.com

Jerawat yang muncul di area sekitar garis rambut disebut juga sebagai pomade acne. Disebut demikian karena ia biasa disebabkan oleh pomade, alias produk rambut. 

Health Line mengatakan, masalah ini muncul karena kandungan dari produk dapat menghambat sebum di folikel rambut untuk keluar. Penyumbatan tersebut akhirnya meradang dan menjadi jerawat. Jika hal ini sering kamu alami, kamu harus memeriksa kembali produk rambutmu. Coba gantilah dengan kandungan yang nonkomedogenik.

5. Jerawat di daerah T-zone menunjukkan bahwa kamu sedang stres

Ternyata Posisi dan Jenis Jerawat Bisa Menunjukkan Masalah Kesehatanrd.com

T-zone area memang sangat rentan terkena jerawat. Biasanya hal ini terjadi karena minyak yang berlebih dan stres. Studi yang dilakukan oleh Acta Derm Venereol pada tahun 2007 menunjukkan bahwa jerawat T-zone yang banyak dialami oleh remaja berkaitan dengan stres. Tidak hanya itu, studi yang sama juga mengatakan bahwa orang yang bangun tidur dengan lelah cenderung rentan terhadap masalah yang sama. 

6. Jerawat di badan berkaitan dengan masalah hormon dan genetik

Ternyata Posisi dan Jenis Jerawat Bisa Menunjukkan Masalah Kesehatanverywellhealth.com

Sebagian orang mengalami jerawat di badannya, termasuk punggung, lengan, dada, dan paha. Masalah ini normal dan sering terjadi. Dilansir dari Well and Good, penyebabnya kurang lebih sama dengan jerawat di wajah, yaitu kelenjar minyak yang terlalu aktif, bakteri, dan penumpukan sel kulit mati. 

Namun ternyata jenis jerawat ini sangat erat kaitannya dengan ketidakseimbangan hormonal serta faktor genetis. Jadi jika banyak keluargamu yang mengalaminya, maka kemungkinan besar kamu pun juga. 

7. Komedo atau blackhead di area pipi biasanya disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari

Ternyata Posisi dan Jenis Jerawat Bisa Menunjukkan Masalah Kesehatannewsapi.com.au

Hampir semua orang pernah mengalami masalah komedo, kamu juga kan? Pada umumnya komedo muncul di area hidung. Ia terlihat seperti bercak-bercak kehitaman yang terkadang mengganggu penampilan. Akan tetapi ternyata blackhead juga bisa muncul di pipi lho. Masalah yang tidak biasa ini disebabkan karena tubuh kita mengalami kerusakan akibat sinar matahari.

“Komedo di pipi, atau komedo terbuka, secara spesifik disebabkan oleh kerusakan karena sinar matahari, kebiasaan merokok, serta tersumbatnya pori-pori karena sebum yang berlebihan, pelembap, atau makeup.” ujar Michael Wiederkehr, ahli dermatologis kepada Byrdie.

Walaupun keberadaannya yang mengganggu, ternyata jerawat juga bisa membantu kita mengidentifikasi masalah kesehatan. Nah kalau kamu, biasanya jerawatan di bagian mana? 

Baca Juga: Girls, Sudah Paham tentang Jerawat Vagina? Ini 7 Fakta Medisnya!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya